“Mufrodat” kata ini sudah tidak terdengar asing lagi di telinga para santriwan dan santriwati di seluruh Indonesia.

- Advertisement-

Mufradat adalah salah satu dari banyak kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa arab dan inggris di pondok pesantren. Mufrodat berarti kosakata dalam bahasa arab dan dalam bahasa inggris berarti vocabulary. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah kosakata bahasa arab maupun inggris yang akan mempermudah dan memperlancar para santri dalam menggunakan bahasa arab atau inggris tersebut dalam keseharian mereka.

Di Pondok Pesantren Putri Darunnajah 9 Pamulang kegiatan mufrodat adalah rutinitas kegiatan harian pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Para santri berbondong-bondong pulang dari masjid setelah shalat subuh dan tadarus al-quran menuju tempat berlangsungnya kegiatan mufrodat. Kegiatan Mufrodat ini dibagi atas beberapa kelompok dan satu atau dua kakak kelas pengurus (Mudabbiroh) mereka ditugaskan untuk menyampaikan kosa kata atau mufrodat tiap harinya, mereka disebut sebagai mulqiah . Setiap hari, seluruh santri mendapatkan 3 buah kosakata atau mufrodat berbahasa arab dan inggris.

Adapun strategi dalam kegiatan pembelajaran mufrodat, sebagai berikut:
1. Mendengarkan kata.Yaitu dengan memberikan kesempatan santri untuk mendengarkan kata yg diucap oleh mulqiah.
2. Mengucapkan kata.Dalam tahap ini mulqiah memberi kesempatan kepada santri untuk mengucapkan kata yang telah di dengarnya.
3.Mendapatkan makna kata.Pada tahap ini mulqiah hendaknya menghindari menerjemahkan atau memberi arti kosa kata kepada santri, ada beberapa cara untuk memahamkan arti kosakata tersebut, yaitu dengan pemberian konteks kalimat, definisi sederhana, kalimat sederhana maupun penggunaan media seperti gambar atau benda aslinya.
4.Menulis kata.Di tahap ini para santri diharapkan untuk menulis kosakata baru yang didapatnya di buku notes mereka atau catatan.
5.Membuat Kalimat.Para santri diminta unuk membuat kosa kata tersebut menjadi kalimat.
6.Menghafalkan dan menyetor kepada mulqiah.Dalam tahap ini santri menghafal 3 kosakata baru yang mereka dapatkan dan menyetor kepada mulqiah kelompok.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari kegiatan mufrodat pondok pesantren modern di Indonesia.Dan untuk melatih para santri dalam hafalan dan penggunaan kosakata yang mereka dapatkan, para pengurus mengadakan evaluasi berupa ulangan mufrodat persemester.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.