Malam Jum’at dan Malam Sabtu, 01/11/18,02/11/18 acara tahunan kembali di gelar, tidak lain dan tidak bukan untuk mengasah dan meningkatkan kreatifitas santri. Folksong, yaa mereka para santri dan para menyebutkan dengan istilah itu. Folksong di Pesantren Annur Darunnajah 8 sudah berjalan di agenda tahun sudah 3 tahun terakhir ini.

Lomba FolkSong 3rd Pesantren Darunnajah 8
Lomba FolkSong 3rd Pesantren Darunnajah 8

Folksong atau bisa disebut dengan perlombaan Vocal Group atau menyanyi bersama antar rayon ini diselenggarakan di semester pertama disetiap tahunnya.  Diselenggarakannya Perlombaan Folksong antar rayon, guna meningkatkan kreatifitas santri dalam bidang menyanyi dan bermusik. Dalam folksong ini santri yang dibimbing oleh para mudabir disetiap rayonnya di wajibkan untuk membuaat lagu dengan mengambil dari lagu aslinya dan diganti liriknya sesuai dengan kehidupan dan yang pas dengan kehidupan yang ada di pondok pesantren,selain membuat lagu dengan mengganti lirik dari lagu aslinya,mereka setiap rayon diberikan lagu wajib yang harus di nyanyikan oleh setiap rayon ketika di panggung.

Lomba folksong di Ponpes annur darunnajah 8 menjadi unik dan menarik karena instrumental yang digunakan dalam ajang ini bukan menggunakan instrument asli ataupun dari audio rekaman,melainkan menggunakan alat music seadanya entah ember,panci,gayung, dan barang-barang yang kiranya bisa mengeluarkan instrument untuk mengiringi para peserta dalam bernyanyi. Bagian tersebut jugalah yang menjadi ciri khas didalam perlombaan folksong yaitu alat music apasaja (Perkusy) yang digunakan untuk mengiringinya. Adapun juga kemenarikan acara ini karena Tema yang diusung adalah “Lenteng Islamic” tutur panitia.

Lomba folksong antara putra dan putri berbada hari, Kamis,01/11/18 jadwal putri dan besoknya menjadi jadwal perlombaan folksong putra. Kepanitiaan untuk acara lomba folksong ini di panitiai oleh kelas 5,baik putra maupun putri. Kepanitaan mempunyai integritas dan solidaritas yang tinggi hingga sampai terselenggaranya acara ini dengan sangat spektakuler setingkat acara santri, ya walupun pasti ada kekurangan yang didapat. Tapi itu bisa dijadikan batu loncatan dan evaluasi untuk kepanitiaan selanjutnya.

Harapan dari guru-guru setelah acara ini,santri bisa lebih berkreasi dan berinovasi. Bahkan santripun juga diperbolehkan untuk bernyanyi, tapi harus selalu memperhatikan isi dan lirik nyanyian yang di lagukan, jika baik nyanyikan dan jika tidak jangan di nyanyikan. Bernyanyi dengan nuansa islami berisi nilai-nilai Pendidikan yang berisi.

 

Reporter : Karina Aulia Putri/4

Redaktu/Editor : S. Rama Prayogo

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini