Pembelajaran Di Sentra Seni Dapat Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Apa Itu Sentra?

Aktifitas Seni, Latihan Menari TK Islam Darunnajah
Aktifitas Seni, Latihan Menari TK Islam Darunnajah

Model pembelajaran sentra merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan bermain pada saat pembelajaran. Sentra bermain merupakan area kegiatan yang dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas, dengan berbagai kegiatan bermain dengan bahan-bahan yang dibutuhkan berdasarkan tugas-tugas perkembangan. kemampuan anak dan sesuai dengan tema yang dikembangakan.

Pengembangan Yang Dilakukan Di Sentra Seni

Aktifitas Seni, Lomba Menari TK Islam Darunnajah
Aktifitas Seni, Lomba Menari TK Islam Darunnajah

Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, ada dua kegiatan yang dikembangkan di sentra seni yaitu, seni musik dan seni kriya. Sentra seni mengembangkan kemampuan motorik halus, kesesuaian gerak, nada dan aspek sosial emosional.

Inilah Alasan Kepercayaan Diri Anak Meningkat Saat Melakukan Aktifitas Seni

Pembelajaran Sentra, Membuat Prakarya Di Sentra Seni
Membuat Prakarya Di Sentra Seni

Melalui aktifitas seni, dapat meningkatkan daya cipta serta kreatifitas yang orisinil dan bersifat individual.

Dan melalui aktivitas seni, anak dapat mengekspresikan diri. Emosi yang tidak dapat diekspresikan baik melalui verbal dapat dicurahkan anak melalui suatu karya seni, misalnya melalui lukisan, seni rupa, bernyanyi, menari dan sebagainya.

Sehingga kepercayaan diri anak dapat meningkat, serta potensi yang dimiliki setiap Peserta didik dapat berkembang dengan optimal.

Manfaat Penerapan Pembelajaran Sentra Di Taman Kanak-kanak

Hasil Karya Anyaman Dari Kertas Origami
Hasil Karya Anyaman Dari Kertas Origami

Model pembelajaran sentra  memberikan manfaat untuk mengembangkan rasa percaya diri anak. Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Karena menekankan pada bermain sambil belajar , memberikan pengalaman nyata bagi anak.

Dapat meningkatkan semangat belajar pada anak usia dini, karena memenuhi kebutuhan anak untuk dapat mengeksplorasi lingkungan anak dan dapat menjawab rasa ingin tahu anak yang tinggi.

Melalui pembelajaran sentra dapat pula mengajarkan anak terhadap tanggung jawab dan meningkatkan keterampilan sosial dengan anak lain.

Metode Pembelajaran Sentra Diterapakan Di TK Islam Darunnajah

Lihatlah hasil karya meronce kami di Sentra Seni TK Islam Darunnajah
Lihatlah hasil karya meronce kami di Sentra Seni TK Islam Darunnajah

PG/TK Islam Darunnajah Jakarta Selatan telah menerapkan metode pembelajaran sentra untuk menghasilkan output yang maksimal kepada Peserta Didik.

Dengan pembelajaran sentra, dapat meningkatkan pelayanan pengalaman belajar kepada anak secara lebih mendalam dengan memberikan kebebasan bereksplorasi dalam setiap sentranya.

Melatih anak-anak untuk lebih mandiri karena guru sentra bertindak sebagai pengarah dan pembimbing atau inspirator, sehingga dalam melakukan kegiatan anak di tuntut untuk melakukannya secara mandiri.

Dengan adanya guru sentra, maka guru sentra akan lebih fokus dalam mengembangkan sentra yang menjadi tanggung jawabnya dengan menuangkan segala pengembangan ide kreatif.

Anak mengerti apa makna belajar, manfaatnya dan bagaimana pencapaiannya, yang akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari anak.

Terdapat 6 Sentra Di PG/TK Islam Darunnajah

Anak-anak dengan bangga menunjukkan hasil karya sendiri
Anak-anak dengan bangga menunjukkan hasil karya sendiri

PG/TK Islam Darunnajah mempunyai 6 kelas sentra yang terdiri dari, Sentra Persiapan, Sentra Ibadah, Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran, Sentra Balok dan Sentra Seni.

Dengan Guru yang memiliki keterampilan sesuai dengan sentra tersebut, mulai dari kegiatan yang akan dilakukan, mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan oleh setiap anak, menguasai cara menggunakan suatu media, menciptakan media belajar yang sesuai dengan tugas perkembangan Peserta Didik, mencatat perkembangan anak pada setiap pertemuan, mengobservasi dan mengevaluasi kegiatan di masing-masing sentra.

Contoh Aktifitas Seni Di Sentra Seni TK Islam Darunnajah

Contoh hasil karya kolase menggunakan kapas

Contoh aktifitas di Sentra Seni yaitu, menempel kertas kue pada gambar ikan. Dengan tujuan pembelajaran meningkatkan keterampilan menempel, kerapihan dan mewarnai.

Kemudian, ada kegiatan bermain alat musik rebana dan drum. Dengan tujuan mengenalkan kepada anak berbagai macam suara yang dapat dihasilkan dari beberapa alat musik, dapat mengikuti irama, bermain musik sambil bernyanyi, mengekspresikan diri melalui gerakan yang sesuai dengan ketukan atau suara yang dihasilkan alat musik.

Contoh lainnya, membuat anyaman tikar dari kertas origami, melakukan gerakan sesuai irama, bernyanyi lagu anak, membuat bentuk dari lilin plastisin atau tanah liat, menstempel, meronce, membuat alat musik sederhana, merangkai bunga, membuat kolase, mozaik, membuat mobil mainan dari barang bekas, membuat layang-layang, melipat kertas origami melukis dengan media yang beragam seperti menggunakan klereng, batang pisang, benang, gelembung sabun dan sebagainya.

Pentingnya Menghargai Karya Milik Diri Sendiri Dan Karya Orang Lain

TK Islam Darunnajah
TK Islam Darunnajah

Dengan melakukan aktifitas seni setiap anak diharapkan dapat  menghargai setiap karya yang telah dihasilkan menggunakan usahanya sendiri yang akan mencapai pada kepuasan dan penghargaan terhadap diri anak.

Setelah seorang anak telah pencapai pada penghargaan terhadap dirinya melalui suatu karya seni yang dihasilkan, maka anak akan dapat lebih mengetahui dan menghargai hasil karya milik orang lain.

Cara Menata Ruang Kelas Dengan Pembelajaran Sentra

Persiapan Guru sentra dalam membuat media belajar
Persiapan Guru sentra dalam membuat media belajar

Untuk Sentra Seni dapat dilakukan didalam atau diluar kelas. Memiliki lemari penyimpanan untuk alat-alat seni seperti gunting, kertas, lem, kertas origami, krayon, spidol aneka warna, cat air, kuas, pita, buku gambar, meja, kursi dan papan tampilan untuk hasil karya anak. Dari seluruh media tersebut, Guru harus mengoganisir dan menyimpannya dengan aman.

Karena peran Guru pada pembelajaran sentra sangatlah penting, yang sifatnya sebagai pengarah dan pembimbing atau inspirator yang tetap berfokus kepada Peserta didik.

Melalui pembelajaran sentra, dapat pula menjadikan anak yang memiliki rentang fokus yang singkat menjadi ikut terlibat secara aktif mengikuti kegiatan sentra.

Pada dasarnya seluruh pendekatan pembelajaran yang ada memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun sebagai Guru sentra harus dapat merencanakan kegiatan dan merancang media dengan terbaik dan sesuai kebutuhan Peserta didiknya. Maka dari itu, pembelajaran menggunakan Sentra adalah salah satu pendekatan yang dianggap lebih efektif untuk diterapkan pada lembaga pendidikan taman kanak-kanak.

Video Menari “Menanam Jagung”

Video Profil TK Islam Darunnajah

Kegiatan meronce di sentra seni

lihat kegiatan kami di Face Book

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.