Pembukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI

embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI
embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI

embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI
embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI
embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI
embukaan Pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat Untuk kelas 6 TMI

(5/12/2017) Menurut Kyai Imam Zarkasyhi Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang mana masjid sebagai Central kegiatan sementara kyai sebagai figure pendidikan dan berasarama. Panca Jangka yang dicanangkan oleh Pesantren yayasan Darunnajah salah satunya adalah pembinaan masyarakat, maka diadakanlah PPM atau Praktik Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan oleh para Santri kelas 6 TMI. Praktik Pengabdian Masyarakat ini sebenarnya adalah rangkaian pendidikan yang diselanggarakan untuk kelas 6 TMI, dengan adanya kegiatan ini mereka belajar bagaimana bermasyarakat, bagaimana memecahkan masalah yang ada pada lingkungan masyarakat, dan bagaimana menumbuhkan inovasi dan kreatifitas di tengah masyarakat. Maka tentu untuk menghadapi semua itu butuh persiapan, karena Praktik pengabdian Masyarakat pun butuh strategi yang baik sesuai dengan kebutuhan ligkungan di tempat tersebut, karena karakteristik setiap daerah juga individunya berbeda-beda.

Para Panitia Praktik pengabdian masyarakat tahun 2017-2018 ini mewadahkan untuk memberi pembekalan agar seluruh peserta PPM siap terjun dan bisa bermasyarakat nantinya.Ust. Dimas Zuhri Ahmad sebagai pemandu acara tersebut, kemudian Ustadz fajar Suryono S,kom selaku pembiacara pada kesempatan kali itu.

“masyarakat pada umumnya butuh didengarkan. Maka cobalah menjadi pendengar yang baik. Jangan terlalu percaya diri dan berkata banyak hal, ambilah dulu simpatik mereka.“masyarakat pada umumnya butuh didengarkan. Maka cobalah menjadi pendengar yang baik. Jangan terlalu percaya diri dan berkata banyak hal, ambilah dulu simpatik mereka.” Ucap ustadz Fajar Suryono pada kegiatan pembukaan pembakalan praktik pengabdian masyarakat tersebut. Ini adalah suatu Strategi awal untuk sukses dalam bermasyarakat.

Pembekalan PPM ini akan dilaksanakan selama empat malam, di gedung Al-hamra dengan pemateri berbeda, dan materi yang berbeda pula. Materi yang akan disampaiakan untuk 4 hari kedepan diantaranya ialah :

  1. Mengatasi perbedaan khilafiyah dimasyarakat.
  2. Cara mencapai target 4 aspek yang ada di praktik pengabdian masyarakat diantaranya ialah : pendidikan, keagamaan, kesenian, dan social.
  3. Cara meberikan pendidikan kepada anak MI/SD
  4. Cara menyusun laporan praktik pengabdian masyarakat (PPM)

Materi-materi ini sangat dibutuhkan oleh para peserta PPM, yang nantinya akan ditempatkan, untuk santriwati di Komplek cijerah kota bandung sementara santriwannya akan ditempatkan di Desa Cisantana Kab. Kuningan Prov. Jawa Barat. Tantangan yang adapun akanberbeda nantinya, maka, kreatifitas,inisiatif dan ketanggapan menganalisis permasalahan sangat dibutuhkan setiap individu para peserta PPM ini.

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia.

Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton.

Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional.

Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.