Mau Pandai Berbahasa Asing? Lakukanlah Hal Sederhana Ini!

Mau Pandai Berbahasa Asing Lakukanlah Hal Sederhana Ini!
Mau Pandai Berbahasa Asing Lakukanlah Hal Sederhana Ini!

Kini, kita sedang berada pada zaman yang dimana globalisasi sedang berkembang dengan pesat. Untuk itu, kita juga harus beradaptasi untuk tetap bisa bersaing dengan orang lain di zaman ini. Salah satu cara untuk tetap bisa bertahan pada roda masa ini, kita juga harus menguasai bahasa asing yang memang sudah menjadi bahasa internasional.

Untuk itu baca artikel ini agar bisa pandai dan menguasai bahasa asing sekarang juga!

  • Niat 100% Menguasai Bahasa Asing

Buat kamu yang memang ingin sekali untuk pandai dan menguasai bahasa asing, kamu sebelumnya harus memiliki niat yang maksimal untuk belajar hingga dapat menguasai bahasa asing tersebut. Mengapa? Walaupun belajar berbahasa asing itu sangatlah mudah, tetapi kamu juga harus memiliki tekad yang kuat untuk bisa berbahasa asing. Ini akan mendorong kemauan kamu hingga kamu jadi lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa asing.

  • Pilih Bahasa Asing yang Kamu Mau

Langkah selanjutnya, kamu harus memilih bahasa asing apa yang akan kamu pelajari. Bisa itu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Prancis, Bahasa Mandarin, atau bahasa asing lainnya yang pada saat ini atau kedepannya tetap booming.

Mengapa harus booming? Tentu saja, karena persaingan dunia semakin kuat, hanya beberapa bahasa saja yang saat ini digunakan di kalangan dunia internasional.

  • Kuasai Dahulu Dasar-dasarnya

Untuk belajar bahasa asing, tentu saja kamu akan menemukan hal-hal baru yang bisa saja kamu belum tahu tentang hal tersebut. Maka sari itu, kamu harus belajar dan berlatih hingga kamu menguasai dasar-dasar dan metode nahasa tersebut. Halini bisa saja seperti aturan susunan bahasa, huruf-huruf khusus, cara membaca, cara melafalkan bahasa tersebut, dan lain-lain.

Caranya mudah ko! Sekarang kita sudah terhubung dengan adanya koneksi internet. Disini, kamu bisa belajar dasar-dasar bahasa asing yang kamu pilih dengan lengkap. Bahkan, banyak juga video interaktif tentang metode dasar-dasar bahasa asing yang bisa kamu lihat untuk kamu pelajari.

  • Latihan Berbicara

 

Setelah kamu menguasai dasar-dasar tentang bahasa asing tersebut, kamu bisa berlatih berbahasa untuk mengembangkan serta meningkatkan bahasa kamu. Karena juga, ini merupakan tahap yang penting untuk lancar berbahasa. Hal ini akan membantu kamu nanti ketika kamu berbicara dengan orang lain dan lain-lain.

Coba deh, kamu berbicara minimal dengan diri sendiri didepan cermin agar kamu lebih percaya diri lagi.

  • Memiliki Teman Untuk Bercakap-cakap

Jika kamu sudah melakukan tahap diatas, kamu bisa mencari teman kamu untuk pasangan belajar kamu. Dengan teman kamu, kamu akan lebih bebas berbicara dan meningkatkan kemampuan kamu tanpa ragu-ragu.

Teman kamu juga bisa kamu minta membenarkan ucapanmu apabila memang ucapanmu salah. Kamu pun bisa langsung membenarkan ucapanmu kembali. Mudah kan?

  • Mulailah Mencatat Kosakata

Untuk memperluas wawasan kamu, kamu harus memiliki banyak amunisi bahasa asing yang kamu pelajari berupa kosakata. Semakin banyak kosakata yang kamu hafal, semakin luas juga pembicaraan mudalam berbahasa asing. Cara menghafal kosakata cukuplah mudah. Cukup setiap hari menambah tiga kosakata baru yang belum kamu ketahui. Kamu bisa mencatat ketiga kosakata tersebut, lalu kamu hafalkan. Leih baik lagi, kamu juga membuat kalimat dari setiap kosakata baru kamu. Ini akan mengasah otak kamu untuk berpikir dan juga mencoba untuk merangkai kata dengan bahasa asing yang kamu pelajari. Yuk kita coba untuk memulai mencatat kosakata.

  • Mendengar Musik dengan Bahasa Asing

Banyak orang yang bisa berbahasa asing hanya dengan mendengarkan musik. “Ko bisa kayak gitu ya?”. Musik, juga dapat kita kategorikan sebagai audio yang juga menjadi media alat pendengaran kita. Semakin kita sering mendengarkan musik dengan berbahasa asing, biasanya juga kita ikut bernyanyi dan bahkan hafal dengan lagu asing tersebut.

Dengan mendengarkan musik, kamu akan mengingat-ingat selalu ingat dengan kata tiap kata dari lantunan musik kamu. Itu membuat kamu terbiasa mendengar bahasa asing tersebut.

Coba kamu pilih lagu asing apa yang menjadi lagu favorit kamu!

  • Menerjemahkan Musik yang Kamu Suka

Jika kamu sudah memiliki lagu kesukaan (favorit) berbahasa asing, coba kamu mulai hafalkan lagu itu. Setelah itu kamu juga bisa coba menerjemahkan lagu itu ke bahasa Indonesia. Ini akan menjadi latihan untuk mencoba menerjemahkan bahasa asing kamu. Tenti saja, setelah kamu menerjemahkan lagu tersebut, pasti kamu akan faham isi dan maksud dari lagu kesukaan kamu.

Untuk lebih mengasah kemampuan kamu dalam menerjemahkan bahasa asing, kamu tak ada masalahnya untuk kembali menerjemahkan sesuatu lainnya. Bisa artikel, koran, ayau lagu lainnya.

Kemudian,baiknya kamu memeriksa teremahan kamu dengan kamus, agar kamu tahu mana yang benar dan mana yang salah.

  • Membawa Kamus

Membawa kamus juga bisa menjawab keinginan kamu. Kamu bisa membawa kamus disetiap kali kamu pergi. Jika terkadang kamu lupa atau tidak tahu dengan arti kata si lawan bicara kamu, kamu bisa membuka kamus. Kamu juga bisa membuka kamus sebelum kamu berbicara dengan lawan bicara kamu. Tak perlu malu, sebentar lagi kamu pasti bisa berbahasa asing!

  • Percaya Diri dengan Ucapanmu

Selain hal-hal diatas, kamu juga haarus memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat. Tidak perlu malu atas perkataan kamu, karena status kamu sedang belajar. Dari sini, nanti kamu akan semakin terbiasa berbahasa asing ko.

Karena kepercayaan diri kamu yang tinggi, pasti banyak pihak dari orang lain yang mendukung kamu sampai mereka akan membantu kamu untuk lancar berbahasa.

Oleh: Rifida Muchtar Arastio

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren An-Nur menyiapkan kader pemimpin agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Pondok Annur Darunnajah 8 Cidokom berada di Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Pesantren Annur menyelenggarakan program pendidikan SMP, SMA, MTs (Tsanawiyah) dan MA (Aliyah). Annur menyediakan beasiswa untuk para santri berprestasi.

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Annur Darunnajah 8 dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, perkantoran, laboratorium, dll.