Macam-Macam Tepuk Dalam Pembelajaran TK

Tepuk Tangan Dalam Pembelajaran TK
Tepuk Tangan Dalam Pembelajaran TK

Dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak agar dapat tercipta suasana gembira dan tidak membosankan maka pembelajaran banyak di selingi oleh berbagai macam tepuk. Guru bisa membuat kreasi tepuk sendiri berdasarkan imajinasi. Irama tepuk dan pilihan kata yang menarik bisa membuat anak lebih bersemangat untuk melakukan tepuk sesuai tema.

Aktif dalam lingkungan Taman Kanak-Kanak  terutama menjadi guru TK harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dengan anak-anak namun harus mengandung unsur pembelajaran. Misalnya adalah bermain tepuk tangan.Tepuk tangan bisa dijadikan media yang baik agar suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak-anak TK.

Ide dan tema tentang tepuk tangan bisa kita buat dengan beragam.  Banyak inspirasi-inspirasi yang ada di sekitar kita, bisa kita jadikan sebagai bahan tema tepuk tangan. Misalnya adalah tepuk anak sholeh, tepuk semangat, tepuk Islami, tepuk anak pintar dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa contoh tepuk tangan:

  • Tepuk Anak Soleh

    Aku  (tepuk 3x)
    anak soleh  (tepuk 3x)
    rajin salat  (tepuk 3x)
    rajin ngaji  (tepuk 3x)
    orang tua  (tepuk 3x)
    dihormati  (tepuk 3x)
    cinta islam (tepuk 3x)
    sampai mati (tepuk 3x)

    lailahaillallah muhammadarrasulullah…
    islam islam yess

 

  • Tepuk Semangat

    (Tepuk 3x) se
    (Tepuk 3x) ma
    (Tepuk 3x) ngat
    Se ma ngat
    Semangat Yesss!!!!

 

  • Tepuk Islam

    (Tepuk 3x) Tuhanku
    (Tepuk 3x) Allah
    (Tepuk 3x) Nabiku
    (Tepuk 3x) Muhammad
    (Tepuk 3x) Kitabku
    (Tepuk 3x) Alqur’an
    (Tepuk 3x) Saudaraku
    (Tepuk 3x) Muslim
    (Tepuk 3x) Musuhku
    (Tepuk 3x) Syetan

Itulah beberapa contoh tepuk tangan yang bisa dijadikan bahan inspirasi, dan tentunya masih banyak lagi contoh tepuk tangan untuk anak TK.  Banyak sekali manfaat dari tepuk tangan dan sangat berguna untuk menenangkan anak-anak dari kegaduhan di dalam kelas. Ingin menarik perhatian anak-anak di dalam kelas, gunakan macam-macam tepukan!

 

Tips Untuk Menghadapi Dan Mengatasi Anak Yang Mudah Marah

Kunjungi Facebook TK Islam Darunnajah

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.