Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orangatau dua pasangan yang saling berlawanan dengan memukul kok melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Sejarah Bulu Tangkis

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Nenek moyang terdirinya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.

Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul “Badminton Battledore – a new game” (“Battledore bulu tangkis – sebuah permainan baru”). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris.

Rancangan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.

Bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini, dan di negara-negara Skandinavia.

(Sejarah Bulu Tangkis: Wikipedia)

Pemain Bulu Tangkis Indonesia

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Indonesia memeliki banyak pemain berprestasi yang telah berjuang untuk membesarkan nama bulu tangkis Indonesia. Di antara pemain bulu tangkis yang dulu pernah membela Indonesia adalah Rudy Hartono, Liem Sim King, Susi Susanti, Tony Gunawan, dan Taufik Hidayat yang banyak menyabet gelar juara dunia. Dan kini masih banyak pemain bulu tangkis Indonesia yang selalu berlatih keras untuk mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaraan bulu tangkis dunia.

Bermain Bulu Tangkis

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat yang tersebar di seluruh dunia. Bulu tangkis memiliki 5 tipe pertandingan, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Peralatan Bermain Bulu Tangkis

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Peralatan yang digunakan di dalam permainan badminton ialah :

  1. Net

Di tengah-tengah lapangan, net berdiri dengan tinggi 155 cm di bagian tepi. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara 2 bidang permainan dan diikatkan pada tiang.

  1. Raket

Pada tahun 1970-an, gagang raket maupun daun raket masih terbuat dari kayu. Namun pada saat ini raket sudah dibuat dari berbagai jenis bahan, misalnya dari bahan alumunium, grafit, dan karbon. Terdapat berbagai macam bentuk raket, jenis raket serta harga raket. Semakin mahal raket maka semakin ringan dan kuat raket itu.

Di tengah daun raket terdapat jaring yang dibuat dari senar (string) berupa tali plastic sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bias dipasang sekencang-kencangnya tetapi tdak mudah putus (dengan tarikan 21-24 ukuran kekencangan raket), agar dapat memantulkan shuttlecock yang dipukul dengan kencang dan cepat. Raket standar memiliki ukuran panjang 66-68 cm lebar kepala 22 cm. Untuk raket berbahan karbon, beratnya adalah 85 gram.

  1. Kok (Shuttlecock)

Kok biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik yang umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan oleh IBF. Berat kok sekitar 5,67 gram. Bulu angsa atau bulu ayam yang menancap pada gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat 2 tali. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri, banyak pula digunakan kok dari karet, baik untuk gabus dan bulunya. Namun umumnya, kok jenis ini hanya untuk latihan.

  1. Sepatu dan Pakaian

Terdapat perlengkapan utama dan tambahan dalam permainan bulutangkis. Baju, celana, dan sepatu tergolong perlengkapan utama, sedangkan ikat tangan, ikat kepala, dan pengaman lutut merupakan perlengkapan tambahan. Sepatu bulutangkis harus ringan dan  tidak licin. Sepatu bulutangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang bervariasi warnanya.

Pada dasarnya, penggunaan kaos kaki tidaklah wajib, namun ia berfungsi sebagai penyerap keringat. Kaos kaki yang agak tebal dapat mengurangi kemungkina terjadi iritasi kulit akibat gesekan kulit dengan sepatu.

Lapangan Bulu Tangkis

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Lapangan bulutangkis dapat dibuat di berbagai tempat, bisa diatas tanah, atau untuk saat ini kebanyakan di atas lantai semen atau ubin. Pembuatan lapangan bulutangkis biasanya sekaligus didesain denga gedung olahraganya.

Lapangan di tempat terbuka, harus dibuat dengan cermat agar tidak  angin yang menganggu. Jika dibuat di dalam gedung, maka tinggi  bangunan minimal adalah 8 m, sehingga tidak akan menganggu ketinggian shuttlecock.

Di kampung-kampung di Indonesia, banyak lapangan bulutangkis  didirikan di atas tanah, semen cor, atau aspal. Namun,  di gedung olahraga  biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai.Di lapangan yang diakui secara internasional digunakan karpet yang terbuat dari karet keras  namun elastis.

Lapangan bulutangkis berukuran 610 x 1340 cm, yang dibagi dalam bidang –bidang, masing-masing dua sisi berlawanan. Ada garis tunggal, ada garis ganda,  juga ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servisز

Pemanasan

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Sebelum bermain bulu tangkis, ada hal perlu di perhatikan dan sangat penting sekali yaitu pemanasan. Pemanasan tidak hanya berfungsi untuk melenturkan otot saja, namun sebenarnya fungsi yang paling penting adalah untuk menghindari resiko cidera pada pemain ketika bermain bulu tangkis. Dengan pemanasan juga akan meningkatkan percaya diri, juga pengontrolan emosi dan mental.

Latihan Terjadwal

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia

Bolehkan kita bermimpi menjadi pemain terbaik dunia. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dengan kesungguhan pasti kita meraih cita cita kita. Contohnya  para pemain terbaik dunia sekarang yang dulu ketika masih kecil juga berawal dari mimpi seperti kita.

Yang perlu di lakukan untuk menjadi pemain terbaik dunia yang pertama adalah berlatih dengan konsisten. Bergabung dengan klub bulu tangkis agar kita bisa berlatih secara terjadwal dan mempunyai pelatih yang professional. Kemudia jadikan bulu tangkis menjadi hobi yang mengasyikkan dan jangan di jadikan beban, karena jika di jadikan beban apabila kita gagal maka kita akan menyerah atau putus asa. Selanjutnya kita harus mepunyai taget-target yang harus di capai dan haus akn prestasi, itu semua agar kita selalu bersemangat untun meraih mimpi tersebut.

Pemain yang paling cerdas adalah pemain yang mengenali kelebihan dirinya dengan baik dan di saat yang sama juga dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Trik-trik Keren dalam Permainan Bulu Tangkis

Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
Mengejar Impian! Menjadi Pemain Bulu Tangkis Tingkat Dunia
  1. Tips Latihan Forehand

Jenis pukulan ini menjadi pukulan yang sering dilakukan. Jenis pukulan ini pula yang menjadi dasar dalam permainan bulutangkis. Forehand merupakan pukulan yang di ayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap shuttlecock.

  1. Tips Latihan Drop Shot

Drop Shot adalah pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya hanya pada posisi raket pada saat akan melakukan pukulan. Jika smash di lakukan dengan kekuatan penuh, maka Dropshot hanya di pukul dengan dorongan atau sentuhan yang halus. Dropshot yang baik dilakukan jika jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda.

Pukulan Dropshot memiliki karakterisktik yang unik. Jatuhnya shuttlecock mesti dekat dengan jaring di daerah lawan. Faktor posisi tubuh, pegangan raket, gerak kaki dan perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul menjadi faktor yang amat menentukan. Dropshot akan semakin mematikan jika dipadukan dengan gerak tipu.

  1. Tips Latihan Flick Service

Flick Service adalah service yang dilakukan secara cepat/tiba-tiba ke arah bagian belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan. Teknik ini mirip dengan backhand service tetapi kock dipukul dengan cepat dengan arah setengah tinggi.

  1. Tips Latihan Forehand Service

Forehand service bertujuan melambungkan bola ke bagian belakang. Umumnya dipakai dalam permainan tunggal (single).

  1. Tips Latihan Backhand Service

Dalam permainan bulutangkis, service merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan service dengan baik. Salah satu jenis service adalah Backhand Service. Dalam tipe service ini pada umumnya, arah dan jatuhnya shuttlecock sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan dan shuttlecock setipis mungkin di atas jaring (net). Backhand service bertujuan agar lawan tidak dapat menyerang.

  1. Tips Latihan Netting

Netting adalah jenis pukulan yang dilakukan di dekat net yang dipukul dengan sentuhan halus namun akurat. Tujuan dilakukan netting adalah supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, dan tentunya konsentrasi saat memukul shuttlecock menjadi faktor penting.

  1. Tips Latihan Lob

Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Dalam bulutangkis terdapat dua jenis pukulan lob/overhead clear (Pukulan yang dilakukan di atas kepala), yaitu:

a. Deep Lob /Clear: memukul tinggi shuttlecock hingga jatuh ke lapangan bagian belakang (Backout)

b. Attacking Lob/Clear atau lob Serang: Memukul dengan ketinggian sedang tapi laju menuju lapangan bagian belakang (Backout)

8. Tips Latihan Drive

Pukulan cepat dan mendadak yang banyak dilakukan dalam permainan ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau memaksa lawan untuk mengangkat shuttlecock. Pukulan ini menuntut untuk trampil dalam memainkan grip raket, reflek yang cepat dan kekuatan dalam pergelangan tangan. Drive yang ditembak dapat secara diagonal menyilang atau lurus ke depan.

  1. Tips Latihan Backhand

Sebelum mencoba memukul bola dengan teknik Backhand, ada baiknya di perbaiki terlebih dahulu posisi pegangan raket. Posisi jari saat akan melakukan backhand (telunjuk, tengah, manis, kelingking) sejajar dengan pegangan raket, sementara Ibu jari berada pada batang raket yang lebih lebar.

  1. Tips Latihan Smash

Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh. Jenis pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang, karena bertujuan untuk mematikan lawan. Jenis pukulan ini memiliki karakteristik keras serta  laju shuttlecock berjalan cepat. Jenis pukulan ini membutuhkan kekuatan pada otot tungkai, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan.

Segera Berlatih

(HADAMA/Muhammad Ali Sya’bana)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam internasional yang berkualitas. Baik dari segi kualifikasi mutunya, alumni, pelayanan juga manajemen pengelolaannya.

Pondok Pesantren An-Nahl berada di tempat yang indah dan eksotis di pesisir pantai selatan, tepatnya di Cikeusik Pandeglang Banten. Pesantren Ini menyelenggarakan pendidikan Islam tingkat Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan Madrasah Aliyah (SLTA).

Selain mempelajari Al-Qur’an, Hadits, pelajaran agama dan pelajaran umum, Pondok Pesantren Modern ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler seperti Bahasa Arab dan Inggris, Pidato, Pramuka, Olah raga, Seni bela diri, Kesenian, Marawis, Qosidah, Komputer, dan lain-lain.