Metode Bercerita Anak Usia Dini

Metode Pembelajaran Bercerita Anak Usia Dini
Metode Pembelajaran  Anak Usia Dini

 A. Konsep Bercerita

Cerita adalah salah satu cara untuk menarik perhatian anak. Biasanya yang disukai anak, yaitu cerita yang berkaitan dengan dunia binatang. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di Taman Kanak-kanak, yaitu salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak TK. Cerita yang dibawakan guru secara lisan  harus menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK. Oleh karenanya dijadikan sebagai salah satu teknik pendidikan.

Penggunaan bercerita sebagai salah satu strategi pembelajaran di Taman Kanak-kanak haruslah memperhatikan hal-hal berikut:

  • Isi cerita harus terkait dengan dunia kehidupan anak TK.
  • Kegiatan  diusahakan dapat memberikan perasaan gembira, lucu, dan mengasyikkan sesuai dengan dunia kehidupan anak yang penuh suka cita
  • Kegiatan harus diusahakan menjadi pengalaman bagi anak PAUD yang bersifat unik dan menarik.

Beberapa macam teknik  yang dapat dipergunakan antara lain guru dapat membaca langsung dari buku, menggunakan ilustrasi dari buku gambar, menggunakan papan flannel, menggunakan boneka, bermain peran dalam suatu cerita, atau bercerita dengan menggunakan jari-jari tangan,bercerita dengan menggunakan wayang.

Bercerita sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil untuk memudahkan guru mengontrol kegiatan yang berlangsung sehingga akan berjalan lebih efektif. Selain itu tempat duduk pun harus diatur sedemikian rupa, misalnya berbentuk lingkaran sehingga akan terjalin komunikasi yang lebih efektif.

Pembelajaran Bercerita Pada Anak Usia DIni
 Metode Pembelajaran  Pada Anak Usia DIni

B. Manfaat Bercerita Bagi Anak

Pencapaian tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak dapat ditempuh dengan strategi pembelajaran melalui bercerita.

Mengidentifikasi manfaat bercerita bagi anak TK, yaitu sebagai berikut:

Bagi anak TK mendengarkan cerita yang menarik dan dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikkan.Guru dapat memanfaatkan kegiatan bercerita untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak. Kegiatan  ini juga memberikan sejumlah pengetahuan social, nilai-nilai moral dan keagamaan.Pembelajaran dengan bercerita memberikan pengalaman belajar untuk mendengarkan.Dengan mendengarkan, anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.Membantu anak untuk membangun bermacam-macam peran yang mungkin dipilih oleh anak.

C. Tujuan Bercerita Bagi Anak TK

Secara umum  memiliki tujuan yaitu:

  • Menanamkan pesan-pesan atau nilai-nilai sosial, moral dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita, sehingga mereka dapat menghayatinya dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru dapat memberikan informasi tentang lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang perlu diketahui oleh anak. Lingkungan fisik berkaitan dengan segala sesuatu yang ada disekitar anak selain manusia
Aktivitas Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran

Nasehat Tentang Mengisi Waktu Dengan Berdzikir

Kunjungi Facebook TK Islam Darunnajah

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.