Masa muda memang kurang lengkap rasanya kalau tidak jatuh cinta, tetapi ingat kamu masih muda, yang masih SMA ingat masih ada jenjang kuliah dan yang kuliah masih ada waktu untuk meneruskan karir. Masa muda memiliki waktu yang sangat panjang, sekarang tinggal bagaimana memanfaatkan waktu tersebut.

Bukan berarti hidup dan cintamu tidak bisa berjalan beriringan, jangan sampai kamu terlalu jatuh cinta dan rencana masa depan mu terganggu. Apalagi sampai berpacaran, walaupun ketika berpacaran ada yang memerhatikan setiap waktu, menayakan “Lagi apa?”, minta apa aja ada yang nurutin, dan kemana mana di anterin. Tetapi setuju atau tidak pacaran adalah sebuah hubungan tanpa komitmen yang hanya dijalani oleh orang yang belum siap untuk menikahdan ini termasuk perbuatan yang  mendekati zina Allah SWT telah berfirman:

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Isra ayat 32)

Ayat di atas menjelaskan jangan mendekati zina, berarti jahuilah pacaran karena pacaran perbuatabn yang mendekati zina.

Apa Yang Kamu Lakukan dimasa mudamu?

Kenapa masa muda di pertanyakan? Salah satu yang akan di minta pertanggung jawaban di hari kiamat  adalah tentang masa mudanya untuk apa dipergunakan. Karana Allah sudah menganugrahkan masa muda untuknya. Dalam hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi Rabb-Nya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan dan apa saja yang telah ia perbuat dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. ath-Thirmidzi no. 2416, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir jilid 10 hal 8 hadits no. 9772 dan hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Ashahihah no. 946)

Dengan begitu dibawah ini adalah kegiatan-kegiata agar kita bisa mempertanggung jawabkan masa muda dan tidak terlalu jatuh cinta:

Temukan Apa yang Jadi Passion-mu

Passion adalah sebuah gairah untuk mencapai sesuatu, dan biasanyan di tandai dengan meningkatnya kinerjanya dalam mencapai tujuan. Selama kamu masih muda temukanlah passion mu, denmgan begitu kamu bisa menentukan karir dan jalan hidup yang tepat untukmu. Ingat pililah karir yang tepat dan tidak membuat mu keberatan dalam menjalaninya.

Bergaul dengan Orang Sholeh dan Sholehah

Dalam bergaul kamu harus memilih-milih bergaulah dengan orang Sholeh dan sholehah. Apabila kamu bergaul dengan mereka kamu akan selalu diingatkan tentang hal hal yang baik, terjauh dai hal hal yang negatif, pergaulan bebas, dan hubungan dengan lawan jenis yang tanpa batas.

Makhluk hidup lainya seperti hewan dan tumbuhan mereka akan hidup bersama jika makhluk lainnya memberikan manfaat seperti, ayam akan berteman dengan ayam, burung berteman dengan burung, anjing berteman dengan anjing, dsb. Tidak mungkin ada ayam berteman dengan anjing. Nah sekarang, kamu mau berteman dengan siapa ?

Membiasakan Diri untuk Beramal Sholeh

Amal shaleh adalah perbuatan baik, amal sholeh merupakan buah dari iman, dengan kata lain amal sholeh adalah cerminan iman.

Amal sholeh adalah perbuatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, tidak akan merugi dalam hidupnya dunia atau akhirat, seperti yang di tegaskan dalam firman Allah SWT dalam Q.S. Al-‘Ashr 1-3 dinyatakan semua orang akan merugi. Kecuali, salahsatunya orang yang beriman dan beramal sholeh.

“Demi masa. Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, serta saling berwasiat dalam kebaikan/kebenaran dan kesabaran.”

Masa muda adalah masa yang tepat untuk mulai membiasakan diri beramal sholeh.

Membiasakan Mengerjakan Sunnah-sunnah Rasul

Makna sunnah  dari sudut pandang ahli Fikh adalah berbuatan yang dikerjakan mendapat pahala apabila ditinggalkan tidak apa apa.

Makna sunnah dari sudut pandang Ahli Hadist adalah “Sesuatu yang berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam baik perkataan, perbuatan, penetapan, sifat lahiriyah maupun sifat batiniyah, ataupun sejarah beliau baik sebelum pengutusan atau sesudahnya”. (Taujihun Nazhar Ila Usuhulil Atsar/ Thohir bin Sholih Ad-Dimasyqy,  As-Sunnah wa Makanatuha Fit Tasyri’/ Musthofa As-Siba’i)

Jika kegiatan sunnah ini dikerjakan secara terus menerus atau stiqomah nikmat yang kita rasakan akan mengalir terus menerus kita dapatkan. Hal ini pasti akan menambah kenikmatan menjadi bagian dari umat Rasulullah. Kita tidak akan mendapatkan kenikmatan itu kalau kita tidak mengerjakan sunah sunah Rasulullah, dengan mengerjakan sunah sunahnya kenikmatan dari umat Rasulullah akan bertambah

Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Tua

Apakah kalian menyadari semakin bertambah umur, semakin longgar hubungan dengan orang tua, mulai disibukkan dengan dengan kegiatan masing-masing.

Alangkah baiknya waktu-waktu luang yang kita miliki dari pada kita melakukan hal yang tidak bermanfaat apa lagi berpacaran, lebih baik kita pererat hubungan dengan orang tua kita seperti bercerita, curhat, atau bercanda.

Untuk orang perantauan munkin akan sedikit susah untuk berkomunikasi secara tatap muka, tapi melihat perkembangan tegnologi, menelfon tidaklah mengeluarkan biaya atau pun bisa bertatap muka lewat telfon pintar yang sudah di miliki banyak orang.

Selain mengunakan teknologi, ada cara yang pasti dimiliki oleh semua orang yaitu adalah doa. Doa adalah kekuatan sepiritual yang pasti di miliki oleh semua orang akan tetapi masih ada yang belum menyadari kekuatan tersebut.

Jangan pernah lupa bahwasanya keridhoan Allah terdapat pada keridhoan orang tua kita. jadi, jangan pernah lupa untuk selalu mendoaakan orang tua kita.

Memperdalam Ilmu Agama

Sebenarnya untuk memperdalam ilmu agama tidak ada batasan waktu yang di tentukan, tetapi waktu yang tepat ialah ketika kita masih muda.

Ketika watu muda sudah habis itu adalah waktu paling tepat untuk mengamalkan semua ilmu yang dimiliki untuk orang-orang di sekeliling kita terutama buah hati.

Melakukan Aktifitas Produktif

Aktifitas produktif mrupakan aktifitas yang banyak manfaatnya untuk banyak orang dan pasti mendapatkan hasil  nyata.

Memelihara Rasa Ingin Tau

Rasa ingin tau harus kita pelihara, dengan terpeliharanya rasa tersebut hal yang baru tidak akan pernah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.