Menyerap spirit 165

Adalah Ust. Ahmad Rosikhin Wasyraf, S.Pd.I (Kepala Biro Pengasuhan Santri) dan Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I (Kepala Asrama Santri Putra) yang mendapat kesempatan pada awal bulan ini, 2-4 Maret 2010 untuk mengikuti training ESQ tingkat Basic. Keduanya bersama  400 lebih peserta yang terdiri dari asatidz, ustadzah, DKM, pengurus Ormas Islam dan penggiat kegiatan keagamaan di Jadebotabek, dengan penuh semangat mengikuti training yang berlangsung dari jam 07.00 – 18.00 wib setiap harinay. Training dengan tema Terima Kasih Ustadzah DKI dan sekitarnya angkatan ke-3 ini belokasi di Gedung Menara 165 Cilandak Jakarta Selatan yang merupakan central kegiatan Training ESQ. Beberapa asatidz yang sudah menjadi alumni ESQ adalah ust. Syaiful Hadi Scada, S.Pd.I, M.T. ust. Mujiyanto, ust. Isa Abdillah Adnan, S.E, ust. Muhammad Mudatsir, S.H.I, ust. Syarqi Suganda Sain, ust. Fahmi Dzikrillah, S.IP.

Dalam sebuah aula yang dilenapi dengan 2 layar 2×4 m , 1 layar 4x dan sound system berkekuatan 6.000 watt seluruh peserta terlarut dalam mengikuti setiap sesi training.Dengan sambutan hangaATS (Alumni Training Support) dan diawali dengan proses perkenalan yang cukup unik serta diselingi game dan yel-yel, semua peserta muda maupun tua nampak bersemangat empat puluh lima. Setiap hari terdapat 3 sesi; pagi-dhuhur, ba’da dhuhur – ashar dan ba’da Ashar – maghrib.  Dipandu trainer Abdul Jabir Uksim yang didampingi dua asisten trainer, para mujahid dan mujahidah pendidikan tersebut diajak meresapi dan memahami THE ESQ WAY 165 yang sejatinya bersumber dari 1 Rukun Ihsan,6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. setiap sesi diakhiri dengan muhasabah yang membuat sebagian besar peserta menangis terisak-isak menyesali segala kesalahan yang telah dilakukan selama ini.

Suasana Training: Meyenangkan dan Sarat Makna

” Ada 3 macam kebahagiaan; Kebahagian fisik,kebahagian emosional dan kebahagiaan spiritual. Dua kebahagiaan pertama kita rasakan dengan MENDAPATKAN harta, tahta, atau sanjungan dan lain sejenisnya dari orang lain, maka keduanya kebagiaan yang terbatas karena ergantung pada pemberian orang lain kepada kita. Adapun Kebahagiaan Spiritual justru kita rasakan ketika MEMBERIKAN berbagai kebaikan kepada orang lain, maka ia tidak terbatas karena tidak tergantung dengan orang lain”! demikian di antara point penting yang dijelaskan oleh trainer asal Goa Sulawesi yang pandai akting dan sangat memukau dalam penyampaian materi training itu.

Pada hari ketiga, pada sesi pagi hari segenap peserta disadarkan mngenali jati dirinya; Apa maumu dan siapa kamu? dengan sebuah metode pelatihan yang sering disebut Kantarsis. dalam sesi ini peserta yang memiliki riwayat penyakit jantung dan darah tinggi tidak diperkenankan mengikutinya, dikarenakan pengondisian ruangan yang sangat bising dan suasana hati yang meluap-luap dalam mengungkapkan segenap kerinduan kepada Allah. di antara peserta nyaris ada yang pingsan. Rangkaian kata-kata dalam tulisan ini tidak akan mampu menjelaskan bagaimana masygul dan dekatnya suasana dan perasaan jiwa kepada Sang Maha Sempurna. sebuah pengalaman perjalanan spiritual yang sungguh luar biasa!.

Hadir dalam sesi penutupan pada Kamis sore hari penemu metode The ESQ Way 165 Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian. Beliau yang belum lama ini menyampaikan presentasi di Madinah yang dhadiri  100 tokoh dari 19 negara Arab berkenan memberikan pencerahannya kepada sluruh peserta. “Selama ini banyak orang Islam yang belajar manajemen, leadership dan SDM ke negeri barat yang notabene non muslim, padahal Islam telah memilki konsep manajemen, leadership dan SDM yang handal yang tercermin dalam rukun Ihsan, rukun iman dan rukun Islam. Insya Allah, tahun 2020 Indonesia Emas sebgai kebangkitan umat Islam akan terjadi di negeri ini!” ungkap beliau dengan nada dan gaya yang sangat mempesona. Sesi ini diakhiri dengan mu’anaqah (berpelukan) antara bebrapa peserta dengan beliau yang menambah indahnya ukhuwwah imaniyyah.

Hal lain yang patut disyukuri oleh peserta dari Darunnajah Cipining adalah keberadaan Ust. Syamsul Rahman, M.Ag (alumni TMI Darunnajah Cipining Angkatan Pertama) sebagai salah-satu trainer terbaik ESQ dan banyak mengisi training ESQ untuk non muslim, memberikan kemudahan dalam akomodasi, transportasi dan tentunya berbagi informasi tentang perkembangan ESQ dan kemungkinan penerapannya dalam mendukung progam pendidikan di pesantren. terlebih lagi salah-satu asisten trainer ESQ yaitu Arman yang bedomisili satu kawasan di Pondok Pinang dengan Ust. Syamsul Rahman juga berkenan berbagi tentang pengalamannya selama 3 tahun bergabung di ESQ.

Pengejawantahan 1 Rukun Ihsan, 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam

Pengalaman dan pencerahan yang didapatkan selama mengikutti training ESQ menjadi inspirasi bagi peserta dalam menyampaikan da’wah Islamiyyah, seperti yang dilakukan oleh Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I dalam mengisi pengajian Maulid Nabi di Susukan, Ciracas, Jakarta Timur pada Ahad, 14 Maret 2010 yang dihadiri ratusan kaum muslimin. Juga dalam kegiatan Lailatul Ma’iyyah, Mahabbah Wa Munajat yang diikuti seluruh santri putra dan putri di Masjid Jami’ Darunnajah pada Malam Jum’at, 18 Maret 2010. Terasa suasana yang lebih cair, menyatu dan syahdu pada kegiatan dwi mingguan itu, beberapa santri namapak menangis tersedu-sedu mengikuti suara hati yang mendorong kembali kepada ridho Ilahi.

Meskipun cukup banyak mendapat wawasan baru dan pencerahan selama 3 hari mengikuti training ESQ Basic / level 1, namun para peserta merasa masih sangat ingin mengikuti training pada level-level berikutnya yang meliputi; ESQ Mission Statement/level 2, ESQ Character Building/level3, ESQ Self Control/level4, ESQ Stategic Collaboration/level 5, ESQ Total Action/level 6 dan ESQ Star Leader’level 7. Semoga!. (WARDAN/Mr.MIM)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll.

Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.