Waktu

Tulisan ini adalah transkrip dari Kultum yang disampaikan oleh Ustad Arifin Ilham yang berjudul “Waktu”.

Menghargai setiap detik yang diberikan Allah SWT dengan berzikir
Menghargai setiap detik yang diberikan Allah SWT dengan berzikir

Assalamu’alaikum warohmatullah wa barokatuh.

Masa, abad,waktu,tahun bulan, pekan, hari, jam, menit, detik, terus terjadi, terus berjalan. Lan tarjial ayyamu allati madot.

Wa tilka ayyamu dzawiluha baina naas, Tidak ada satupun mahluk yang mampu menghentikan perjalanan waktu.

Peristiwa demi peristiwa tergilir dan terjadi dalam setiap waktu. Ada yang dibawah ke atas, ada yang di atas ke bawah, ada yang sehat ada yang sakit, ada yang hidup ada yang mati, semua terjadi dalam perjalanan waktu.

Sungguh detik-detik itu waktu yang sangat mahal, tidak akan bisa ditukar walau orang memiliki kekayaan seluas langit dan bumi ia tidak akan bisa mengulang waktu walau sedetik yang sudah berlalu.

Karena itu diakhirat subhanallah, manusia pada menyesal dan minta dikembalikan ke muka bumi walau sedetik.

Laula akhortani ila ajal liqolli, kembalikan kami ke muka bumi walau sedetik.

Orang yang tidak shaleh berkata, kembalikan kami walau sedetik niscaya kami akan menjadi orang yang shaleh.

Orang yang tidak beriman berkata, kembalikan kami ke muka bumi walau sedetik niscaya akan menjadi orang yang beriman.

Orang yang pelit minta dikembalikan ke muka bumi sedetik, niscaya akan menjadi orang yang dermawan.

Menghargai setiap detik yang diberikan Allah SWT dengan berzikir
Menghargai setiap detik yang diberikan Allah SWT dengan berzikir

Detik-detik sangat berharga, karena itu orang beriman sangat menghargai detik demi detik. Kalau itu hal yang tidak bermanfaat, ia akan tinggalkan demi menjaga detik-detik yang berharga.

Dan setiap detik yang Allah berikan kepada kita, detik-detik akan diminta pertanggung jawabannya dihadapan Allah.

Karena itulah dzikir ibadah detik. Ibadah seumur hidup adalah haji, ada ibadah ampunan shalat Ied, ada ibadah bulanan tanggal 13,14,15 setiap bulan Hijriyah shoum (puasa), ada ibadah pekanan yaitu shalat jum’at, ada ibadah harian yakni shalat lima waktu, ada ibadah detik berdzikir itulah denyut jantungnya orang-orang yang mengenal Allah.

Fii kulli lamhatin wa nafasin adadama wasia wa ilmallah, ya Allah hidupkanlah hati hamba dalam denyut jantung senantiasa ingat kepada Mu.

Subnahakallahu wa bihamdika asyhadu alaa ilaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaihi.

Wabillahi taufik walhidayyah, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.