Kreatif: Manfaat Melakukan Seni Origami Bersama Anak Anda

Apa itu seni origami?

Kreatif: seni melipat kertas
Origami : seni melipat kertas

Seni origami adalah seni melipat kertas dan membuatnya menjadi sebuah bentuk. Bentuk yang dibuat bisa berupa benda mati maupun makhluk hidup.

Jenis-jenis kertas yang dapat digunakan untuk membuat origami

Jenis-jenis kertas yang dapat digunakan
Aneka motif kertas yang dapat digunakan

Saat ini banyak sekali dipasaran macam-macam kertas origami. dari yang polos, berwarna disatu sisi, berwarna dikedua sisi, bermotif atau bercorak, bermotif timbul dan bisa juga anda memakai kertas kado atau bahkan kertas lainnya, asalkan bentuknya persegi empat.

Manfaat seni melipat bagi anak

Manfaat seni melipat kertas bagi anak anda
Manfaat seni melipat kertas bagi anak anda

Terdapat banyak manfaat dari aktifitas seni melipat kertas bagi anak yaitu:

  1. Melatih ketekunan, dibutuhkan fokus dan daya konsentrasi yang cukup baik untuk dapat membuat suatu bentuk dari kertas.
  2. Untuk melatih motorik halus pada jari-jemari. dengan memegang kertas, membuat lipatan, menekan kertas dan proses yang dilakukan dapat menguatkan jari-jemari anak.
  3. mengenalkananak pada matematika dasar, melatih visual spasial anak.
  4. Untuk membangun ide kreatif anak dengan mencipta suatu bentuk dan kreatifitas dalam membuat hiasan dari origami.
  5. Untuk mengenalkan aneka warna, corak maupun motif tertentu pada kertas origami. Banyak sekali macam-macam kertas origami di pasaran, dari yang polos, berwarna disatu sisi, berwarna dikedua sisi, bermotif, bermotif timbul dan sebagainya.
  6. Jika dilakukan bersama anak dan orang tua, akan membangun kelekatan serta kepercayaan diri serta juga menghargai hasil karya milik sendiri dan menghargai karya milik orang lain.

Bentuk apa saja yang bisa dibuat dari kertas origami?

Macam-macam bentuk yang dapat dibuat dari kertas
Macam-macam bentuk yang dapat dibuat dari kertas

Banyak sekali bentuk-bentuk yang bisa dibuat dari kertas misalnya, aneka bunga, aneka hewan, wadah, benda-benda mati, pakaian, bahkan alat permaian bisa dibuat dari origami.

Pada artikel ini, akan menjabarkan langkah-langkah  cara membuat bentuk bunga tulip dari origami serta manfaatnya bagi anak

Membuat origami bunga itu sangat mudah, anda dan anak-anak dapat melakukannya bersama

Senangnya membuat origami bersama-sama
Senangnya membuat origami bersama-sama

Tingkat kesulitan untuk membuat seni melipat kertas ini dari yang sangat sederhana hingga rumit. Karena anda akan membuat origami bunga sederhana maka cara membuatnya yang relative mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Seni melipat kertas ini dapat dilakukan oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun seiring berkembangnya kreatifitas, ada seni melipat kertas yang sangat sulit namun mengasilkan bentuk-bentuk yang diluar imajinasi anda. Bayangkan! Dari selembar kertas, anda bisa membuat berbagai macam bentuk tanpa batas.

“Bayangkan! Dari selembar kertas, anda bisa membuat berbagai macam bentuk tanpa batas”

Baca Juga : Cara Membuat Origami Pohon 

klik untuk kunjungi Facebook Kami

Kreatif: Ini dia cara memuat origami bunga

Membuat origami bunga tulip
Membuat origami bunga tulip

Origami bunga selain bentuknya yang cantik, dapat dijadikan dekorasi dan sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Langkah-langkah membuat origami bunga tulip sederhana

ini dia langkah-langkah membuat bunga tulip sederhana
ini dia langkah-langkah membuat bunga tulip sederhana

Membuat origami bunga ini sangat sederhana dan paling sesuai dilakukan oleh anak dengan bimbingan atau bahkan anak anda pun bisa membuatnya sendiri.

Nah, ini dia langkah-langkahnya!

Origami bunga tulip berwarna merah muda
Origami bunga tulip berwarna merah muda

Sebelum memulai membuat origami bunga, siapkan terlebih dulu bahan-bahannya. Yang diperlukan anda hanya selembar kertas origami ukuran bentuk persegi empat  6 cm x 6 cm. jika ingin hasil bunga yang lebih besar, anda bisa menggunakan yang ukuran 10 cm x 10 cm atau 12 cm x 12 cm disesuaikan dengan keinginan.

Langkah 1

Letakan kertas origami di meja dengan sisi yang berwarna dibawah. Lipat origami bentuk persegi menjadi 2 bagian dan membentuk segitiga sama kaki.

Langkah 2

Setelah melakuakn langkah 1, lipat kembali segi tiga sama kaki menjadi segi tiga sama sisi yang lebih kecil.

Langkah 3

Buka lipatan pada langkah 2, hingga membentuk segi tiga sama sisi lagi. Ambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas melebihi sisi pinggir dari segi tiga yang asli. Ulangi lipatan untuk suduk kanan segitiga. Buatlah lipatan ini simetris antara sudut kiri dan kanan.

Wah, sederhana sekali ya membuatnya. Hanya dengan selembar kertas origami dan melakukan 4 lipatan bisa dibubah bentuknya menjadi bunga yang cantik. Sangat cocok dilakukan untuk anak-anak, oh ya lebih bagus lagi jika melakukan aktifitas kreatif ini bersama Ayah dan Bunda loh.

Tips membuat origami bersama anak anda

origami bunga dapat dibuat bersama dengan anak anda
origami bunga dapat dibuat bersama dengan anak anda
  1. Coba gunakanlah kertas origami yang berwarna cerah ataupun yang bercorak untuk memberikan efek menarik. Saat ini banyak sekali dipasaran macam-macam kertas origami. Tapi bisa juga loh, anda pakai kertas kado atau bahkan kertas lainnya, asalkan bentuknya persegi empat.
  2. Berlatih membuat lipatan yang bersih dan tepat adalah kuncinya, agar hasilnya terlihat sempurna.
  3. Tempel hasil origami bunga di kartu ucapan atau dibuku gambar dengan dilengkapi batang dan daunnya menggunakan krayon, spidol dan lain-lain.
  4. Bisa juga menempelkan bunga ke sedotan berwarna hijau menggunakan solatip, dan lihatlah hasilnya.

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari seni melipat kertas ini. Selain sederhana, mudah dilakukan dan murah dengan melakukan seni melipat kertas ini dapat melatih motorik halus, membangun kreatifitas, sebagai media pengenalan warna, membangun keakraban jika dilakukan bersama orang tua dan kepercayaan diri karena telah berhasil menciptakan suatu karya seni.

“Melatih motorik halus, pengenalan matematika dasar, mengembangkan ide kreatif, sebagai media pengenalan warna, membangun keakraban jika dilakukan bersama orang tua dan kepercayaan diri”

Noor Ishma

lihat Vidio Tari Menanam Jagung

Vidio Profil TK Islam Darunnajah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya.

TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda.

TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama’ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.