Lagi, Alumni Berprestasi Dalam Bidang Literasi
Menu

Lagi, Alumni Berprestasi Dalam Bidang Literasi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Apresiasi Pendidikan Keluarga
Oleh: Mukarrom, M.Pd.I
(Alumni Angkatan Ketujuh Tahun 2000 Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor)

Pada tanggal 24-26 Oktober 2018 Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat mengadakan kegiatan Apresiasi Pendidikan Keluarga di Hotel Menara Peninsula Jakarta. Sebuah kegiatan yang bertema: Pendidikan keluarga untuk menumbuhkan karakter dan prestasi anak. Menjadi sebuah sarana untuk memberikan penghargaan kepada jurnalis, pembuat film pendek, orang tua hebat, dan sekolah sahabat keluarga yang telah ikut andil dalam memberikan edukasi kepada masyarakat melalui tulisan, film, dan teladan. Mengenai pentingnya pendidikan keluarga yang bersinergi antara keluarga, masyarakat dan satuan pendidikan.

Alhamdulillah pada kesempatan tersebut, salah satu alumni Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, Mukarrom, M.Pd.I yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, mampu menjadi salah satu penerima penghargaan apresiasi pendidikan keluarga dari tulisannya di majalah Assajisin edisi 51 bulan Juli 2018.

Tulisan yang mengangkat tentang adanya perbedaan orang tua zaman dulu dengan orang tua sekarang. Orang tua zaman dulu dengan keterbatasan pendidikan mampu mengantarkan anak-anaknya menjadi seorang yang sukses. Namun orang tua zaman sekarang dengan capaian pendidikan yang cukup. Kesulitan untuk mendidik anaknya.

Mukarrom saat menerima penghargaan di Jakarta

Kegiatan yang langsung dibuka oleh Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas bapak Ir. Harris Iskandar, Ph.D. Menjadi sebuah ajang bagi para penulis untuk bertukar informasi. Sehingga kedepan mampu menginspirasi banyak orang tua melalui tulisan-tulisan mereka. Tentang pentingnya keterlibatan keluarga dalam upaya pendidikan anak.

Menurut Dr. Sukiman, M.Pd selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga. Berdasarkan hasil riset telah banyak sekali muncul ancaman disekitar anak yang harus diwaspadai. Diantaranya: kekerasan, narkoba, pornografi, tindakan amoral, radikalisme. Semua ancaman tersebut akan dapat segera teratasi apabila adanya keperdulian dari pihak keluarga, masyarakat dan satuan pendidikan (sekolah) untuk lansung menindaklanjuti semua ancaman tersebut. Baik dengan teguran atau dengan tindakan.

Salam Literasi untuk semua guru dan siswa yang ada Pondok Pesantren Darunnajah Cipining. Jadilah bagian dalam perubahan peradaban melalui tulisan. (wardan/mr. mim).

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait