Untuk memajukan umat atau diri sendiri itu perlu ada musuh bersama dalam kehidupan ini agar kita bangkit bersatu.

Samsung Korea Selatan saat ini merajai dunia, dulu Sony Jepang yang merajai dunia.

Korea Selatan pada tahun 80 an mirip kondisi ekonominya dengan negara-negara di lainnya. Tapi mereka pada waktu itu punya komitmen mengalahkan ekonomi Jepang. Karena Jepang adalah negara kaya. Dengan doktrinya konghucu. “bahwa orang miskin itu tidak lebih mulia dari orang kaya”. Artinya mereka terus berusaha dan bersungguh-sunggu untuk mengalahkan Jepang dalam bidang ekonomi.  Dalam kurun waktu 20 tahun jepang mereka kalahkan. Apa lagi Amerika kalah dengan samsungnya. Sekarang itu Negara korea bisa dibilang Negara kaya, sama dengan Negara Jepang.

Nah sekarang umat islam ini atau kita ini memiliki musuh bersama. Kalo kita mau maju kita harus punya musuh, jadi kalau kita mau bergerak harus ada sesuatu yang kita musuhi yang membuat kita bergerak dan itu adalah target kita. Sekerang kendala dalam umat islam ini, atau yang menjadi musuh bagi kita bersama adalah. Kesenjangan, ketertinggalan, kemiskin, ketidak pedulian dan kemalasan dan kebodohan inilah musuh yang kita bersama. Kemiskinan itu identik dengan kebodohan, gak jauh-jauhlah, saudaraan itu. Maka seseorang itu kalau mau jadi orang kaya maka harus pintar. Kata kuncinya “kaya ya pintar”. Pintar itu tidak mesti S3. Orang kaya adalah orang pintar, orang cerdik, dia sungguh-sungguh, sedangkan orang miskin identik dengan kebodohan, kemalasan, orang yang tidak peduli.

Sekarang apa yang harus kita lakukan, harus kita lakukan sebagai umat islam, mau tidak mau kita harus memiliki proses pendidikan yang setinggi-tingginya. Kalau kita lihat dari  kaca mata pendidikan, “Semakin tinggi pendidikan semakin tinggi pendapatan”. Kalau anda tidak percaya anda catat itu, anda buktikan sendiri setelah 10 atau 20 tahun yang akan datang. Itu kata kunci dalam dunia pendidikan. Kalau anda pengen jadi orang kaya maka anda harus berpendidikan. Karena pendidikan itu bukan hanya membaca tafsir membaca hadist membaca fisika membaca kimia ataupun matematika bukan hanya sebatas itu pendidikan yang sebenarnya yaitu mampu membuat anda bekerja dengan sungguh-sungguh.

Anda harus ingat kebodohan tidak bisa diselesaikan dikelas. Kebodohan tidak bisa diselesaikan dengan sekolah sampai S3, Doktor bodoh juga banyak yang bodoh, maksudnya “benar dia seorang doktor tapi ketika buka usaha selalu bangrut”. Dan pendidikan ini adalah politik tertinggi,  dengan pendidikan meninggkatkan kuliatas diri anda dengan berbagai proses pendidikan termasuk dengan pelatihan seperti sekarang ini. Tapi yang namanya kepintaran di website dan banyak pengunjung diwebsite tidak semerta-merta dapat diselesaikan dengan pelatihan website. Coba saja anda hanya melihat leptop setiap harinya tidak akan  selesai tugas-tugas anda!… Walaupun anda ikut pelatihan setiap bulan tapi dalam diri anda tidak ada kemauan, maka tugas yang diberikan tidak akan selesai.

Oleh: Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si. (Pembukaan Pelatihan Admin Web Darunnajah.co)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Darunnajah Charity adalah lembaga Darunnajah yang fokus di bidang sosial dan kemasyarakatan. Darunnajah Charity menerima donasi dalam berbagai bentuk, baik zakat, infaq, shadaqah, wakaf ataupun lainnya. Darunnajah Charity memiliki banyak program sosial kemasyarakatan. Diantaranya; Beasiswa dhuafa, panti asuhan, bakti sosial, posko bencana alam, dll. Lembaga ini juga melibatkan santri dalam kegiatannya sehingga santri dapat belajar peduli dengan sesama dan indahnya berbagi. Banyak sekali santri, warga, korban bencana dan pihak-pihak lain yang merasa terbantu dengan adanya lembaga Darunnajah Charity.