Kamis-Jum’at, 1-2 November 2018 telah dilaksanakan Daurah Azhariah di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor yang menghadirkan nara sumber Dr. Muhammad Al Huseini yang notabene selaku Ketua Delegasi Al Azhar Mesir di Indonesia.

Dr. Muhammad Huseini menjelaskan materi daurah kepada peserta di ruang Maktabah Syamilah

Tidak kurang dari 29 delegasi Al Azhar Mesir ditugaskan di beberapa Perguruan Tinggi, Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Adapun yang bertugas di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor sejak satu tahun lalu adalah Syekh Ahmad Ishaam Abdul Jayyid At Tamadiy.

Foto bersama usai sesi daurah

Pada tahun kedua ini, syekh Ahmad Ishaam berupaya mengadakan Daurah Azhariah yang terdiri dari 6 kelompok: guru berkeluarga, guru single putra, guru single Putri, santriwan, santriwati dan kanak-kanak.

Pemilihan nama-nama peserta Daurah Azhariah yang mencapai sekira 50 orang merupakan penunjukkan dan pilihan langsung dari Syekh Ahmad Ishaam.

Dalam satu pekan, kelompok tersebut mendapatkan jadwal satu atau dua kali pertemuan yang langsung dibimbing oleh syekh.

Untuk lebih memotivasi dan optimalisasi program Daurah Azhariah ini, beliau berupaya menghadirkan Ketua Delegasi dan delegasi lain hadir dan presentasi di Darunnajah Cipining.

Pada kesempatan perdana ini telah hadir Dr. Muhammad Huseini yang bertugas sebagai Delegasi Al Azhar Mesir di Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an (PTIQ) Jakarta.

Para peserta Daurah Azhariah berkesempatan menyimak langsung paapran Doktor bidang Pendidikan Bahasa Arab itu sebanyak enam kali pertemuan.

Berikut adalah catatan syekh Ahmad Ishaam yang juga selalu hadir dalam sesi enam kali Daurah Azhariah yang dinukil oleh ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom sebagai salah-satu peserta Daurah:

السلام عليكم إخواني
أولا جزاكم الله خيرا على حضوركم المشرف، وأنقل لكم تحيات إخوانكم من سفارة جمهورية مصر العربية الشقيقة.
ثانيا: أحب أن ألخص لكم أهم ما خرجنا به من لقاءاتنا المتكررة مع الدكتور محمد الحسيني،
وهو كالتالي:
١- التطبيق العملي للغة العربية داخل وخارج الفصول.
٢- البداية تكون اولا بالتدريب على الضمائر لان اكثر الاخطاء تكون فيها، فعندما يتقنها المتدرب تحصل له ثقة في النفس ويستطيع بعد ذلك استخدام المفردات اللغوية الشائعة.
٣- أهمية الدافع والتشجيع قبل التعلم وتجديد النية دائما.
٤- علامات الترقيم مثل الفصلة والنقطة؛ وعلاقة كل هذا بتوضيح المعنى المراد.
٥- النحو مرتبط بالمعنى “معاني الإعراب”،و كل حرف له معنى “حروفا  لمعاني”.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.