Mengenal Diri Sendiri

Mengenal Diri Sendiri Itu Suatu Keharusan
Mengenal Diri Sendiri Itu Suatu Keharusan

Mengenal diri sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang juga sulit dilakukan, dan satu-satunya orang yang bisa mengenali diri kita tentu hanya diri kita sendiri.

Semua orang sukses pasti mengerti siapa diri mereka, Bill Gates pernah berkata:

“ The only thing I understand deeply, because in my teens I was thingking about it, and every year of my life, is software. So, I’ll never be hands-on on anything except software.”

Apakah hidup anda dipenuhi dengan rasa pesimis? Penuh dengan kekecewaan? Tdak percaya diri? Dan depresi karena dihantui oleh perasaan dari masa lalu ? sudahi saja perasaan-perasaan negative itu dan mulailah mengenal diri kita sendiri .

Hargai Diri Sendiri Sambil Melihat Cermin

Percaya Diri Datang Pada Diri Sendiri
Percaya Diri Datang Pada Diri Sendiri

Apa yang kita lihat jika kita melihat diri sendiri di depan cermin? Jika kita melihat ada sesuatu yang kita tidak suka, jelas kita tidak mau melihatnya dengan cara yang positif. Kita harus selalu mengingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang memiliki kelemahan, dan sebab itulah mereka bangkit dari ketidaksempurnaan itu, yang bisa ditutupi dengan prestasi yang lain. Karena Allah menciptakan manusia dengan kelebihan mereka yang berbeda-beda begitupun dengan kekurangannya masing-masing. Yang harus kita lakukan ialah bangkit dari kekurangan tersebut.

Berhentilah Menilai Setiap Tindakan Yang Kita Lakukan

Semua Masalah Akan Selesai Dengan Percaya Pada Diri Sendiri
Semua Masalah Akan Selesai Dengan Percaya Pada Diri Sendiri

Apakah kita mudah menilai tindakan kita setelah kita melakukan sesuatu hal? Jika kita sering melakukannya, kita mungkin terlalu keras terhadap diri kita sendiri. Jadilah percaya diri dari tindakan dan insting kita. Sehingga kita tidak perlu menyesali setiap keputusan yang sudah kita buat dalam kehidupan sehari-hari kita. Biasakan mengintrospeksi keputusan penting dalam hidup kita, tetapi jangan suka menilai semua tindakan kita terus-menerus, karena itu akan menyebabkan ketidak yakinan pada diri kita sendiri.

Jangan Minder Karena Penilaian Orang Lain

Tunjukan Bahwa Dirimu Lebih Hebat Dari Orang Yang Hanya Mentertawakanmu
Tunjukan Bahwa Dirimu Lebih Hebat Dari Orang Yang Hanya Mentertawakanmu

Bagaimana perasaan kita jika ditertawakan seseorang terkait pekerjaan atau kebiasaan kita? Jika kita merasa tertekan dan langsung mencoba untuk memperbaiki kebiasaan itu, kita tidak akan melakukan hal yang benar. Orang lain akan tetap meremehkan kita karena mereka tidak memiliki hal yang lebih baik untuk dikatakan. Jika kita ingin benar-benar mencintai diri sendiri, kita harus lebih percaya pada diri sendiri dan tidak membiarkan apa yang dikatakan orang lain mempengaruhi kepribadian kita. Berhentilah minder karena dinilai orang lain.

Berhenti Mencari Kesalahan Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri Akan Lebih Indah Dibandingkan Menjadi Orang Lain
Menjadi Diri Sendiri Akan Lebih Indah Dibandingkan Menjadi Orang Lain

Jika kita ingin mengenali diri sendiri, kita harus berhenti mencari kesalahan-kesalahan pada diri kita sendiri. Mampu membenahi kesalahan diri sendiri adalah kebajikan yang luar biasa, tetapi jika kita mulai mencari kesalahan diri kita tanpa alasan apapun, itu sudah berlebihan. Mencari-cari kesalahan hanya akan membuat kita tidak percaya diri dan akhirnya akan menurunkan nilai diri kita.

Lupakan Kenangan Buruk Dari Masa Lalu Kita
Lupakanlah Masa Lalumu Lihatlah Masa Depanmu
Lupakanlah Masa Lalumu Lihatlah Masa Depanmu

Untuk menumbuhkan rasa mencintai diri sendiri, perlu usaha untuk melupakan kenangan buruk di masa lalu kita. Entah itu perpisahan, pengkhianatan atau kecurangan, kita harus belajar untuk tidak mengingat kembali kenangan negatif. Kita tidak akan pernah merasa bahagia dan merasa baik pada diri kita jika kita terus-menerus berfikir tentang pengalaman pahit dan kekecewaan yang pernah terjadi dalam hidup kita.

Jangan Mencoba Untuk Mengubah Diri Sendiri
Kesuksesan Akan Datang Jika Kita Percaya Pada Diri Sendiri
Kesuksesan Akan Datang Jika Kita Percaya Pada Diri Sendiri

Mau menerima diri sendiri adalah langkah pertama dalam mencintai diri sendiri tanpa syarat apapun. Mencoba melawan diri sendiri untuk mengubah kepribadian, kebiasaan dan pilihan kita tidak akan memiliki efek positif pada kesadaran kita. Sebaliknya, terimalah siapa diri kita dan belajarlah untuk mencintai diri sendiri.

Menghargai Keterampilan Dan Bakat Kita

 

Dengan Keterampilan Yang Terlatih Kita Akan Lebih Mengenal Siapa Diri Kita Sebenarnya
Dengan Keterampilan Yang Terlatih Kita Akan Lebih Mengenal Siapa Diri Kita Sebenarnya

Apakah kalian seorang programer yang handal? Apakah kalian seorang penulis yang berbakat? Apakah kalian pandai dalam bidang matematika? Tanyakan pada diri anda masing-masing pertanyaan tersebut dan identifikasi keahlian kalian masing-masing. Cobalah menghargai keahlian kita dibidang tertentu dan jadilah bangga dengan diri sendiri. Hal ini akan meningkatkan kualitas diri kita sendiri.

Lakukanlah Hal-hal Yang Kita Sukai
Dengan Percaya Diri Sendiri Akan Menimbulkan Hal Positif
Dengan Percaya Diri Sendiri Akan Menimbulkan Hal Positif

Ambil buku catatan dan buatlah daftar singkat dari hal-hal yang kita sukai. Ada beberapa banyak dari hal-hal ini yang sudah benar-benar kita lakukan? Jika kita tidak punya waktu untuk melakukannya karena waktu kita tersita pekerjaan, kita perlu kembali menilai prioritas kita. Pastikan kita selalu senang melakukan pekerjaan yang kita terima dari siapa pun itu atau pun dari planning kita sendiri.

Imam Al-Ghazali Dan Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
Barang Siapa Yang Mengenali Dirinya Maka Dia Mengenali Tuhannya
Barang Siapa Yang Mengenali Dirinya Maka Dia Mengenali Tuhannya

Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa mengenal diri sendiri adalah kunci untuk mengenal Allah SWT. Logikanya sederhana : diri sendiri adalah hal yang paling dekat dengan kita, bila kita tidak mengenal diri sendiri, lantas bagaimana kita bisa mengenali Allah SWT ? Imam Al-Ghazali juga mengutip hadits Rasulullah SAW : “ Barang siapa mengenal dirinya, ia mengenal Tuhannya.”

Tentu saja yang dimaksud Imam Al-Ghazali disini lebih dari sekedar pengenalan diri secara lahiriah: seberapa besar diri kita, seperti apa wajah kita atau sejenisnya. Bukan pula seperti jabatan, status sosial, tingkat ekonomi, prestasi dan lain-lain.

Disini kita diajarkan untuk memilah, mana yang bersifat hakiki(sebenarnya) dalam diri kita dan mana yang tidak.

Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa diri manusia layaknya sebuah kerajaan yang terbagi dalam empat struktur pokok: jiwa sebagai raja, akal sebagai perdana menteri, syahwat sebagai pengumpul pajak, dan amarah sebagai polisi.

Semoga kita termasuk orang-orang yang lebih banyak belajar mengenali diri sendiri daripada menilai diri orang lain, untuk menggapai kebahagiaan yang sebenarnya.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.