Pembuatan soal ujian lisan harus adanya keunggulan dalam materi, yaitu penguasaan bahasa dan wawasan dalam materi yang diujikan.

Adapun definisi tentang Ujian lisan adalah ujian yang dilakukan sebelum berlangsungnya ujian tulis, yaitu ujian yang dilakukan dengan santri yang bertatap wajah secara langsung dengan guru-guru.

materi
materi
- Advertisement-

Adapun ujian ini dilakukan untuk melatih mental para santri , karena tidak semua santri mempunyai mental yang tinggi maka dari ujian lisanlah kita bisa melatih mental santri tersebut agar menjadi pribadi yang lebih baik dan bermental.

Ujian lisan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2018 s/d 02 Desember 2018, yang insya Allah dimulai pada pagi hari sampai dengan selesai.

Maka dalam ujian lisan ini tidak hanya santri yang mempersiapkan materi atau pelajaran -pelajaran yang ada, namun para gurupun harus lebih menyiapkan materi – materi yang akan diujikan kepada santri tersebut.

Maka setiap guru wajib memaksimalkan materi – materi yang akan disampaikan oleh santri -santri.

Dalam ujian lisan harus adanya persiapan yang sangat matang atau maksimal, karena ujian ini bersifat sangat penting.

belajar
belajar

Adapun materi – materi yang diujikan dalam ujian ini yaitu :

  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris dan
  • Al-Qur’an

Ujian ini bertempat di kelas yang telah ditentukan oleh panitia. Dalam ujian ini harus adanya proses yang maksimal, karena ujian ini bersifat serius dan tidak sembarang ujian seperti biasanya.

Dalam ujian pun harus adanya dukungan, do’a dan usaha. Karena usaha tanpa do’a itu sombong dan do’a tanpa usaha itu sia – sia, maka kita sebagai guru ataupun santri harus menyeimbangkan keduanya agar sesuai.

Namun dalam kehidupan ujian akan selalu ada, maka kita harus bersiap – siap dalam setiap kehidupan kita. Karena kita sebagai ummat tidak akan bisa lari dari ujian yang Allah berikan, karena  با لامتحان يكرم المرء أو يهان

Maka sambutlah setiap ujian yang kita hadapi dengan senang hati, karena dibalik ujian yang kita hadapi akan ada hadiah yang baik. Maka bersabarlah kepada setiap ujian yang ada.

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).