Panitia Sukses

Dalam sebuah kepanitian ketua sangatlah penting karena ketualah yang akan menjadi kunci suksesnya sebuah acara.
Dalam sebuah kepanitian ketua sangatlah penting karena ketualah yang akan menjadi panitia sukses

Suksesnya sebuah kepanitian adalah sebuah harapan dari semua organisasi, Sebelum kita mempelajari cara membuat panitia sukses dalam sebuah acara kita pahami dulu apa itu PANTIA dan SUKSES.

- Advertisement-

Panitia adalah sebuah perkumpulan atau kelompok yang di mana setaip orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mensukseskan acara tersebut. Dan yang mengatur atau membagi tugas dan tanggung jawab ini adalah ketua yang memahami jalanya dan runtutan acara yang akan di sukseskan.

Dalam sebuah kepanitian ketua sangatlah penting karena ketualah yang akan menjadi kunci suksesnya sebuah acara.

Sukses adalah tecapainya sebuah harapan, mimpi, atau rencanakan. Apabila kita sudah mempunya harapan, mimpi, atau rencana dan belum tercapai kita harus mengejarnya karena belum disebut sukses apabila belum tecapai.

Jadi panitia sukses adalah tercapainya rencana, mimpi, atau harapan sebuah kelompok atau perkumpukan yang sudah teratur dan terbagi tugas dan tanggung jawab setiap individu.

Setelah memahami arti tesebut mulailah kita kelangkah langkah untuk membuat panitia sukses.

Merncanakang pekerjaan yang akan dilakukan

Perencanaan (planing) sebuah pekerjaan sangatlah penting
Perencanaan (planing) sebuah pekerjaan sangatlah penting

Perencanaan (planing) sebuah pekerjaan sangatlah penting karena jika tidak ada rencana kita tidak akan bisa mengukur apakah acara yang akan dilaksnankan sukses atau tidak, karena tidak ada yang akan dicapai.

Untuk membuat rencana atau planing kita bisa menggunakan 6M untuk di jadikan rencana

  1. Man adalah orang atau sumber daya manusia yang memiliki keahlian tertentu dan dapat mensukseskan acara yang akan dilaksanakan.
  2. Money adalah uang atau modal yang akan digunakan untuk mengadakan acara yang akan dilaksanakan. Darimana didapatkannya, bagaimana cara mendapatkanya, usaha apa yang akan dilakukan.
  3. Method adalah langkah-lankah yang akan dilakukan sebelum acara, ketika acara, dan setelah acara agar acaranya berjalan dengan lancar.
  4. Material adalah bahan bahan yang dibutuhkan untuk kelancaran acara.
  5. Machine adalah peralatan yang dibutuhkan untuk kelancaran acara tersebut.
  6. Market adalah pemasaran dari kegiatan yang sudah dibuat, tentang siapa saja yang akan dituju.

Setelah semua rencana tersusun sekarang berlanjut kelangkah selanjutnya

Pembagian tugas dan tanggumg jawab

Pembagian tugas dan tanggung jawab (organizing) setiap individu dengan cara menyusun susunan kepanitiaan oleh ketua
Pembagian tugas dan tanggung jawab (organizing) setiap individu dengan cara menyusun susunan kepanitiaan oleh ketua

Pembagian tugas dan tanggung jawab (organizing) setiap individu dengan cara menyusun susunan kepanitiaan oleh ketua seperti bendahara, sekretaris, perlengkapan, humas, acara dll, penyusunan kepanitiaan ini bertujuan untuk mempermudah tercapainya rencana rencana yang sudah disusun bersama dan setaip individu memiliki tanggung jawab dan tugas masing masing.

Setelah terbagi semua tugas dan tanggung jawab langkah sekanjutnya adalah

Melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan ikhlas dan sepenuh hati

Melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan ikhlas dan sepenuh hati
Melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan ikhlas dan sepenuh hati

Setelah dibagikan tugas dan tanggung jawab tinggal melaksanakannya dengan ikhlas dan sepenuh hati (Actualing), karena tidakah mungkin semua tugas dan tanggung jawab itu selesai dengan sendirinya.

Kenapa harus ikhlas dan sepenuh hati? Saat kita mengerjakan tugas dan tanggung jawab apabila tidak ikhlas itu akan mempengaruhi kebersamaan sebuah kelompok karena masih ada rasa iri dengan tugas yang sudah di bagikan oleh ketuanya.

Apabia dilaksanakan dengan ikhlas dan sepenuh hati kebersamaan akan bertambah erat.

Pengontrolan

Pengontrolan (Conroling) terhadap sebuah kegiatan sangatlah penting, disini adalah saatnya yang sang pemimpin beraksi, pengontrolan ini dilakukan ketika setiap bagian mengerjakan tugas masing masing, dengan menanyakan kendala atau kesulitan saat mengerjakan tugas tersebut dan juga membantunya.

Pengontrolan ini pertujuan agar acara berjalan sesuai susunan acara yang telah direncanakan secara bersama-sama dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Setelah pengontrolan yang dilakukan oleh sang pemimpin dan membuahkan hasil yang memuaskan. Langkah untuk menjadi panitia sukses belumlah selesai disini, langkah terakhir adalah

Penilaian acara

Penilaian ini bertujuan untuk mencari kekurangan-kekurangan yang belum dipenuhi oleh panitia sendiri atau dari acara yang belum memuaskan agar pada acara selanjutnya lebih baik dari acara yang sudah berlangsung.

Penilaian ini bisa dilakukan oleh seseorang yang sangat berperan penting ditempat terlaksana acara tersebut dan juga penilaian secara bersama oleh panitia sendiri.

Dengan begitu selesai sudah langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjadi panitia sukses.

Pada dasarnya langkah langkah tersebut sudah biasa dilakukan oleh sebuah organisasi dan biasa disebut POACE.

POACE adalah sebuah patokan untuk menjalankan sebuah kegiatan dengan kepanitiaan
POACE adalah sebuah patokan untuk menjalankan sebuah kegiatan dengan kepanitiaan

POACE adalah sebuah patokan untuk menjalankan sebuah kegiatan dengan kepanitiaan, POACE disini adalah sebuah singkatan dari kata Planing, Organizing, Actualing, controling, dan evaluating atau dalam bahasa indonesia perencanakan, penggolongkan, penggerakan, pengawasan, dan penilaian.

Patokan ini sudah dilakukan oleh lembaga Pondok Pesantren Darunnajah yang telah memiliki cabang cabang yang juga sukses.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita amien……..

Kunjungi juga

 

zamakhsyari atba

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.