“Mengapa Harus Belajar?”

Suatu pertanyaan besar yang mungkin pada saat ini anak-anak kecil dengan polosnya mereka akan bertanya seperti itu.

Mengapa Harus Belajar?
Mengapa Harus Belajar?

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.[1] Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. (wikipedia)

Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat dan motivasi untuk menuntut ilmu agama.

Dalam agama Islam, kita harus melakukan proses ini. Menuntut ilmu, merupakan kewajiban yang mutlak dengan posisi kita sebagai ummat muslim.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. 

(HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Dari hadist tersebut, rupanya menuntut ilmu adalah suatu tuntutan akan kehadiran waktu yang akan datang. Sudah nampak pula, saat ini perkembangan zaman yang kian pesat menggunakan teknologi yang serba modern.

Lalu, apakah kita akan dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut tanpa pembelajaran? Tentu tidak, apabia seperti itu. Kita harus belajar untuk mengejar ketertiggalan kita dari bangsa non-muslim.

Untuk karena itu, Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 menerapkan kegiatan belajar mengajar untuk memfalitasi para santri untuk menuntut ilmu.

Selama kegiatan belajar mengajar tersebut, para santri diajarkan tentang ilmu-ilmu dunia dan agama. hal ini dilakukan agar persiapan para santri untuk menghadapi masa depan menjadi semakin matang.

Agar menjadi santri yang aktif dan kreatif, kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom tak hanya sekedar pemberian materi. Namun juga menerapkan tes mental atau praktek yang dituangkan pada kegiatan sehari-hari.

Dengan hal-hal tersebut mereka akan menikmati proses pembelajaran selama bersekolah di Pondok Pesantren.

info pendaftaran santri baru: Ust. M. Ibnu Muzakir (0857 7775 2945)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren An-Nur menyiapkan kader pemimpin agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Pondok Annur Darunnajah 8 Cidokom berada di Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Pesantren Annur menyelenggarakan program pendidikan SMP, SMA, MTs (Tsanawiyah) dan MA (Aliyah). Annur menyediakan beasiswa untuk para santri berprestasi.

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Annur Darunnajah 8 dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, perkantoran, laboratorium, dll.