Alhamdulillah, di usia Darunnajah 2 Cipining Yang sudah menginjak 30 Tahun, Darunnajah 2 Cipining mengadakan workshop Sablon untuk meningkatkan spirit dan kualitas santri dalam bidang Kesenian.

Tepatnya tanggal 12 Oktober 2018, Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining telah meresmikan Estrakulikuler Sablon atau DASCO ( Darunnajah Screen Community ), di bawah Naungan Bagian Kesenian OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) masa bakti 2017-2018.

Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
seminar & pelatihan sablon
- Advertisement-

Pada awal mula terbentuknya DASCO ( Darunnajah Screen Community ) di awali dengan adanya seminar dan pelatihan sablon, yang di narasumberi oleh Ust. Abdul Rahman Faqih, beliau lulusan dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor, yang terjun ke bidang dunia Sablon.

Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
pemberian kenang-kenangan

Lalu beliau menyampaikan ilmu ini ke santri Darunnajah 2 Cipining, dengan harapan agar santri bisa menjadi orang yang Kreatif dan Inovatif.

Setelah adanya seminar dan pelatihan sablon ini, maka terbentuknya komunitas sablon, yaitu DASCO ( Darunnajah Screen Community ).

Dengan adanya estrakulikuler sablon ini, para santri banyak yang berminat untuk mengikuti eskul ini. Para anggota eskul ini diajarkan banyak berbagai macam ilmu menyablon, diantaranya adalah :

-Teknik Design & pisah warna

– Tehnik Pembuatan Film / Master jenis repro & kertas.

– Tehnik Afdruk jenis sablon block & Sparasi

– Tehnik Sablon menggunakan papan banting,

meja sablon single presisi, dan meja sablon Rel.

– Tehnik Sablon 2 & 3 warna (masukan).

– Tehnik Sablon Foaming (Timbul)

– Tehnik Sablon Gradasi.

– Tehnik Sablon Discharge (cabut warna).

– Tehnik Sablon Sparasi CMYK.

– Tehnik Sablon Tinta Emas / Silver

– Tehnik Sablon Glow In The Dark

– Tehnik Sablon Plastisol Kilap / Doff

– Tehnik Sablon Raster 1 warna.

– Tehnik Sablon Spot Color.

– Dll.

Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
proses pengafdrukan
Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
Proses pengeringan afdruk
Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
proses pembuatan film screen menggunakan kertas HVS/minyak, selanjutnya screen di sinarkan oleh cahaya neon atau pun bisa dengan cahaya matahari

 

Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
proses pengecatan menggunakan rakel
Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
proses pengeringan cat menggunakan hot gun
Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
proses finishing menggunakan mesin press dan kertas transfer

Anggota DASCO ( Darunnajah Screen Community ) sangat bersemangat dalam mempelajari ilmu sablon ini, karna ilmu sablon ini sangat jarang dan sulit ditemukan di pesantren atau pun sekolahan lain.

Penjelasan Singkat Tentang Sablon

Sablon adalah teknik mencetak di macam-macam media seperti kaos, plastik, gelas, kayu, kertas, dan lain-lain.

Yang kita bahas kali ini adalah sablon kaos.

Didalam metode sablon ini terdapat 2 macam jenis sablon, yaitu Sablon Digital dan Sablon Manual. Sablon Digital Menggunakan mesin printing DGT, sedangkan sablon manual menggunakan screen dan cat berbasis air ( Water based ) atau pun cat berbasis minyak ( Oil based ).

Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
mesin printer DGT
Mengenal Lebih Dalam, Dunia Sablon Darunnajah 2 Cipining
peralatan sablon manual

Dalam metode sablon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya adalah :

  • Sablon manual akan membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan sablon printing, karna yang terlama adalah dalam pembuatan screen film.
  • Media cetak yang digunakan untuk sablon manual berupa Kertas HVS untuk membuat pola pada screen sablon, sedangkan sablon digital tidak perlu menggunakan media cetak, karna kaos poloslah yang menjadi media cetaknya.
  • Pada sablon manual umumnya menggunakan alat seperti sablon frame presisi, rakel, papan untuk kaos, hot gun, hairdyer, semprotan air, dll. Sedangkan sablon printing biasanya menggunakan alat seperti Printer DGT, komputer, mesin press (optional), kompresor (optiomal).
  • Tidak ada jaminan sablon printing DGT menghasilkan kualitas yang bagus di bandingkan dengan proses manual, atau pun sebaliknya proses manual akan menghasilkan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan printing DGT. Kualitas akan bergantung pada mutu kertas transfer yang digunakan oleh sablon digital dan mutu pun akan bergantung pada kualitas cat atau tinta yang digunakan oleh sablon manual.

Sablon juga memiliki berbagai macam jenis, diantaranya adalah :

  1. Sablon Rubber, biasa juga disebut dengan sablon karet.
  2. Sablon Pigmen, hasil sablon ini akan menyerap ke bahan, sehingga akan terlihat bagus.
  3. Sablon Plastisol, hasil sablon ini mempunyai daya rekat yang baik.
  4. Sablon Foam, Sablon ini juga biasa disebut sablon 3D.
  5. Sablon Glow In The Dark, sablon ini bisa bersinar di tempat gelap, dalam proses pembuatannya menggunakan campuran fosfor.
  6. Sablon Flocking, biasa juga disebut dengan sablon bludru, karna hasil akhirnya akan timbul dengan bulu-bulu yang halus.
  7. Sablon Discharge, sablon ini bisa merubah serat kain, beda halnya dengan sablon Rubber yang hanya menutupi permukaan kain.
  8. Sablon Foil, sablon ini akan menghasilkan sablon yang mengkilat, karna menggunakan lapisan kertas logam yang direkatkan oleh perekat khusus.
  9. Sablon Super White, sablon ini juga mampu meresap ke kain, bedanya sifatnya akan lebih transparan.
  10. Sablon Glitter, sablon ini bisa menghasilkan kelap-kelip, hologram, metalik dan pelangi.

Demikian pembahasan tentang dunia sablon…

Selain itu ada juga lohh… KOMUNITAS KALIGRAFI DARUNNAJAH 2 CIPINING

(Radar_02)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.