Land Grant School, Inilah Gagasan Besar KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Selasa pagi, 1 Muharram 1440 H bertepatan dengan 11 September 2018 M seluruh santri, dewan guru, pengurus pesantren dan pimpinan pesantren menggelar Apel Pemberangkatan Jelajah Tanah Wakaf.

Adalah KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyampaikan sambutan dan arahan dalam kesempatan nan penuh kesemangatan dan spirit perjuangan.

Kiai mengawali penyampaiannya dengan ajakan agar semua pihak berniat kuat untuk lebih baik dalam segala sisi dan dimensi pada tahun ini.

Alumni Gontor dan Ummul Qura Makkah tersebut menegaskan bahwa apa-apa yang kita alami saat ini merupakan buah dari perbuatan dan upaya di masa sebelumnya.

Beberapa contoh penjelas Kiai ungkapkan, antara lain: santri yang sampai saat ini masih betah dan berada di pesantren tentu dikarenakan pada tahun sebelumnya sudah berbuat baik (taat disiplin, rajin belajar, semangat beribadah dan sebagainya), sekiranya tahun sebelumnya banyak melanggar disiplin, malas belajar dan tidak mau berdo’a kepada Allah SWT maka sangat mungkin sekarang sudah dikeluarkan dan atau keluar dari pesantren karena malu tidak naik kelas atau poin pelanggaran sudah melebihi batas.

Juga, pencapaian luas tanah wakaf pesantren yang kini sudah lebih dari 100 ha tentu bukan datang serta-merta tanpa usaha dan upaya.

Oleh karenanya Kiai berharap dengan para santri dan guru keliling (sebagian) tanah wakaf akan menjadi inspirasi dan motivasi perjuangan mereka.

Kiai berkata:” Tanah wakaf ini bukan punya ustadz Jamhari, ustadz Jamhari hanya numpang hidup di sini, ini tanah juga punya santri, punya umat. Maka silahkan nanti sambil keliling tanyakan kepada diri masing-masing ماذا أعمل بهذا الأرض! “.

Kiai juga berharap, ketika para peserta keliling Tanah Wakaf berhenti di satu titik supaya berdo’a sehingga ‘Setiap Jengkal Tanah Wakaf Ini Tidak Tumbuh Ilalang, Namun Tumbuh Orang-Orang’.

Pada tahap inilah Kiai kembali menyampaikan Gagasan Besar dan Ide Brilian terkait Land Grant School yaitu jika tanah wakaf yang luas ini dapat didayagunakan sehingga menghasilkan dana yang besar maka semua santri/mahasantri yang belajar di pesantren ini akan digratiskan. Sementara ini dari total peserta didik yang mencapai lebih dari 2.000 santri/mahasantri pesantren baru bisa menggratiskan sebagian (sekira 20 %) santri/mahasantri via program beasiswa Kader Ashabunnajah dan santri beasiswa Tahfidh Al Qur’an.

Gagasan Besar itu sangat perlu diapresiasi dan diupayakan terwujud dengan berbagai upaya dan kerjasama tentunya.

Tidak kurang dari seorang delegasi Al Azhar Mesir, Syekh Ahmad Ishaam Abdul Jayyid At Tamadiy yang sedang bertugas di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor dan ikut hadir dalam Apel tersebut menyampaikan testimoninya dalam Bahasa Arab sebelum membaca do’a: Apa yang disampaikan Pimpinan Pesantren adalah layaknya panggilan dan peringatan untuk kalian wahai para santri. Saya memang hanya sedikit memahaminya tetapi saya memahami dengan hati bukan dengan akal!”.

Dirangkai oleh Muhlisin Ibnu Muhtarom

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.