Model Pembelajaran Terbaik Untuk Anak Usia Dini

Model Pembelajaran Terbaik Untuk Anak Usia Dini

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Model pembelajaran terbaik untuk anak usia dini

Taman kanak-kanak adalah fasilitas untuk mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh setiap anak, dan setiap anak memiliki bakat serta potensi yang luar biasa. Anak usia dini memiliki kecendrungan untuk meniru dan belajar melalui eksplorasi atau pengalaman nyata.

Melalui bermain anak belajar belajar bersosialisai, membangun komunikasi dengan teman, melatih emosi sehingga seiring usia perkembangan anak. Selain bermain anak masih dalam masa belajar melalui benda-benda konkret, sehingga guru perlu memberikan contoh yang tepat dan sesuai dengan tugas-tugas perkembangan anak usaia dini.

Guru memiliki misi pendidik dengan membimbing, mengkontrol, mengevaluasi dan memberikan penguatan atas materi yang telah diberikan. Maka dari itu TK Islam Darunnajah menggunakan model pembelajaran sentra.

Pembelajaran sentra yaitu model pembelajaran yang memfokuskan anak untuk mendalami suatu materi sesuai dengan tema yang akan dikembangkan, salah satu contohnya yaitu pada tema Alam Semesta. Pada tema Alam Semesta, kegiatan yang dilakukan di Sentra Bermain Peran yaitu mengamati benda-benda langit yang terlihat disiang hari dan dimalam hari, menghitung jumlah masing-masing benda langit dan menuliskannya pada lembar kerja, serta dalam kegiatan ini mengajarkan anak untuk bersyukur kepada Allah SWT melalui ciptaan Nya.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat display gambar :

  1. Kertas karton
  2. Kertas asturo
  3. Spidol papan tulis
  4. Lem
  5. Isolasi besar

Kemudian bahan-bahan diatas digambar dan digunting untuk membuat bermacam-macam benda angit seperti matahari, bulan, bintang, awan, pelangi, planet-planet.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat teropong mainan :

  1. Kardus tisu gulung
  2. Kertas asturo
  3. Lem

Meneropong bintang di TK Islam Darunnajah

Cara memainkan kegiatan ini yaitu anak-anak berperan sebagai pengamat bintang, Guru memberikan teropong mainan kepada anak dan diminta untuk mengamati gambar benda-benda langit yang didisplay dilangit-langit kelas, kemudian guru bertanya kepada anak benda langit apa saja yang telah dilihat anak dengan menggunakan teropong. Setelah selesai mengamati benda langit menggunakan teropong, anak diminta untuk menuliskan angka berdasarkan gambar yang ada. Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemhaman kepada peserta didik bahwa, matahari, bulan, awan, pelangi dan planet-planet yang ada di alam semesta merupakan ciptaan Allah SWT sang Maha Pencipta. Dan melalui model pembelajaran sentra ini peserta didik lebih menguasai materi yang diberikan dan sesuai berdasarkan tugas-tugas perkembangan anak.

Selain di Sentra Bermain Peran, di Sentra Seni peserta didik belajar menempel bentuk benda-benda langit sesuai pola. Guru menyiapkan bentuk gambar matahari, bulan, bintang dan pelangi, kemudian anak-anak menyusunnya berdasarkan pola yang dicontohkan guru. Pada kegiatan ini, selain anak-anak mengenal nama benda-benda langit sekaligus melatih kemampuan kognitif anak.

Maka dari itu, bervariasinya pengalaman serta eksplorasi yang dilakukan anak pada model pembelajaran Sentra diterapkan TK Islam Darunnajah sebagai bentuk perhatian Lembaga dalam meningkatkan pendidikan bagi anak usia dini.

Noor

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah