Apa itu Kepuasan Kerja?

Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru

kepuasan kerja adalah Pada dasarnya kepuasan  merupakan hal yang bersifat individual karena setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam diri setiap individu. Semakin banyak aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan.
Kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yag diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima.

 

Apa itu Manajeman Pendidikan ?

Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru
Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru

Manajemen pendidikan adalah suatu proses atau sistem pengelolaan Manajemen pendidikan sebagai suatu proses atau sistem organisasi dan peningkatan kemanusiaan dalam kaitannya dengan suatu sistem pendidikan. Kegiatan pengelolaan pada suatu sistem pendidikan bertujuan untuk keterlaksanaan proses belajar mengajar yang baik, yang  seuai dengan kurikulum dan tata pengajaran yang ada didunia pendidikan.

faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja

  • Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru
    Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru

    Faktor Kepuasan Finansial, yaitu terpenuhinya keinginan karyawan terhadap kebutuhan finansial yang diterimanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari sehingga kepuasan kerja bagi karyawan dapat terpenuhi. Hal ini meliputi; system dan besarnya gaji, jaminan sosial, macam-macam tunjangan, fasilitas yang diberikan serta promosi.

  • Faktor Kepuasan Fisik, yaitu faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik lingkungan kerja dan kondisi fisik karyawan. Hal ini meliputi; jenis pekerjaan, pengaturan waktu kerja dan istirahat, perlengkapan kerja, keadaan ruangan/suhu, penerangan, pertukaran udara, kondisi kesehatan karyawan dan umur.
  • Faktor Kepuasan Sosial, yaitu faktor yang berhubungan dengan interaksi sosial baik antara sesama karyawan, dengan atasannya maupun karyawan yang berbeda jenis pekerjaannya. Hal ini meliputi; rekan kerja yang kompak, pimpinan yang adil dan bijaksana, serta pengarahan dan perintah yang wajar.
  • Faktor Kepuasan Psikologi, yaitu faktor yang berhubungan dengan kejiwaan karyawan. Hal ini meliputi; minat, ketentraman dalam bekerja, sikap terhadap kerja, bakat dan keterampilan

    Faktor-faktor lain yang  yang mempengaruhi kepuasan yaitu gaji, kondisi kerja, mutu pengawasan, teman sekerja, jenis pekerjaan, keamanan kerja dan kesempatan untuk maju serta faktor individu yang berpengaruh adalah kebutuhan-kebutuhan yang dimilikinya,nilai-nilai yang dianut dan sifat-sifat kepribadian bahkan yang yang lebih penting adalah bagaimana komunikasi dengan guru-guru lain di tempat bekerja karena seseorang akan merasa puas jika dalam kesehariannya didalam dibentuk suatu keharmonisan berkomunikasi antara guru dengan seama guru lainnya,antara han murid dengan guru, antara atasan dan bawahan dan bawahan terhadap atasannya dan itu memiliki nilai dan etika komunikasi yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan  itu sendiri itulah yang menyebabkan seseorang merasa puas dan tetap memilih bekerja disuatu lembaga tersebu

    Dampak Dari Ketidakpuasan Dalam Bekerja.

Suatu lembaga dibentuk untuk mencapai tujuan bersama. Namun untuk mencapai tujuan secara lebih efektif diperlukan manajemen yang baik dan benar. Sekolah adalah salah satu lembaga yang didalamnya terdapat sumber daya manusia yaitu guru. Guru  mempunyai peranan penting dalam suatu sekolah karena kinerjanya memberikan kontribusi  terhadap kemajuan sekolah. Sekolah harus mengelola guru secara tepat sesuai dengan kemampuannya sehingga akan mewujudkan kepuasan kerja terhadap guru disekolah tersebut. Oleh karena itu kebutuhan guru perlu mendapat perhatian. Guru juga perlu mendapatkan pembinaan dan fasilitas didalam bekerja sehingga segala kebutuhan guru dalam bekerja dapat terpenuhi.

Bila guru tidak merasa senang dengan situasi pekerjaaannya biasannya mereka mengatakan bahwa mereka tidak puas. Ada dua hal yang mungkin menyebabkan orang tidak puas dengan pekerjaannya ini. pertama, apabila orang tersebut tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya  kedua, apabila hubungan sesama teman sekerja kurang baik, atau dengan kata lain ketidakpuasaan kerja sangat berhubungan erat  dengan masalah komunikasi.

Selain itu Segala kegiatan yang terdapat dilingkungan sekolah guru dituntut  untuk senantiasa berkomunikasi dengan sesama guru dan staf  lainnya, komunikasi yang terjalin kurang baik antara guru dengan guru yang lainnya memungkinkan guru akan merasakan ketidaknyamanan berada dilingkungan sekolah, dan buruknya kualitas komunikasi antara sesama guru dengan pihak lain akan menimbulkan buruknya kondisi lingkungan disekolah yang secara tidak langsung dapat mengakibatkan kepuasaan guru menurun. Pada hakikatnya kepuasan  sangat berperan penting bagi guru dan sekolah.

Kepuasan menunjukan bagaimana tingkat kemampuan pegawasan dalam mencapai hasil nya, terutama dilihat dari kualitas dan kuantitasnya menurut Gilmer sebagaimana di kutip  oleh Edy Sutrisno bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan guru  meliputi : kesempatan untuk maju, kemanan kerja, gaji, perusaahaan dan menejemen, pengawasan, faktor intrinsik, kondisi kerja, aspek sosial dalam pekerjaan, komunikasi dan fasilitas. Oleh karena itu  kepuasan  setiap tenaga kependidikan atau pegawai lainnya berbeda-beda bisa tinggi, sedang bahkan bisa juga rendah tergantung pada tingkat kegigihannya dalam bekerja.

Sekolah hendaknya memperbaiki sistem pengelolaan guru secara tepat dan teratur sehingga segala kepuasan guru dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dari awal berdirinya suatu lembaga dan mampu meningkatkan berbagai aspek dalam lembaga tersebut sehingga mampu menghadapi segala macam persaingan  yang semakin kompetitif.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa  kepuasaan  adalah  sikap emosional seorang  individu yang berwujud perasaan senang dan puas terhadap suatu pekerjaan yang berhubungan dengan situasi disekitar lingkungan dalam berbagai aspek, dan yang dapat diukur dengan indikator: gaji, keamanan,  fasilitas,  kerja sama antar guru dan pengakuan.

Vidio Profil Pesantren

Dapat Kunjungi FACEBOOK Darunnajah Charityhttps://www.facebook.com/Darunnajah-Charity-271697993270556/

Oleh : Nurrahmaniah

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Darunnajah Charity adalah lembaga Darunnajah yang fokus di bidang sosial dan kemasyarakatan. Darunnajah Charity menerima donasi dalam berbagai bentuk, baik zakat, infaq, shadaqah, wakaf ataupun lainnya. Darunnajah Charity memiliki banyak program sosial kemasyarakatan. Diantaranya; Beasiswa dhuafa, panti asuhan, bakti sosial, posko bencana alam, dll. Lembaga ini juga melibatkan santri dalam kegiatannya sehingga santri dapat belajar peduli dengan sesama dan indahnya berbagi. Banyak sekali santri, warga, korban bencana dan pihak-pihak lain yang merasa terbantu dengan adanya lembaga Darunnajah Charity.