Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia” itu adalah sepenggal lirik yang dinyanyikan oelh nidji dalam film “laskar pelangi”.

Jangan Takut Bermimpi...
seorang anak yang sedang menggapai mimpi

Mungkin, ashabul jannah sekalian pasti pernah menonton film tersebut kan?, dimana kita bisa melihat anak-anak belitung dengan usaha keras mereka masing-masing dalam mewujudkan impian mereka, tak peduli masalah sekolah, ataupun masalah finansial mereka.

- Advertisement-

Ya. Impian adalah kunci utama dalam meraih sebuah kesuksesan. Karena pastinya, sukses harus diawali oleh impian.

Jangan Takut Bermimpi...
kunci kesuksesan

Setiap manusia harus memiliki impian, melalui impianlah manusia dapat mengeluarkan dan menyalurkan energi besar yang tersimpan di dalam dirinya.

Dan impian dapat mebuat manusia melakukan hal-hal luar biasa, hal yang belum tentu dapat dilakukan oleh manusia biasa. Francis Ford Coppora pernah berkata “ it was the man’s dream, and his inspiring attemp to make them come true that remain important”.

Kemajuan saat ini adalah hasil impian generasi pendahulu kita, impian besar merekalah yang membuat perkebangan besar bagi dunia.

Ketika Sang Proklamator Indonesia, Bapak Ir. Soekarno sedang bermain kelereng di halaman rumahnya, tiba-tiba ada seorang kompeni yang datang dan menendang kelerengnya.

Jangan Takut Bermimpi...
ir. soekarno

Ia pun geram,dan bertekad untuk mengusir penjajah dari tanah nusantara. Dengan impian besarnya lah, Bapak Ir. Soekarno dapat mengusir penjajah dari tanah kita, bahkan menjadikan negara kita dipandang di mata dunia.

Kenapa kita harus bermimpi?

Sekiranya ada beberapa hal yang “mewajibkan” kita untuk bermimpi.

Pertama. Impian adalah sumber motivasi. Impian akan mempengaruhi pikiran dan pergerakkan kita, karna pastinya kita harus berjuang untuk mewujudkan impian tersebut. Contohnya, kita memiliki impian untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

Jangan Takut Bermimpi...
menghafal al-qur’an

Maka setiap waktu kita dan langkah kita  pasti kita gunakan untuk menghafalnya. Apapun caranya, berapapun taruhannya, intinya, kita harus menjadi penghafal Al-Qur’an. Ketika impian sudah menyatu dalam peredaran darah kita, tantangan dan rintangan paling beratpun bukan masalah.

“It may be that those wo do most, dream most” ( mereka mengerjakan sesuatu dengan giat sebab mereka sangat memimpikannya) Butler Leancock.

Cita-cita yang tercapai
Cita-cita yang tercapai

Kedua. Impian adalah energi untuk berprestasi. Anais Nain berpendapat bahwa hidup ini berkerut dan berkembang sesuai dengan ketugan impian seseorang.

Ada 4 hal penting yang harus kita perhatikan untuk menjadikan impian sebagai energi untuk berprestasi.

  1. Rasa percaya diri.
Jangan Takut Bermimpi...
percaya diri

Percaya diri dapat menjadikan seseorang tahan banting dalam cobaan apapun. Kepercayaan dalam diri juga dapat menyadarkan kita, bahwa setiap manusia di ciptakan sebagai pemenang.

  1. Setia dan fokus terhadap impian.
Jangan Takut Bermimpi...
fokus pada impian

Titik pusatkan semua hidup kita terhadap impian yang akan kita capai, dan setia untuk terus mencapai impian yang belum kita wujudkan, sampai impian itu dapat kita realisasikan.

  1. Tekun dan sabar dalam proses perwujudan impian.
Jangan Takut Bermimpi...
tekun dan sabar dalam belajar

Sebuah impian akan menjadikan kita untuk bekerja lebih keras dan lebih lama, memakan banyak waktu dan tenaga.

Maka kesabaran tanpa bataslah yang akan membantu proses realisasi impian, dan ketekunan adalah kunci dari perwujudan usaha dalam impian.

  1. Positif thinking.
Jangan Takut Bermimpi...
positif thinking

Berpikir positif dan yakinlah bahwa setiap impian kita pasti dapat kita wujudkan.

Ketiga. impian dapat memudahkan sesuatu yang kita anggap sulit. Dalam menuju kesuksesan, kita pasti akan menemukan hal-hal yang menyulitkan kita.

Maka dengan impian, sesuatu yang sulit akan kita anggap mudah, asalkan semua impian kita dapat kita realisasikan.

Jangan Takut Bermimpi...
bahagia karena kesuksesan

Kunci kebahagiaan adalah memiliki impian, dan kunci kesuksesan adalah mewujudkannya. George Lucas berkata dalam pidatonya “Dream areextremely, you can’t do it unless you imagine it”(impian sangatlah penting,kamu tidak bisa melakukan apa-apa sebelum kamu membayangkannya).

Bermimpilah, bermimpi dengan mimpi yang luar biasa. Karena bisa jadi, 20 sampai 30 tahun yang akan datang, dunia akan mengalami perubahan dengan mimpi yang ashabul jannah impikan sekarang.

Wallohu a’lam bisshowab. (Radar_02)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.