Sedekah,kalimat sedekah sudah tidak asing lagi ditelinga kita dan sudah menjadi amalan yang paling rutin dikalangan masyarakat.bahwasanya sedekah adalah menjadi ladang tabungan untuk diakhirat nanti.dalam sabda nya rasullallah SAW :

Abu Hurairah bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: “Apabila seseorang itu meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak yang soleh mendoakan untuknya.”

- Advertisement-

Dengan adanya hadist rasullallah SAW ini membuat kita mengetahui bahwa untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi akhirat nantinya dengan sodaqoh jariyah ,banyak cara untuk menyedekahkan sebagian harta kita contohnya dengan zakat,sedekah,walimah,wakaf,DLL.

Dalam kehidupan ini setiap dari kita pasti ingin memiliki rezeki yang banyak,dan tidak lupa juga untuk memikirkan kehidupan akhirat,dengan adanya harta yang kita miliki kita bisa membekali diri kita dengan sedekah.selain unutk persiapan untuk akhirat sedekah juga bisa untuk kehidupan sehari-hari allah berfrman :

“, مَنۡ جَآءَ بِالۡحَسَنَۃِ فَلَہٗ عَشۡرُ اَمۡثَالِہَا ۚ وَ مَنۡ جَآءَ بِالسَّیِّئَۃِ فَلَا یُجۡزٰۤی اِلَّا مِثۡلَہَا وَ ہُمۡ لَا یُظۡلَمُوۡنَ

Artinya : barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya, dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalsan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). Q.S.-(al-‘anam:160)

Dari ayat diatas dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwasanya sedekah dikehidupan sehari-hari sangat berdampak positif untuk hidup kita karna sedekah itu bisa membuat rezeki yang kita miliki bisa berlipat-lipat karna allah telah menjajikan dalam ayat diatas.jangan berberat hati untuk mengeluarkan sebagian harta agar bermanfaat untuk kehidupan dunia maupun akhirat.

Sedekah tidak harus diharuskan untuk orang yang berkelebihan hartanya,namun orang yang berkecukupan juga bisa mengamalkan amalan sedekah tersebut.tidak menutup kemungkinan setiap individu yang hidup didunia ini untuk bersedekah karna akan membuat dampak yang positif.dan dalam lingkunan pondok pesantren sudah menerapkan system sedekah tersebut dikalangan santri-santrinya untuk kemnaslahatan keseharian para santri.mereka dituntut untuk saling membantu temannya yang lagi kesusahan.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.