berprasangka-baikDalam menjalani hidup tentunya kita seringkali menjumpai hal-hal yang tidak kita inginkan, seringkali kita berdo’a memohon kepada Allah agar kita selalu diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan ini, namun tidak semua do’a, permohonan kita dijawab langsung oleh Sang Maha Pengatur, bukan berarti Dia tidak sayang kepada hambanya melainkan itulah bukti Maha Penyayangnya.

Bisa kita bayangkan bila dalam kehidupan ini setiap do’a dikabulkan pastinya tidak aka nada kenikmatan yang kita rasakan, karena kita merasakan kesedihan kita bisa merasakan kebahagiaan, karena kita menangis kita bisa tertawa, karena kita sakit kita jadi tahu arti kesehatan itulah Kuasa Nya yang mengagumkan.

Lalu bagaimana menyikapi setiap do’a atau permohonan kita yang tidak kunjung dijawabNya? Maka koreksi diri dan selalu berbaik sangkalah kepada Allah swt. Kenapa kita harus berbaik sangka?

Karena Allah akan menjawab do’a kita bila Allah telah melihat kita telah berusaha dengan semaksimal kemampuan yang kita miliki, Allah akan mengabulkan permohonan kita bila kita benar-benar menginginkannya dan kita pantas untuk mendapatkannya karena kesungguhan dalam berusaha untuk mencapainya.

Karena Allah hanya menunda permohonan kita, karena Dia melihat kita belom berjuang dengan kesungguhan, kita berusaha masih setengah-setengah dan belom layak untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, maka koreksilah diri sendiri apakah kita sudah pantas untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Karena kita tidak pantas untuk mendapatkan apa yang kita harapkan, seringkali kita memohon sesuatu namun kita tidak pernah mau berusaha untuk mendapatkan hal tersebut, maka Allah tidak akan mengabulkan do’a yang tidak disertai dengan usaha. Atau mungkin kita sudah berusaha dengan kesungguhan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan namun Allah tidak kunjung mendatanngkannya untuk kita maka yakinilah bahwa Allah yang Maha Penyayang telah memberikan sesuatu yang lebih kita butuhkan dari pada yang kita inginkan.

Ingatlah bila kita telah berusaha dengan sungguh-sungguh namun Allah tidak memberikan keinginan kita, yakinilah Allah telah memberikan apa yang kita lebih butuhkan dari apa yang kita inginkan, bayangkan, “Bila kita menginginkan rumah yang bagus nan mewah dan kita mendapatkannya namun kita diberi ujian penyakit yang parah sehingga tidak harus hidup di Rumah Sakit, tentunya kesehatan yang kita miliki lebih berharga dari Rumah yang bagus nan mewah tersebut”.

Yakinilah dan berbaik sangkalah kepada Allah swt, karena Dia tidak akan pernah salah dan tidak akan pernah salah, sebagaimana dalam Firmannya, “Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian dan boleh jadi (pula) kalian menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagi kalian, Allah Maha Mengetahui sedangkan kalian tidak mengetahui”. (QS Al Baqorah: 216)

(MAS) 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.