Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat : Standar Pencapaian

Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (1)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (1)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (2)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (2)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (3)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (3)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (4)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (4)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (5)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (5)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (6)
Pembekalan praktik Pengabdian Masyarakat Standar Pencapaian (6)

(06/12/2017) sesuai dengan Visi Darunnajah yaitu “mencetak kader-kader pemimpin umat yang mutafaqih fii diin dan munzirul qaum.” Pengkaderan dan penempatan juga pembinaan masyarakat adalah panca jangka yang dimiliki Darunnajah. Malam ini, para peserta PPM yaitu santriwan dan santriwati kelas 6 TMI mengikuti pembekalan yang  yang disampaikan oleh Ust. Abdurrahmat. mengenai Standar pencapaian pada kegiatan PPM yang meliputi : keagamaan, pendidikan, social dan keterampilan Adapun untuk mencapai standar pada kegitan PPM tersebut mengacu kepada :

  1. SOP (Standard Oprasional System) PPM
  2. Pedoman Pelaksanaan PPM
  3. Dan Dokumentasi peserta PPM tahun sebelumnya.

Kemudian dalam materi tersebut Ust. Abdurrahmat menekankan tentang persiapan-persiapan yang harus disiapkan sedini mungkin untuk menghadapi kegiatan PPM itu sendiri. Mengacu pada susunan “P. D. C.A” yang memiliki makna plan, do, check, and action maka seluruh kegiatan PPM harus memiliki konsep atau perencanaan yang baik. Persiapan yang harus disiapkan sebelum melaksanakan kegiatan PPM di anataranya ialah :

  1. Penyusunana pola dasar
  2. Penentuan daerah lokasi
  3. Konsultasi dan pendekatan social.

Adapun program kerja lapangan penting yang harus dilakukan oleh peserta PPM adalah :

  1. Orientasi daerah lokasi. Ini meliputi analisis karateristik daerah tersebut sehingga bisa menyelesaikan masalah yang bisa dikembangkan di daerah tersebut. Biasanya orientasi daerah lokasi ini memakan waktu paling singkat tiga hari.
  2. Kemudian kegiatan nyata di daerah lokasi
  3. Dan evaluasi di daerah tersebut.

“ingat pada praktik pengabdian masyarakat nanti, kalian bukan mengajari masyarakat namun belajar bermasyarakat.” kata Ust. Abdurrahamat kembali mengingatkan para peserta PPM ,yang pada malam tersebut hadir seluruhnya. Kegiatan pembakalan tersebut dilaksanakan pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB tepat, di auditorium gedung Al-hamra. Ust. Abdurrahmat juga menekankan tentang pembagian kemampuan masing-masing peserta PPM agar nanti dapat dikembangkan di masyarakat. Kemudian kegiatan pembekalan diakhiri dengan belajar bagaimana menganalisi masalah yang ada di masyarakat pada daerah tersebut.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia.

Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton.

Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional.

Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.