Cidokom(25/10). Siang hari setelah makan siang  beberapa santri dari kelas 1-6 TMI mengkuti pelatihan menulis, dalam kegiatan tersebut tema yang dusung adalah “UKTUB” Bagamana Menulis Dalam 180 Hari. Pelatihan tersebut disampaikan oleh Akbar Zainudin yang biasa disapa ust. Akbar, beliau adalah seorang penulis, diantara  bukunya Man Jadda Wa Jada yang telah terbit sebanyak 55.000 eksemplar dan sekaligus trainer dan motivator.

Pelatihan Menulis "UKTUB" Bagaimana Menulis Dalam 180 HariDalam kegiatan beliau mengatakan bahwa dalam menulis, “seorang penulis haruslah mempunyai kunci utama  yaitu “KOMITMEN”.  Seperti misalnya seorang penulis setiap hari nya menulis selama 15 menit, maka ia harus melakukannya setiap hari tanpa absen. Karena dengan komitmen juga maka kita merasa brtanggung jawab atas apa yang dilakukan seeorang penulis”. Begitulah ujar beliau.

Adapun pelatihan yang disampaikan ialah Bagaimana Menulis Dalam 180 Hari, beliau mengajarkan bagaimana cara menulis dengan mudah, dan dalam kegiatan tersebut menjelaskan langkah-langkah dalam penulisan.

  1. Membuat Tema, menurut beliau tema adalah ide pokok dalam menulis buku. Yang dimana dibagi menjadi 2: yaitu fiksi yang merupakan khayalan seorang penulis, kemudian non fiksi yang merupakan realita sesungguhnya.
  2. Mindmap/peta pikiran, mindmap sendiri diperkenalkan oleh Tony Buzan. Tujuan dari pembuatan mindmap sendiri yaitu mempermudah penulis dalam menentukan alur cerita buku yang ditulis.
  3. Membuat Outline, yaitu setelah menentukan tema dan juga alur cerita atau yang lebih dikenal dengan daftar isi dan jadwal perencanaan.
  4. Menulis, barulah ditahap ini seorang penulis harus mengeluarkan tenaga dan pikirannya untuk menulis lembaran-lembaran tulisan yang temanya telah ditentukan diawal .
  5. Revisi atau pun pembenaran tulisan yang telah selesai
  6. Kirim Penerbit.

Dalam pelatihan tersebut peserta dibuat enjoy oleh Ust. Akbar, ya beliau lebih mengedepankan keaktifan peserta, sehingga tidak ada rasa bosan walaupun acara berlangsung sektiar 4 jam. Dan diakhir kegiatan tersebut beliau mengajak peserta untuk membuat artikel bersama dengan tema “Aku dan Impianku”, Yang kemudian hasil tulisan tersebut akan diketik dan dijadikan buku digital. Yang nantinya bisa di unduh dan dibaca oleh setiap orang melalui media sosial. Hal ini juga adalah pertama kalinya dari seluruh Darunnajah dan cabangnya. ”Seorang penulis harus memiliki motivasi dalam menulis yang salah satunya ialah berdakwah atau pun meenyampaikan ide-ide bagi orang banyak, karena dengan menulis kita akan hidup selamanya”. Akbar Zainudin, Trainer, Motivator, dan Penulis Buku Man Jadda Wa Jada.

By.Rifal Mustakim(Ateam) Redaktur:S.Rama Prayogo

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini