Sebuah Pondok Pesantren yang maju sangat memperhatikan mutu pendidikan dan pengajaran yang di terapkan di dalamnya,sistem pendidikan dan pengajaran yang ada di Pondok Pesantren Annakhil Darunnajah VI ini di bagi menjadi dua bagian.

PERTAMA Pendidikan formal,yaitu Tarbiyatul Mu’alimin/Walau’kalimat Al-Islamiyah selama Enam tahun dengan mengikuti Ujian Tsanawiyah pada tahun ketiga dan ujian Aliyah dan SMK pada tahun ke Enam.

KEDUA Pendidikan nonformal sebagai pengunjang pendidikan Formal.

1.KURIKULUM

Kurikulum yang di gunakan Darunnajah Annakhil yaitu perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Gontor,kurikulum Depan dan Diknas,di tambah pelajaran  Kitab Kuning.Sedang kan Bahasa pengantar dalam kelas adalah BahasaArab untuk Pelajaran Agama dan BahasaArab,dan Bahasa Inggris untuk pelajaran Bahasa Inggris.Untuk pelajaran umum lainnya di gunakan Bahasa Indonesia.

2.KETERAMPILAN

Pondok Pesantren Annakhil Darunnajah VI menyadari bahwa kelak santrinya akan menjadi bagian dari Masyarakat yang menduduki lapisan Pemimpin juga Da’i dan Dia’iyah yang terampil,maka di selenggarakan keterampilan ,di antaranya sebagai berikut:

1.Berorganisasi.

2.Pramuka.

3.Koperasi.

4.PPM(Praktek Pengabdian Masyarakat).

5.Amaliyah Tadris

6.Olah raga.

7.Muhadoroh.

8.Komputer.

9.Paskibra.

10.Tapak suci.

11.Tahfizul Qur’an.

12.Kitab kuning.

3.IBADAH AMALIYAH

Untuk meningkat kan kepribadian dan pendekatan diri kepada Allah SWT,maka para santri di wajib kan untuk menambah hafalan dari sebagain Ayat-ayat suci Al-Qur’an,Do’a-do’a dan bacaan lainnya serta praktek-praktek ibadah lainnya.

4.BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS

Pada Zaman ini kita di tutut untuk bisa menguasai bahasa selain bahasa Indonesia,seperti:Arab,Inggris,dan sebagainya.Dengan menguasai bahasa-bahasa tersebut kita akan mudah berkomunikasi dan pengembangan ilmu.

Seperti halnya Pesantren – pesantren Modern lainnya,Pondok pesantren Annakhil Darunnajah VI juga tidak mau ketinggalan.Bahasa Arab dan Bahasa Inggris adalah Bahasa yang di pakai dalam sistem pendidikan dan pengajaran dalam berkomunikasi sehari-hari.Dengan peraturan ini santri berusaha untuk bisa menguasai sedikit demi sedikit untuk menguasai dua bahasa resmi itu,dan apa bila santri melanggar peraturan atau memakai bahasa daerah atau bahasa indonesia maka akan kenak hukuman sama bagian BAHASA maka dari itu mari lah kita memakai bahasa arab dan inggris karena bahasa arab adalah Bahasa  para penghuni syurga dan Bahasa inggris adalah Bahasa internasional.

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren An-Nur menyiapkan kader pemimpin agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Pondok Annur Darunnajah 8 Cidokom berada di Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Pesantren Annur menyelenggarakan program pendidikan SMP, SMA, MTs (Tsanawiyah) dan MA (Aliyah). Annur menyediakan beasiswa untuk para santri berprestasi. Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Annur Darunnajah 8 dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, perkantoran, laboratorium, dll.