ol>
li>Jiwa a href=”http://darunnajah3.com”>Keikhlasan/a>/li>
/ol>
Jiwa Keikhlasan Ialah Jiwa yyang mendorong timbulnya suatu amal bukan untuk memperoleh keuntungan- keuntunngan  dunawi tertntu melainkan semata-mata hanya karena Allah Swt, untuk ibadah. Ikhlas adalah jiwa segala amal.

Segala jasa dan karya, semua cucuran keringat akan menjadi em>habaan mantsura /em>(debu berterbangan) jikalau tidal didasarkan pada niat yang ikhlas.

Jiwa keikhlasan ini meliputi segenap suasa kehidupan di pondok a href=”http://darunnajah3.com”>pesantren/a>. Kiayi dan gur- guru ikhlas dalam mengajar, para santri ikhlas dalam belajar, pengurus santri ikhlas mengurus anggotanya tidal kareena pujian dan sanjungan, tidak loyo karena kritik dan celaan serta control social dari anggotanya. Anggota juga ikhlas menerima perbaikan dari pengurus atas pelanggaran disiplin yang dilakukaknnya. Dengan demikian terdapatlah suasana hidup yang harmonis antara kiayi yang disegani dan santri yang taat serta hormat, penuh rasa cinta. Demikian pula antara murid dengan guru, antara pengurus santri dan anggotanya bersih dari segala debu ambisi dan sentiment pribadi.

Dari rutinitas gerak yang didasarai oleh keikhlasan yang mendalam diharapakan agar setiap santri mampu menterjemahkannya dalam setiap tingkah laku hidupnya di masa depan.
ol>
li>Jiwa kesederhanaan/li>
/ol>
Jiwa kesederhanaan adalah jiwa yang mendorong seseorang untuk bisa hidup tanpa kemewahan. Kehidupnan pesantren disamping diliputi rasa keikhlasan jiwa diwarnai oleh suasana kesederhanaan. Kesederhanaan bukan berarti kemiskinan. Seorang jutawan atau bahkan milioner bisa saja hidup sederhana asal ada jiwa kesederhaan yang bersemayam pada dirinya.

Dibalik kesederhanaan itu tersimpan suatu unsure kekuatan dan ketabahan hati serta penguasaan diri. Dalam menghadai perjuangan hidup dengan segala kesulitannya.

Orang kaya yang hidup sederhana adalah orang yang berjiwa besar, bernai maju dalam setiap perjuangan dengan sejuta tantangan dan pantang mundur dalam setiap keadaan.

Jadi mendidik a href=”http://darunnajah.com”>santri/a> untuk hidup sederhana pada hakikatnya dalah memberikan senjata kepada mereka untuk menyngsong kemenangan hidup atau menggapai kehidupan yang sukses dimasa tua.

 
ol>
li>Jiwa kesanggupan mandiri/li>
/ol>
Jiwa kesanggupan menolong diri sendiri yaitu jiwa yang menimbulkan pada seseorang sikap hidup tanpa mengandalkan ketergantungan pada orang lain. Setiap santri dididik untuk mengurus segala kepentingannya sendiri. Pakaian yang kotor dicuci sendiri, kamar yang kotor dibersihkan sendiri, pengeluaran uang dianggarkan sendiri. Didikan ini merpkan senjatahidup  yang ampuh dan amat sesuai dengan etos kerja islami.

Disamping pendidikan mandiri kepada para santri, pondok pesantren itu sendiri sebagai lembaga bantuan dan belas kasihan orang lain. itulah zeif berdruiping system (sama- sama memberikan iuran dan sama- sama dipakai).

Itu bukan berarti bahwa pondok bersifat kaku sehingga tidal mau menerima bantuan dari orang lain, bantuan tetap diterima sepanjang hal itu tidak mengikat.
ol>
li>Jiwa a href=”http://darunnajah.com”>Ukhuwah Islamiyah/a>/li>
/ol>
Kehidupan dipesantren dijalin oleh ikatan persaudaraan yang akrab, sehingga kesenangan dirasakan bersama, semua kesulian ditanggung bersama. Konsep secara kekeluargaan yang tertuang dalam ayat Al-Qur’an diterjemahkan dalam kehidupan ppesantren secara nyata. Segala bentuk kabut fanatisme (fanatisme golongan, kesukuan, dan lain-lain), sirn ditelan cahaya ukhuwah islamiyah yang mampu menempuh setiap pojok-pojokkehidupan pesantren.

Jiwa ukhuwah islamiyah ini bkan saja mendasari kehidupan santri dipesantren, tetapi juga mempengaruhi mereka setelah terjun di masyarakat luas. Ukhuwah ini sangat penting untuk mewujudkan persatuan umat. Persatuan umat hanya jadii selogan kosong mnakala ukhuwah islamiyah ini tidak tertanam pada diri setiap muslim.
ol>
li>Jiwa Bebas/li>
/ol>
Jiwa Bebas adalah jiwa yang tidak terikat mati atau terjajah oleh sesuatu kekuatan tertentu.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).