Penghilang kantuk Ketika Belajar

Belajar adalah menambah dan mengumpulkan pengetahuan menurut Nasution. Dalam agama islam kita diwajib kan untuk belajar di dalam Al Quran Allah SWT berfirman :

وَمَا كَـانَ مِنَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُ كَافّةً فَلَوْلاَنَفَرَمِنْ كُلِّ فَرِقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةً لِيَتَفَقّهُوأ فِى الدّيْنِ وَلِيُنْذِرُوْا قَوْمُهُمْ اِذأ رَجَعُوْ اِلَيْهِمْ لَعَلّهُمْ يَحْذَرُوْنَ

Artinya ;

“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi kemedan perang, mengapa sebagian diantara mereka tidak pergi untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya ” QS. At-Taubah ayat :122

Ayat ini menjelaskan bahwasanya kita di wajibkan untuk menuntut ilmu dan kedudukan mereka sebagai pengingat bagi orang yang belum mengetahui masalah-masalah agama serta menjaga diri mereka dari hal-hal yang menjerumus ke kemaksiatan. Cara untuk menuntut ilmu ialah dengan belajar, dalam belajar ada satu masalah yang sering kita jumpai yaitu NGANTUK. Inilah beberapa kegiatan penghilang kantuk rasa kantuk:

Mengabil air wudhu

air wudhu mencerahkan muka dan penghilang kantuk
air wudhu mencerahkan muka dan peghilang kantuk

Ketika rasa kantuk mulai datang langsunglah bangun dan langkahkan kaki menuju midloah dan mengabil air wudhu. Jika kita menjaga air whudu wajah kita akan terasa lebih fress dibanding ketika rasa kantuk mulai tiba, bisa kita lihat perbedaan dari raut muka seseorang yang terjaga wudhunya dengan seseorang yang mengantuk, orang mengantuk pasti berwajah muram dan orang yang menjaga wudhunya pasti lebih fress. Maka ambilah air wudhu ketia rasa kantuk meland Inilah.

Melakukan percakapan

percakapan dengan teman
percakapan dengan teman

Dalam sebuah percakapan haruslah melibatkan seseorang untuk menjadi lawan bicara. Dalam mencari lawan bicara harus pintar memilih apakah dia terganggu atau tidak, setelah menemukan lawan bicara mulailah percakapan tersebut, tetapi durasi yang di pakai jangan terlalu lama jangan sampai waktu belajar malah terbuang sisia gara-gara terlalulama melakukan percakapan.

TJ (tanya jawab)

tanya jawab berama teman menghilangkan kantuk
tanya jawab berama teman menghilangkan kantuk

Kegiatan belajar dengan tanya jawab tidak jauh beda dengan melakukan percakapan tetapi kegiatan ini lebih efisien, karena disamping melakukan percakapan kegiatan TJ (tanya jawab) lebih condong membicarakan apa yang mereka pelajari. Durasi yang dipakai tidak singkat karena ini lebih bermanfaat dibanding percakapan biasa.

 

Mencukupi kebutuhan tidur

Mengatur Waktu Istirahat Tidur
Mengatur Waktu Istirahat Tidur

Penyebab kantuk biasanya adalah kekurangan tidur, untuk menagulangi penyebab ini cukupilah tidur mu dengan tidur tepat pada waktunya, waktu yang cocok untuk tidur adalah dari jam 20.00- 22.00 dan bangun jam 03.00-04.00, jika sudah melakukan kegiatab itu tetapi tetap saja mengantuk bisa ditambahkan tidur siang tetapi cukup 5-25 menit saja,  jauhilah segala sesuatu yang membuat susah tidur seperti hp, tv, tablet, dll. Dengan begitu tidur kita terpenuhi.

Melakukan kegiatan yang mengagetkan

kaget membuat kantuk hilang
kaget membuat kantuk hilang

Kegiata yang mengagetkan dapat menghilangkan rasa ngantuk yang kita rasakan. Untuk mengagetkan kita butuh bantuan teman untuk mengagetkan kita sebelum kita memulai belajar tinggakan lah pesan ke teman kalian seperti “tolong kagetkan saya waktu saya mulai mengantuk!”. Dengan begitu rasa ngantuk akan hilang

Mengisi perut

Lapar membuat kantuk tiba
Lapar membuat kantuk tiba

Jika kita sedang tidak ada teman yang bisa kita mintai bantuan kita bisa meluangkan waktu untuk mengisi perut, setelah perut terisi rasa ngantuk akan hilang. Ketika kita lapar kita akan merasa letih dan ngantuk menghindari itu kita harus meluangkan waktu untuk mengisi perut agar tenega pulih kembali, dengan kembalinya tenaga semangat belajarpun kembali. Saat perut tidak terisi otak tidak akan bekerja secara maksimal.

Mengatur pola makan

pola makan sehat menambah tenaga di dalam tubuh
pola makan sehat menambah tenaga di dalam tubuh

Dalam sehari minimal 3 kali makan pagi, siang, dan malam dengan makan teratur tenaga yang kita keluarkan akam langsung berganti dengan tenaga yang batu. Bukan hanya pola makan yang harus kita atur jenis makanan yang kita makan harus kita atur juga, jika terlalu banyak makanan akan membuat kita tambah ngantuk.

Sarapan pagi sangatlah penting karena sarapan mengisi tenaga untuk siang hari, jahuilah makan-makanan yang manis di pagi hari, makanan manis dapat membuat lemas ketika di siang hari. Selain makanan manis makanan berlemak dapat membuat rasa ngantuk bertambah, jadi sebelum makan kita harus pandai memilih makanan yang akan di makan.

Meminum kopi

Kopi mengandung Kafein
Kopi mengandung Kafein

Meminum kopi dapar membuat rasa ngantuk hilang karena kopi mengadung kafein. Kafeina bisa mengaktifkan kerja jantung dan menstimulasi tubuh sehingga membuat Anda tetap terjaga. Kafeina juga meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memperhatikan. Walau demikian, kafeina bisa juga menimbulkan efek kecanduan, sakit kepala, dan kecemasan.

Minum kopi adalah cara mudah mendapatkan kafeina. Secangkir kopi 250 ml mengandung 95-200 mg kafeina. Tetapi, batasilah asupan kafeina sebab bisa menimbulkan rasa gelisah.

Cara lain mendapatkan kafeina adalah dengan minum teh. Agar tetap terjaga, teh lebih efektif ketimbang kopi sebab selain kafeina, ada tiga stimulan lain yang terkandung di dalamnya, yaitu: theophylline, theobromine, dan L-theanine. Berbeda dengan kopi yang langsung terasa efeknya setelah diminum, teh membuat Anda tetap terjaga dan waspada sepanjang hari. Selain itu, teh tidak menimbulkan rasa gelisah.

Mendengarkan musik

Musik membantu otak untuk terus berjalan
Musik membantu otak untuk terus berjalan

Dengarkan musik. Saat Anda mengantuk, musik bisa membuat Anda terjaga, lebih berenergi, dan memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Walaupun tidak harus, coba dengarkan musik yang hingar-bingar. Musik apa saja yang membuat Anda bersemangat bisa meningkatkan kerja otak dan membuat Anda tetap terjaga.

oleh: Muhammad Az-Zamakhsyari Atba

Baca yang lainya juga….

Mampir Juga ….

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.