kesalahan dalam belajar dan cara menghindarinya

kesalahan dalam belajar
kesalahan dalam belajar

Salah satu di utusnya nabi Muhammad SAW adalah untuk menjadi pengajar atau dari riwayat lain yaitu sesungguhnya nabi Muhammad SAW di utus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, berbicara tentang mualim atau guru pengajar pasti ada orang yang di ajar atau dididik, karena sejatinya adanya seorangguru adalah untuk mengajarkan muridnya atau orang yang belum memahami ilmu pengetahuan.

Banyaknya ungkap idiom ataupun yang sering orang pesantren sebut itu mahfudzat dan hadits banyak membahas tentang pentinngnya belajar begitu juga di dalam al-quran banyak juga ayat yang menyuruh untuk beljar atau menuntut ilmu bahkan ketika surat al-quran yang pertama di turunkan kepada nabi Muhammad ialah ayat atau surat tentang membaca (menuntut ilmu).

HADITS TENTANG BELAJAR

Kewajiban belajar

Balajar merupakan suatu kewajiban bagi umat manusia terutama bagi kaum muslimin dan muslimat banyak hadis yang menyinggung tentang pentingnya belajar, seperti hadits nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh imam bukhari yang artinya:

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Keutamaan belajar

Salah satu keutamaan belajar atau menuntut ilmu adalah allah angkat derajatnya disisi manusia dan disisi allah SWT dan juga allah akan mudahkan para penuntut ilmu jalan untuk masuk kesurga, seperti hadits Nabi Muhammad yang di riwayatkan oleh Abu Darda yaitu:

Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu
Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Artinya:

Dari Abi Darda r.a. berkata, saya mendengar Rasuluullah Saw. Bersabda: “ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

PENTINGNYA BELAJAR

pentingnya belajar
pentingnya belajar

Selain banyaknya hadits dan al-quran yang menyuruh untuk menuntuk ilmu kita juga menyadari dengan sendirinya bahwa menuntut ilmu itu keperluan kita karena dengan majunya ilmu pengetahuan teknologi dan sebagainya, menjadikan umat manusia sadar bahwa itu penting, bayangkan saja jika semua orang idak belajar maka tidak akan sampai ke zaman ini , salah satu majunya zaman itu dengan adanya ilmu pengetahuan sehingga kita dipaksa atau tidak pasti kita perlu belajar demi mengikuti zaman yang sekarang ini dan terhindar dari kesalahan dalam belajar.

Selain dari pada itu belajar juga sebagai amalan yang wajib bagi umat manusia khususnya umat muslin dan muslimat, karena dengan ilmu seseorang akan dihargai dan di pandang tinggi oleh manusia dan oleh allah SWT.

KENAPA KITA HARUS BELAJAR

kenapa kita harus belajar
kenapa kita harus belajar

Mungkin ada pertanyaan yang pernah disampaikan oleh salah seorang, “ kenapa sih kita harus belajar, kan orang yang pinter juga banya?. Toh kita belajar dokter sudah banyak dokter?” begitu seterusnya pertanyaan-pertanyaan yang memang tidak selayaknya di pertanyakan.

Yang menjadikan penting atau yang mewajibkan belajar itu penting adalah untuk manusia itu sendiri supaya terhindar dari orng –orang yang mungkin akan mencelakakan kita atau membodohi kita, dengan begitu jika kita belajar menuntut ilmu kita akan terhindar dari hal-hal demikian.

BEBERAPA KESALAHAN UMUM DALAM BELAJAR DAN CARA MENGHINDARINYA

menghindari kesalahan dalam belajar
menghindari kesalahan dalam belajar

Ada beberapa kesalahan dalam menuntut ilmu yang akhinya akan sia-sia atau bahkan akan mencelakakan kita sebagai pelajar, adapun beberapa kesalahan umum dalam belajar yaitu:

  1. Meremehkan waktu belajar

kesalahan dalam belajar karna meremehkan waktu, Kita mungkin menganggap bahwa kita sudah belajar setiap hari , tetapi ternyata proses belajar kita tidak berkualitas.

Cara menghindarinya adalah kita hanya memerlukan empat sampai enam jam untuk belajar namun dengan waktu yang terbatas itu kita harus memanfaatkannya dengan benar-benar jangan sampai menyia-nyiakannya.

  1. Balajar hanya dihafal

kesalahan dalam belajar yang hanya menghafal. Menghafal sangat lah baik dalam belajar, namun apabia hanya menghafal tanpa mengulang atau bahkan tidak mengamalkanya,maka hafalan kita akan sia-sia.

Cara menghindarinya adalah selain kita menghafal, kita juga harus mengulang hafalan kita dengan cara melatih dengan soal-soal, atau mengajarkannya kepada teman atau orang lain yang membutuhkanynya.

  1. System kebut semalam (sks)

kesalahan dalam belajar lainnya adalah memakai sistem kebut semalam bagaimanapun juga kita belajar, sesering apapun kita belajar otak kita perlu menyerap informasi yang kita dapatkan dalam artia otak kita perlu yang namanya istirahat dalam belajar, maka dari itu system kebut semalam ialah kesalahan fatal dalam belajar disamping kita hanya menghafal saja juga ilmu yang kita dapatkan tidak akan lama.

Cara menghindarinya adalah kita harus mencicil dari jauh jauh hari dalam artian kita mempelajari satu pelajaan namun sampai kita benar-benar faham akan pelajarannya, jangan sampai kita ulang semua pelajarannya tetapi kita tidak menguasai sepenuhnya itu akan menjadi kesia-siaan dalam belajar.

  1. Tidak mencakup semua materi.

kesalahan dalam belajar lainnya yaitu tidak mempeajari semua pelajaran sekaligus. Bagaimanapun juga kita tetap harus mempelajari semua materi ilmu pengetahuan yang kita butuhkan, tidak peduli berapa lama waktu yang kita butuhkan.

Cara menghindarinya adalah kita harus mengethui silabus-silabus dari mata pelajaran yang akan kita pelajari dengan demikian kita akan mencicilnya satu persatu tidak sekali gus kit pelajari semuanya.

TPS BELAJAR DENGAN BENAR

tips belajar yang benar
tips belajar yang benar

Dalam menuntut ilmu atau belajar kita pasti merasakan kebosanan kaik karena pelajarannya atau cara penyampaian guru kepada muridnya atau bahkan gurunya yang mungkit tidak sesuai dengan metode mengajar. Dengan demikian kita harus merubahnya dari yang tidak suka menjadi suka, dari yang tidak enak menjadi enak, maka kita harus mengetahui tips dan trik dalam belajar, diantranya:

  1. Kerja kelompok

Kerja kelompok adalah metode belajar yang paling baik, karena jumlah anggota dalam kelompok tidak sedikit dan juga tidak banyak sehinggak enak untuk bertanya atau sharing menanyakan hal-hal yang sulit di pecahkan, belajar kelompok juga menjadi santai tetapi pasti.

  1. Buatlah catatan-catatan yang pokok

Membuat catatan-catatan yang pokok pada pelajaran itu sangan penting karena kita tidak akan kesusahan mengulang semua pelajaran dari awal sampai akhir tetapi jika kita mempunya catatan-catatan yang pokok atau ringkasan kita akan mudah dan tidak membosankan untuk mengulangi pelajarannya.

  1. Ciptakan suasana yang kondusif

Suasana sangatlah berpengaruh dalam proses belajar karena suasana yang buruk akan menciptakan proses belajar yang tidak baik adapun suasana yang baik akan menciptakanproses belajar yang nyaman dan efektif.

PROSES BELAJAR DI PESANTREN

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang nyaman untuk proses belajar anak didik, DARUNNAJAH misalnya banyak calon santri yang ingin memdaftarkan dirinya ke perantren karena memang dalam proses belajar pesantren berbeda dengan proses belajar pada umumnya.

SUASANA BELAJAR DI DARUNNAJAH


 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Alumni Darunnajah adalah lulusan Darunnajah yang telah dibekali dengan ilmu dan pengalaman, demi memajukan agama dan bangsanya. Alumni Darunnajah melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi negeri dan swasta, di dalam dan luar negeri. Alumni Darunnajah dikenal memiliki daya saing tinggi dan karakter yang baik karena selama di Pesantren mereka dibina dengan berbagai kegiatan, pelatihan dan organisasi. Sebagai harapan bagi agama dan bangsa, semoga Alumni selalu Darunnajah berprestasi, sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat.