9 Rahasia Menghilangkan Rasa Malas Belajar Menjelang Ujian

9 Rahasia Menghilangkan Rasa Malas Belajar Menjelang Ujian
9 Rahasia Menghilangkan Rasa Malas Belajar Menjelang Ujian

Rasa malas adalah salah satu sifat alami yang ada pada manusia, sifat malas ini menjadi suatu masalah dalam kehidupan manusia.

Terlebih lagi jika terjadi kepada para pelajar sifat ini akan menjadi momok yang merusak prestasi anda dalam proses menempuh pendidikan.Terlebih lagi jika sifat rasa malas ini datang ketika akan menghadapi ujian sekolah, tentu anda akan tau akibatnya, anda akan mendapat kegagalan dalam melaksanakan ujian itu.

Tentu anda sudah tau, dan melihat dengan sendiri pangkal dari kesuksesan seseorang itu adalah memiliki disiplin yang tinggi baik belajar ataupun bekerja, orang ini adalah orang yang berhasil melawan sifat malas yang ada dalam dirinya.

Nah… !! untuk itu saya akan memberikan beberapa rahasia menghilangkan rasa malas belajar menjelang ujian. rasia – rahasia ini akan berhasil jika anda bisa memahami dan mempraktekannya dalam kegiatan study anda.

Sebelum kita membahas rahasia menghilangkan rasa malas belajar, mari kenali terlebih dahulu apa penyebab yang membuat anda malas belajar.

Kenali Sebeb Dari Malas Belajar

Kenali Penyebab Malas Belajar
Kenali Penyebab Malas Belajar

Jika anda seorang pelajar tentu anda akan ragu – ragu dan malau – malu dalam menjawab pertanyaan ini : Kenapa anda malas belajar ? Padahal anda tau konsekswensinya jika anda malas dalam belajar, apalagi jika anda malas menjelang ujian, maka anda akan tau akibat yang akan menimpa anda. “GAGAL”

Kita kembali ke pertanyaan diatas, Kenapa anda malas belajar ? anda akan menjawab ” Pelajarannya susah, Pelajarannya membosankan, Gurunya tidak asik, lebih enak baca komik,main game, dll”

Kalau dilihat dari jawaban anda, ini menandakan tidak adanya tujuan yang jelas yang anda tuju dalam kesuksesan belajar, ini gejala yang banyak terjadi pada diri para pelajar, padahal kesuksesan seseorang itu tergantung bagaimana prosesnya dia dalam melakukannya.

Temukan Rahasia Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Temukan Rahasia Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Sifat malas adalah sifat yang ada kepeda pribadi seseorang yang suka menunda – nunda suatu pekerjaan. Bila ada sifat ini dalam diri anda maka pasti akan terkena dan akrab dalam sifat malas.

Bisa kita lihat orang yang sukses akan langsung melakukan apa yang sudah dia ketau itu menguntukan dan berdampak baik pada dirinya.

Sebaliknya orang yang akrab dengan sifat malas akan acuh dan menunda, padahal dia tau hal itu akan mendapatkan keuntungan pada dirinya.

Cara efektif dalam mengatasi masalah ini adalah, mulai dengan tindakan nyata, membentuk prilaku tangap dan disiplin dalam belajar.

Berikut saya berikan Beberapa rahasia sukses untuk  Menghilangkan Rasa Malas Belajar Menjelang Ujian

Motivasi Diri Sendiri

Motivasi Belajar Sungguh - sungguh
Motivasi Belajar Sungguh – sungguh

Motivasi diri sendiri adalah hal yang penting bagi seorang pelajar, setiap orang perlu mendapatkan suntikan motivasi dalam aktifitasnya sehari – hari. perlu kita pahami bahwasannya motivasi terbesar seseorang adalah dirinya sendiri.

Semakin tau tujuannya dan manfaatnya belajar maka semakin tinggi motivasi dirinya dalam kesuksesan belajar, hal ini tergantung kemauan dan kedisiplinan diri anda masing – masing.

Hal yang paling penting yang harus anda perhatikan dalam motivasi ini adalah kesadaran diri anda sendiri bahwa akan pentingnya belajar untuk bekal menghadapi ujian yang akan anda tempuh, dan manfaat yang akan anda dapat ketika anda melakukannya dengan disiplin yang tinggi.

Ingat Tujuan Anda Dalam Belajar

Ingat Tujuan Anda Dalam Belajar
Ingat Tujuan Anda Dalam Belajar

Investasi yang paling besar dalam bagi kehidupan manusia adalah belajar, maka dari pada itu kenali tujuan yang akan anda capai untuk masa depan anda.

Apa tujuan anda dalam belajar ? Mengetahui tujuan dalam belajar membawa pengaruh yang besar atas diri anda ketika ingin mencapai sesuatu. Apakah itu nilai yang baik dan prestasi yang tinggi misalnya.

Coba anda perhatikan ketika anda sedang olah raga seperti sepak bola. Anda akan sangat bersemangat dalam bermain dan dapat dukungan dari teman – teman tim dan superter anda, anda akan memberikan yang terbaik dan mengeluarkan segala kemampuan yang anda miliki.

Kenapa sedemikian semangatnya anda dalam hal ini ? jawabannya sudah pasti karena anda tau tujuannya dari perlombaan itu, “Jadi Pemenang”

Bahkan tujuan anda begitu kuat dan anda tidak pernah merasa lelah dalam sedikitpun dalam bertanding sampai permaian usai, dan anda begitu memanfaatkan detik demi detik yang tersisa.

Ini salah satu begitu kuatnya sebuah tujuan yang jelas. ketika anda tau tujuan belajar dalam mempersiapkan ujian maka anda tidak akan menyia – nyiakan waktu yang ada sebelum menghadapi ujian. pikiran anda akan terfokus bagaimana menghasilkan yang terbaik dalam ujian nanti.

Maka dari itu kenali tujuan anda sebelum atau akan belajar, dan buat tujuan yang jelas dan tulis tujuan tersebut ketika anda ingin belajar sesuatu.

 Sukai Pelajarannya dan Senangi Gurunya

Sukai Pelajarannya dan Senangi Gurunya
Sukai Pelajarannya dan Senangi Gurunya

Dalam belajar saya yakin dan saya juga yakin anda akan mengalami seperti yang saya alami, tidak semua pelajaran anda sukai, tidak semua guru anda senangi.

Pernahkah anda mendengar kalimat berikut ini “Jika pelajarannya susah sukai gurunya maka anda akan suka pelajarannya”

Jika anda bisa mengendalikan hal diatas maka akan sangat mudah ketika anda menghadapi pelajaran yang susah sekalipun dan anda akan terus mendengarkan guru anda menerangkan karena factor anda suka dengan cara guru anda menerangkan pelajaran.

Kenali Strategi Anda Dalam Belajar

Kenali Strategi Anda Dalam Belajar
Kenali Strategi Anda Dalam Belajar

Sebagai seorang pelajar anda harus pintar dan cerdas dalam mencari strategi belajar anda sendiri, setiap orang berbeda – beda cara memahami pelajarannya.

Apalagi ketika menghadapi ujian tentu anda harus mencoba beberapa strategi belajar yang tepat dalam mengulang pelajaran.

Bisa anda coba strategi berikut ini : belajar dengan cara menyendiri, belajar berkelompok, belajar dengan cara mendengarkan orang lain, belajar dengan menulis kembali ringkasan. Mungkin ada yang cocok dengan cara belajar anda.

          Strategi belajar yang tepat akan menjadikan sebuah solusi mengatasi rasa malas anda baik disekolah ataupun dirumah. Stretegi tersebut akan sangat bermanfaat dalam mengubah cara belajar anda.

Membuat Prioritas Dalam Belajar

Membuat Prioritas Dalam Belajar
Membuat Prioritas Dalam Belajar

Ada beberapa karakter manusia ketika menerima pelajaran dari gurunya;

Yang pertama adalah mereka langsung mengerti ketika guru menerangkannya didalam kelas, yang kedua adalah belum paham betul ketika diterangkan dan mengulang kembali pelajaran yang diberikan guru dirumah.

Dari hal diatas anda harus membuat prioritas belajar anda, apakah anda termasuk orang yang mudah menerima pelajaran dikelas dan serius ketika dikelas, atau anda orang yang biasa menulis pelajaran terlebih dahulu dan mengulang kembali dirumah pelajaran yang diberikan guru anda.

Kenali Waktu Belajar Yang Tepat

Kenali Waktu Belajar Yang Tepat
Kenali Waktu Belajar Yang Tepat

Waktu belajar yang tepat akan menghasilkan pemahaman yang baik dalam mengulang pelajaran.

Apalagi ketika akan menghadapi ujian anda akan sangat membutuhkan waktu yang tepat dalam mengulang pelajaran.

Ada beberapa waktu yang baik dalam mengulang pelajaran yang perlu anda coba, yang pertama pagi hari ketika subuh, kenapa pagi hari ? karena pagi hari kondisi pikiran kita sedang fress dan enak untuk belajar, malam hari atau sebelum tidur.

Namun perlu anda cermati juga, ketika malam hari jangan terlalu memaksakan belajar dengan waktu yang panjang karena akan membuang waktu anda dan waktu anda akan terbuang begitu banyak.

Kenali Lingkungan Yang Tepat Dalam Belajar

Lingkungan mendukung kegiatan
Lingkungan mendukung kegiatan

Lingkungan belajar salah satu peran penunjang keberhasilan dalam belajar, lingkungan yang mendukung dan suasana yang baik akan membuat nyaman dalam belajar.

Oleh sebeb rungan kelas yang rapih dan tertata baik akan menghasilkan suasanya yang nyaman dalam belajar.

Lingkungan orang – orang yang mendukung dalam belajar akan menjadikan pengaruh yang baik kepada orang – orang sekitarnya.

Lihat Info Darunnajah 9 : www.alhasanah.darunnajah.com

Pondok Pesantren Putri Al – Hasanah Darunnajah 9 adalah salah satu tempat belajar yang baik bagi putri anda dengan lingkungan yang asri dan islami menjadikan anak anda focus dan terarah dalam pendidikan.(Dn9/Julfadri)

 Daftar Online di sini !!!

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA).

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.