Manfaat Shalat bagi Tubuh terlahir dari gerakan-gerakan yang dilakukan seseorang yang melaksanakan Shalat. Mulai dari mengangkat kedua tangan, ruku, sujud, duduk, berdiri, salam dan sebagainya. Gerakan-gerakan ini banyak yang mirip dengan latihan olahraga atau terapi yang disarankan oleh para dokter untuk dilakukan setiap orang, khususnya orang-orang yang sakit. Hal ini disebabkan, mereka betul-betul memahami urgensi dan manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Masjid Pesantren
Masjid Pesantren

Shalat merupakan gizi utama bagi tubuh dan akal secara bersamaan. Amalan ini dapat memberikan suplay energi dan kekuatan yang dibutuhkan manusia dalam melaksanakan berbagai tugas dan kewajibannya. Selain itu, shalat juga berfungsi sebagai tameng pelindung dan obat.

Berbagai manfaat dapat diperoleh manusia dengan cara menjaga shalatnya. Dengan demikian, ia tidak perlu lagi berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan berbagai terapi karena ia sebenarnya telah melakukannya. Karena terapi yang disarankan tersebut serupa dengan gerakan-gerakan shalat.

Diantara manfaat shalat untuk tubuh bagi semua golongan manusia adalah sebagai berikut;

  1. Memperlancar tugas jantung
  2. Memperluas pembuluh arteri dan vena serta mengaktifkan sel-sel tubuh
  3. Memperlancar alat pencernaan dan mengatasi penyakit sembelit
  4. Menghilangkan gangguan syaraf dan susah tidur malam
  5. Menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit yang menyerang antibody dan peradangan pada persendian
  6. Menguatkan otot dan menambah kelenturan sendi-sendi
  7. Menghilangkan kejang-kejang dan mengeringnya cairan pada otot-otot dan persendian, serta menguatkan ikatan persendian tulang belakang dan menambah kelenturannya.
  8. Menguatkan seluruh tubuh dan membebaskannya dari kerapuhan
  9. Melatih kelincahan tubuh dan akal yang jenius
  10. Meningkatkan stamina dan semangat
  11. Memperbaiki kekurangan dan kerusakan jaringan tubuh, serta menghindarkan dari penyakit
  12. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  13. Menumbuhkan sifat-sifat pribadi yang ideal, seperti berani dan tangguh
  14. Mengajarkan budi pekerti yang luhur, seperti disiplin, tolong menolong, jujur, ikhlas dan semisalnya
  15. Bagi para olahragawan, shalat merupakan dasar pemanasan yang paling utama untuk mempersiapkan tubuh secara umum. Shalat banyak memberikan andil dalam proses menyiapkan tubuh dan kejiwaan untuk para pemain supaya lebih bersemangat, khususnya sebelum bertanding
  16. Shalat merupakan energi cadangan untuk mengganti kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan kepenatan jasad karena tugas dan pekerjaan. Sebagaimana ia juga membantu proses pertumbuhan yang seimbang gterhadap seluruh bagian tubuh. Selain itu juga sebagai sarana untuk istirahat yang positif dan memelihara kesehatan

Sesungguhnya shalat membantu kelenturan semua persendian tubuh manusia sehingga mampu bergerak dengan mudah tanpa bersusah payah, baik sendi yang kecil maupun yang besar. Disamping itu, ia juga menjamin gerakan tersebut dapat terlaksana dengan baik disertai dengan terus melatih kekuatannya sehingga mampu menanggung tekanan otot setiap hari. Gerakan iman dan ibadah akan menjaga fleksibilitas otot-otot dan kesehatan jaringan secara berkesinambungan.

Disamping itu, shalat juga mengencangkan otot-otot punggung dan otot-otot perut, sehingga dapat menghindarkan manusia dari pemekaran pada bagian perut atau pengerasan dan pembengkokan pada punggung. Gerakan-gerakan shalat juga dapat menyinergikan kantong-kantong darah yang menyuplai nutrisi ke jaringan otak, sehingga memungkinkannnya untuk melaksanakan tugas-tugasnya secara sempurna. Khususnya, ketika seseorang memasuki usia lanjut.

Shalat dapat membantu manusia untuk membiasakan diri dengan gerakan-gerakan yang bersifat spontanitas yang ia lakukan. Sebagaimana hal ini bisa terjadi ketika seseorang berdiri secara tiba-tiba setelah lama duduk, yang terkadnag hal ini membuat tekanan darahnya menurun. Bahkan terkadang bisa membuatnya pingsan. Sedanghkan orang-orang yang senantiasa melaksanakan shalat, jarang sekali mengalami gangguan seperti ini. Demikian pula halnya dengan keluhan rasa mual dan sakit kepala.

Shalat juga sebagai sarana menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah, serta menjaga kesehatan paru-paru. Karena, gerakan-gerakan iman ketika shalat mengharuskan orang yang shalat mengikuti irama detak jantungnya ketika melakukan pernafasan. Sehingga hal ini akan membantu lancarnya peredaran oksigen yang masuk ke paru-paru. Dengan demikian, kedua paru-paru akan terpelihara setiap hari sehingga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

Shalat juga merupakan unsur pemberi kekuatan dan ketenangan pada urat syaraf. Ia membekali orang yang shalat dengan kemampuan untuk menguasai dan memerdekakan emosinya, sehingga mampu menghadapi kondisi dan situasi yang sulit dengan pikiran yang jernih dan tenang. Disamping itu, shalat juga sebagai pemandu untuk meraih tujuan dan target dengan penuh kesabaran dan kegigihan.

Hikmah dan manfaat diatas dapat dirasakan oleh semua golongan manusia, laki-laki, perempuan, orang tua, pemuda, maupun anak-anak. Sungguh ini adalah faedah yang sangat agung bagi pelaku shalat yang dapat dirasakan jiwa dan raganya. Ditambah lagi manfaat dan ganjaran besar yang dijanjikan Allah untuknya kelak di hari kiamat.

[WARDAN/@abuadara]________________

Disampaikan pada talim Bakda Shalat Isya di Masjid Jamik Pesantren Darunnajah Cipining oleh Santri Kelas 6 TMI. Hari Sabtu 2 Maret 2013.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.