Pendidik adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya pendidikan, sejalan dengan itu ada juga yang mengatakan bahwa pendidikan adalah orang dewasa yang membantu terhadap anak didik agar menjadi dewasa.

Dalam UUD No.20 tahun 2003 pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualitas sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan ke khususannya, serta berpartisipasi dalamĀ  menyelenggarakan pendidikan.

Sedangkan dalam pendidikan guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 guru adalah pendidik professional dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Ciri-ciri pendidik

Ciri utama seorang pendidik adalah adanya kewibawaan yang terpancar dari pada dirinya terhadap anak didik.

Kewibawaan adalah suatu pengaruh yang diakui suatu kebenaran dan kebesarannya, bukan sesuatu yang memaksa. Kewibawaan harus berbanding dengan ketidakberdayaan anak didik, jika pendidik kemampuannya tidak berbeda dengan anak didik, maka kewibawaan tersebut sukar ditegakan.

Dengan demikian kewibawaan seorang pendidik akan diakui apabila pendidik mempunyai kelebihan dari anak didiknya baik sikap, pengetahuan maupun keterampilan.

Ciri kedua seorang pendidik adalah mengenal peserta didiknya, yakni sifat secara umum, anak usia kelas rendah berbeda sifatnya dengan usia anak kelas tinggi, begitu pula secara khusus setiap anak walau satu kelas dan usia yang tidakĀ  jauh berbeda, sifatnya secara khusus berbeda pula. Jika ada 40 anak maka terdapat 40 sifat yang berbeda.

Ciri ketiga seorang pendidik adalah mau membantu peserta didiknya maka bantuan yang diberikan harus sesuai dengan yang harus diharapkan anak didiknya.

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK) Darunnajah, atau Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Darunnajah adalah program studi perkuliahan jenjang sarjana (strata 1). PGRA Darunnajah mempunyai visi mencetak guru-guru TK yang profesional dan Islami. Keunggulan dari PGRA Darunnajah adalah kurikulumnya yang disesuaikan dengan materi-materi anak usia dini, fasilitas perkuliahan yang memadai serta dosen yang ahli di bidangnya. PGRA Darunnajah adalah bagian dari Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA) yang berlokasi di Cipulir Pesanggrahan Jakarta Selatan.