belajar bersamaDarunnajah.com Belajar bersama sudah menjadi rutinitas bagi santri Darunnajah 2 Cipining dalam mendalami pelajaran yang didapat di kelas. Belajar sendiri dengan belajar bersama pastinya berbeda, seperti dalam pepatah Bahasa Indonesia, “Berat sama dipukul, ringan sama dijinjing”, seperti itulah halnya dengan belajar, dengan belajar bersama seseorang akan mendapatkan banyak manfaat, diantara manfaat belajar bersama bagi santri adalah:

  1. Semakin akrab dengan teman

Sudah pasti dalam belajar bersama akan terjadi interaksi sesama santri dimana akan menambah keakraban satu sama lainnya.

  1. Tumbuhnya saling tolong menolong

Tingkat kepandaian setiap santri berbeda, sebagai contoh si A lebih mendalami pelajaran Hadist dari si B, sehingga si B bisa mendapat tips begaimana belajar Hadist dengan mudah. Dilain sisi ternyata si B lebih paham tentang pelajaran Sejarah, maka akan terjadi ta’awun diantara keduanya, sekarang si A belajar tentang Sejarah kepada si B.

  1. Saling tukar pikiran

Dalam mempelajari materi pelajaran terkadang bertemu dengan kesulitan, dengan belajar bersama akan muncul diskusi saling mengeluarkan pendapat hingga menghasilkan jawaban yang paling benar

  1. Menumbuhkan rasa semangat belajar

Musuh terbesar bagi pelajar adalah rasa malas, malas mengerjakan tugas yang diberikan guru hingga malas untuk belajar. Namun dengan belajar bersama maka akan tumbuh semangat untuk belajar, semangat untuk berlomba dalam mengerjakan tugas dan mendapatkan nilai terbaik.

  1. Tercipta suasana belajar yang kondusif

Hal yang terpenting dalam pelaksanaan belajar bersama adalah pengawasan, tidak semua santri memiliki semangat untuk belajar, disinilah diperlukan seorang figure yang bisa menertibkan santri untuk belajar dengan baik serta mampu untuk memberikan jawaban ketika santri menemui kesulitan dalam pelajaran yang dipelajarinya. Bila hal tersebut terpenuhi maka akan tercipta suasana belajar bersama yang kondusif.

(red/Aa)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll.

Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.