Cara Membangun Karakter Pada Usia Dini

Pembentukan Karakter Pada Usia Dini

 

Karakter berasal dari kata yunani charassein yang berarti mengukir sehingga terbentuk suatu pola artinya memiliki karakter yang baik adalah tidak secara otomatis dimiliki oleh setiap manusia begitu ia dilahirkan harus memerlukan proses yang panjang yaitu melalui pengasuhan dan pendidikan. Anak akan tumbuh dengan pribadi yang berkarakter apabila ia di lahirkan di likungan yang berkarakter. ini memerlukan peran serta semua pihak keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang ada dalam masyarakat, Oleh karena itu pendidikan karakter disekolah terutama usia TK dan SD juga perlu dilakukan tentunya sesuai dengan tahap perkembangan umur anak.

Membangun karakter ibarat mengukir. Sifat ukiran adalah melekat kuat di atas benda yang diukir, tidak mudah usang tertelan waktu atau aus karena gesekan. Menghilangkan ukiran sama saja dengan menghilangkan benda yang diukir itu, karena ukiran melekat dan menyatu dengan bendanya. Demikian juga dengan karakter yang merupakan sebuah pola, baik itu pikiran, perasaan, sikap, maupun tindakan, yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan.

Usia dini merupakan masa kritis Konsisten bentukan kepribadian seseorang, penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak-anak, adalah kunci utama membangun bangsa.

Karakter Pada usia Dini
Karakter Pada usia Dini

Orang tua adalah oarang yang pertama kali yang bertanggung jawab terhadap keadaan anak, begitu juga dalam membangun karakter anak. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itu dalam membangun dan membentuk karakter anak, orang tua juga harus memiliki kepribadian dan prilaku yang baik, mulai dari cara kita berbicara sampai tingkah laku yang baik pula, dan orang tua harus menerapkan semua itu di hadapan anak atau di belakang anak. Jika perilaku dan kepribadian oarang tua tidak baik maka, akan berpengaruh kepada anak.

oleh karena itu orang tua lah yang paling bertanggung jawab atas bimibingan bagaimana pembentukan buah hatinya, untuk pembentukan karakter ini harus dengan bimbingan orang tua dan di bantu dengan guru di lingkungan sekolah, karena tidak akan mungkin jika anak usia dini hanya di bimbing di lingkungan rumah saja, di sekolah juga perlu, Karna di sekolah banyak di ajarkan tentang karakter yg baik, contohnya di TK Islam Darunnajah, anak didik di usia dini ini mereka ajarkan tentang tata krama, sopan santun, saling mambantu, dan banyak lagi contoh lainnya.

Bagaimana cara membangun karakter anak sejak usia dini?

Cara Membangun Kepribadian Pada Usia Dini

Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (triangle relationship), yaitu hubungan dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar), dan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa (spiritual). Di bawah ini akan di jelaskan bagaiman cara untuuk Membentuk Karakter Pada Usia Dini.

10 Cara Membentuk Karakter Pada Usia Dini

Cara Membentuk Kepribadian Pada Usia Dini

  1. Bersikap Konsisten

Ketika kita menjadi orang tua dan anak cenderung melihat apa yang kita lakukan, pembangunan karakter bisa di mulai dari sikap konsisten yang kita tunjukan dan lakukan.

  1. Pendidikan Keagamaan

Nilai Keagamaan
Nilai Keagamaan

Pendidikan keagamaan adalah salah satu bentuk karakter pada usia dini, dimana peran orang tua harus mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk beribadah.

  1. Input yang Diterima

Kebiasaan merupakan hal yang paling dianggap sepele padahal penting dan juga riskan, dimana anda harus tahu bahwa anak yang sudah dididik sejak kecil dengan kebiasaan yang baik, ketika besar mereka akan terbiasa dengan pendidikan tersebut.

  1. Anak adalah Peniru yang Baik

memahami anak adalah seorang ahli peniru. Ketika kita mendidik  anak sejak usia dini, secara tidak langsung kita mengintropeksi sikap dan perilaku kita kembali. Karena anak-anak sangat mudah belajar dan juga meniru. Apa yang mereka lihat maka akan ditiru tanpa tahu baik atau buruk.

  1. Tidak Memanjakan

Jangan terlalu memanjakan keinginan anak, mereka yang hanya tahu merengek dan terkabul keinginannya akan menjadi karakter yang lemah, cepat putus asa, dan memiliki ego yang besar. Cobalah untuk memikirkan jangka panjang akan sikap dan sifat mereka, jangan selalu biasakan untuk memberikan mainan atau apa yang mereka inginkan.

  1. Lakukan Hal Kecil

Tahukah anda bahwa hal kecil bagi anda belum tentu kecil bagi mereka. Layaknya terbiasa mengatakan hallo, terima kasih dan maaf merupakan cara sederhana untuk membentuk karakter sejak dini.

  1. Berbagi itu Penting

Kita harus mengajarkan bagaimana pentingnya berbagi kepada orang yang tidak mampu, jika kita mengajarkan mereka pada usia dini maka anak akan menjadi terbiasa untuk berbagi.

  1. Katakan Salah Jika Memang Salah

Ketika mereka salah dan kita tetap membelanya, hal tersebut akan memberikan efek negatif pada anak yang cenderung membenarkan sesuatu yang salah bahkan setelah ia mulai bersosialisasi di masyarakat.

  1. Tumbuhkan Rasa ingin Tahu Pada Anak

Agar anak kita bisa tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas dan jenius maka sejak dini kita harus memancing rasa ingin tahu anak. Hal tersebut bisa terbukti dengan seringnya sebagai anak bertanya dengan orang tua.

  1. Ajarkan Anak untuk Belajar Sederhana

Mengajarkan Hidup Sederhan
Mengajarkan Hidup Sederhan

Kesederhanaan akan menghindarkan anak dari sikap sombong dan angkuh selain itu anak akan belajar untuk menghargai apa yang dia miliki. Kesederhanaan bisa diajarkan kepada anak dengan cara tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan sesuatu atau memakai sesuatu, mengajarkan kepada anak untuk lebih mengutamakan hal yang dibutuhkan dari hal yang diinginkan, mengajarkan anak untuk tampil sederhana.

Kelompok Toddler Darunnajah Menganal Bentuk Dengan Mencocokan Balok Pada Gambar


Pelatihan Praktek Shalat

TK Islam Terbaik Di Jakarta Selatan

Kunjungi Facebook TK Darunnajah

 

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.