Menghadapi Ujian Sekolah Dengan Mudah

Menghadapi Ujian Sekolah Dengan Mudah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...

Ujian sekolah dengan mudah dan lancar adalah impian semua siswa/santri di seluruh penjuru dunia. Memang hal itu tidak mudah untuk dilakukan tanpa adanya keinginan atau niat serta usaha yang kuat. Kenapa demikian karena tanpa adanya keinginan dan niat yang kuat serta usaha yang keras seorang siswa ataupun santri tidak akan pernah berhasil didalam menghadapi ujian nya. Dengan Ujian kau termasuk orang yang mulya apakah dengan ujian kau termasuk orang yang hina. Do’a tanpa usaha itu kosong dan usaha tanpa do’a itu sombong, artinya ketika kita menginginkan kesuksesan dalam ujian maka kita harus mengimbangi keduanya. Do’a iya dan usaha pun iya. Jangan sampai kita hanya memilih salah satunya. 

Bagaimana Cara Usaha Kita Agar Mudah Menghadapi Ujian Sekolah?

Banyak hal ataupun usaha yang dapat kita lakukan agar kita mudah menghadapi ujian sekolah. Diantaranya adalah dengan belajar sungguh sungguh, masuk kelas lebih awal, melengkapi catatan catatan yang kosong, mengulang pelajaran, rajin membaca buku pelajaran, serta menanyakan pelajaran yang belum kita fahami. 

Selain dari hal diatas usaha yang dapat kita lakukan adalah menjaga kesehatan badan kita karena didalam akal yang sehat terdapat jiwa yang sehat, oleh karena itu agar kondisi fisik kita tetap sehat dan kuat didalam menghadapi ujian maka kita juga perlu yaitu melakukan hal agar kondisi fisik kita tetap stabil, dengan cara cara berikut : mengatur pola makan, makan makanan 4 sehat 5 sempurna dan tidur secukupnya. Mari kita simak penjabaran berikut :

  1. Sungguh Sungguh Dalam Belajar

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata mutiara yang satu ini “man jaddda wajada” artinya barang siapa yang bersungguh sungguh maka dapatlah ia. Yang tadinya kita ketika dikelas lebih banyak tidurnya maka rubahlah dan tinggalkanlah. Karena kita akan tertinggal oleh orang lain . 

  1. Masuk Kelas Lebih Awal

Bagi kalian yang masih suka terlambat mari kita rubah kebiasaan buruk tersebut, jangan sampai gurumu lebih dahulu datang masuk kelas daripada kita sebagai seorang sisiwa, karena kitalah yang harus datang terlebih dahulu karena kita yang lebih membutuhkan ilmu.

  1. Melengkapi Catatan Yang Kosong

Sakit, bulis, tidak ada angkot, izin pulang atau izin ada kepentingan keluarga memang terkadang kita sulit untuk dihindari, apabila kita sudah melakukan hal tersebut maka secara sadar kitapun mengetahui kalau kita  tertinggal materi pelajaran dikelas, maka mulai hari ini lengkapi catatan ataupun materi yang tertinggal, tanyakan kepada teman sekelasmu yang memang dia rajin masuk kelas.

  1. Rajin Membaca Buku Atau Mengulang Pelajaran

Tidak ada orang yang berpengetahuan luas tanpa didahului dengan membaca. Membaca adalah hal yang paling membosankan untuk sebagian orang, maka mulailah kamu membaca dari hal yang terkecil dahulu, membaca buku pelajaran yang kamu sukai dahulu, lalu lanjutkan dengan pelan pelan membaca buku yang memang menurut kamu sulit difahami. Karena dari membaca otomatis kamu akan mulai mengulang dan terus mengulang materi pelajaran yang telah kamu pelajari. 

  1. Menanyakan Hal Yang Belum Kita Fahami

Ada pepatah mengatakan “Malu Bertanya Sesat Dijalan”, nah sesuai dengan pepatah tersebut apabila kita malu bertanya maka kita akan tersesat. Sama hal nya kamu jika kamu ketika dikelas belum terlalu faham dengan penjelasan gurumu maka, tanyakan kembali, karena dengan banyak bertanya pengetahuan dan wawasanmu akan terus bertambah. 

  1. Mengatur Pola Makan

Artinya kita harus mengatur pola makan kita jangan samppai kita belajar terus terusan akan tetapi perut kita dalam keadaan kosong, ingat ini jangan pernah kita lakukan, karena kalau sampai ini terjai yang ada kita akan sakit dan malah mengganggu kelancar ujian kita. 

Loading...
  1. Makan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tentunya kita sudah mengetahui makan makanan 4 sehat 5 sempurna seperti, sayuran, buah-buahan, dan ikan. Minimal kita makan makanan yang memang membuat kita tetap terjaga kesehatannya apabila memang kita sulit untuk mendapatkan makan tersebut. Minimal makan sayuran, buah buahan ataupun ikan. 

  1. Tidur Teratur

Ketika kita belajar kadang kita lupa tidur dengan alasan kita harus banyak belajar, justru yang orang sering salah faham adalah belajar sampai larut malam, hati hati justru dengan kita belajar sampai larut malam, angin malam akan menghampiri kita, sehingga kita bisa masuk angin dan terjatuh sakit. minimal kita tidur 4 sampai 5 jam sehari. 

Lalu Do’a Yang Seperti Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Kita memang hanya manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan dosa, maka kita harus terus meminta kepada allah swt agar segala dosa dosa dan kesalahan kita diampuni oleh allah swt, ingat alah swt paling senang ketika kita meminta kepadanya, kita memang kadang tidak sadar denga sifat allah swt yang maha pengasih lagi maha penyayang, allah swt tidak diminta saja memberikan apa yang kita butuhkan apalagi jika kita meminta dan berharap kepadanya, maha suci allah dengan segala kekuasaannya.

Ujian
Pondok Pesantren Darunnajah Cipining

Selain kita berdo’a kepada allah swt terlebih dahulu kita membersihkan segala kesalahan yang ada dalam diri kita, dengan cara cara sebagai berikut :

  1. hendaknya kita memohon maaf serta meminta do’a restu untuk kelancaran dan kemudahan ujian kita, yaitukepada sesama kita, kedua orangtua ataupun keluarga, sahabat, teman, dan guru kita yang ada disekolah ataupun di pesantren.
  2. rajin beribadah kepadanya. Ibadah tidak hanya melulu dengan shalat, masih banyak lagi ibadah ibadah lain yang harus kita lakukan seperti : shadaqah, membaca al-qur’an, menolong sesama, dll

Lalu Hal Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Kita Merasa Telah Melakukan Keduanya ?

Setelah kita merasa bahwa kita sudah melakukannya keduanya dengan seimbang maka jangan pernah kita berhenti sampai disitu saja, jangan pernah puas sampe disitu saja, tapi kita harus terus dan terus berdo’a dan berusaha, yakinlah Allah SWT tidak tidur, yakinlah Allah SWT tidak buta, yakinlah bahwa Allah SWT akan menunjukan jalan bagi hambanya. Dan yakinlah Allah SWT akan membalas atas apa yang pernah kita lakukan, yakinlah bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha usaha yang telah kita lakukan.

Kegiatan Belajar Malam Santri Darunnajah Cipining

Hal hal diatas tentunya tidaklah sulit untuk kita memperaktekannya. Terutama santri pondok pesantren darunnajah 2 cipining, terutama masa masa ujian ghiroh ibadah semakin meningkat karena adanya ujian ini, karena ujian adalah menentukan kualitas saantri tersebut, mari kita lakukan bersama-sama secara pelan pelan, semoga kita diberikan kemudahan, kelancaran, serta kesuksesan didalam menghadapi ujian sekolah. Serta kita dijadikan santri yang istiqomah bersungguh sungguh dalam menimba ilmu di Pesantren. Aamiin.

(WARDAN/Anjaludin)

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya