Cara Bertanya Secara Cerdas

percaya diri berani bertanya
percaya diri berani bertanya

Pernahkan anda malu ketika ingin bertanya ? apakah anda pernah berfikir jika pertanyaan yang anda keluarkan tidak masuk akal atau bahkan anda berfikir jika anda akan dianggap bodoh jika anda bertanya ? hal seperti itu pasti sering sekali mengahampiri kalian. Benarkah ? pasti benar. Saya yakin 100% kebanyakan dari kalian berfikir demikian. Pasti kalian bertanya-tanya bagaimana cara bertanya secara cerdas ?

Kali ini saya akan berbagi tips bertanya secara cerdas dan berkualitas, jika anda mengikuti saran saya dibawah ini, anda pasti akan bertanya secara cerdas kepasa siapapun, dimanapun, dan dalam keadaam apaapun.

Manfaat bertanya

meningkatkan komunikasi adalah manfaat bertanya
meningkatkan komunikasi adalah manfaat bertanya

Bertanya akan memberikan manfaat untuk orang yang sudah mempberikan pertnyaan, salah satunya ita menjadi tahu hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Dan masih banyak lagi, berikut kita cantumkan :

  • Menimbulkan pendekatan antara penanya dan narasumber
  • Menimbukan rasa ingin tahu
  • Menarik orang untuk berdiskusi
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Membangkitkan kesadaran
  • Mengikis kesombongan
  • Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi
  • Melatih berkomunikasi yang baik

Kekuatan bertanya

Orang yang berani bertanya, apalagi didepan publik memiliki kekuatan tersendiri, menciptakan rasa percaya diri yang selalu berfikir positif pada diri sendiri dan orang lain, akan lebih muda berkomunkasi, mengikis rasa sombong dan meiliki jiwa sosial yang tinggi, yang nantinya dapat memacu orang setempat berkomunikasi dengan baik. Layaknya seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada siapapun, dan berkomunikasi yang baik itu diawali dengan bertanya yang disertai percaya diri yang tinggi.

Bagaimana cara bertanya secara cerdas ?

Mari kita lihat tips dibawah ini, cara bertanya secara cerdas :

  1. Tanyakan hal tidak anda ketahui

Tanyakan hal tidak anda ketahui, bertanya dengan meksud untuk menggali informasi yang belum anda ketahui, pastikan bertanya dengan detail dan jawaban yang anda dapatkan pasti. Jangan pernah malu dalam bertanya, hal seperti itu akan menimbulkan kebiasaan yang tertanam dalam diri, ingatlah pepatah “Malu bertanya sesat dijalan”.

  1. Bicaralah sebaik mungkin

Besikaplah sopan dan baik ketika anda kepada siapapun, karena orang yang kita tanya kan senang apabila kita sopan, kita akan mendapat respon baik dari narasumber. Jika meungkinkan gunakaanlah bahasa indonesia yang yang baik sesuai Ejaan Yang Disempurnkan (EYD).

  1. Dengan nada percaya diri

Percaya diri adalah percaya pada kemampuan dan penilaian diri sendiri dalam melakukan hal apapun, yakin bahwa diri kita mampu melakukan tatangan yang ada, baik yang ada didepan mata maupun jauh dimasa yang akan datang.

Bertanyala dengan nada percaya diri, jagan gugup. Kerap kali orang yag ingin bertanya sudah gugup sebelum ia bertnya, itu adalah kesalah besar yang terjadi kepada teman-teman semua ketika ingin bertanya.

Karena percaya diri merupakan aspek yang paling penting dalam cara bertanya secara cerdas, langsung saja kita lihat tips agar percaya diri dalam cara bertanya secara cerdas :

  • Ingatlah Tuhan Yang Maha Esa
  • Perbaiki penampilan
  • Hentikan pikiran negatif
  • Identifikasi satu kelebihan anda
  • Sering membaca buku agar banyak pengetahuan
  • Sapa orang yang baru dikenal
  • Lakukan persiapan sebaik mungkin dengan sering berlatih
  • Tetapkan sasaran kecil untuk meraih sasaran besar
  • Bersyukur
  • Berdo’a sebelum memulai sesuatu
  1. Membalas dengan respon baik

Jika pertanyaan anda telahh terjawab, maka biasakan beri respon yang baik kepada orang yang telah anda tanya, minimal ucapan terumakasih atas jawaban yang telah diberikan, ucapan terimakasih sudah mewaiki semuanya, karena dengan anda memberikan respon yang baik akan memberikan rasa senang juga kepada orang yang anda tanya.

Cara bertanya pada orang dilingkungan setempat

Cara bertanya dilingkungan setempat, misalnnya bertannya dikerumunan yang ramai, seperti dikampung dan dipasar, terlebih dahulu anda harus menyiapkan pertanyaan yang akan anda utarakan. Ketika bertanya pastikan bahasa yang anda ucapkan sopa, seperti : “permisi, apakah ada yang bisa membantu saya ?”, setelah anda menerima jawaban, ucapka “terimakasih atas bantuannya”.

Cara bertanya secara cerdas untuk pemula

Bagaimana cara bertanya cerdas untuk pemula yang belum biasa bertanya ? langsung saja baca dibawah ini cara bertanya secara cerdas :

  • Siapkan baha yang akan ditanyakan
  • Bertanya kepada orang yang tepat
  • Jangan bertanya ketika situasi sedang sibuk
  • Bertanya dengan jelas
  • Jangan lupakan tujuan
  • Bersabarlah dalam menunggu jawaban

Pertanyaan yang bermakna

Pertanyaan bermakna adalah pertanyaan yang membuat anda berfikir dan merasakan secara mendalam, pertanyaan yang menuntun anda pada kebenaran, kesaksian, dan perubahan. Itu dapat mencakup berbagai bidang, tetapi umumnya memiliki beberapa hal yang sama :

  • Tidak dangkal atau sekedar faktual
  • Memiliki beberapa hubungan dengan kehidupan sehari-hari kita
  • Menantang kita untuk memberikan tanggapan lebih banyak

Mengapa kita mengajukan pertanyaan

Mengapa sih kita harus bertanya ? kita semua tahu bahwa hidup kita tidak jauh dari pertanyaan, bertanya akan memusnahkan kebodohan dan kesombongan yang ada dalam diri kita , karena bertanya akan mengemas pola pikir dan pola sikap kita menjadi manusia bersahaja, dengan ketenangan dan fokus yang mendalam. Kitapun dapat menjadi pribadi yang tidak akan berpikir untuk menganggap diri kita adalah manusia yang sempurna.

Dengan bertanya dapat mengajak pikiran kita untuk mencari bagaimana memaksilamlkan segala potensi yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai makhluq ciptaanya, yaitu  bahwa kita bertanya, boleh bertanya tentang apa saja dalam kehidupan ini, dan kepada siapa saja.

Maka dari  itu bertayalah dan bertanyalah, karena hukum bertanya akan menjawab semua masalah dalam hidup kita. Ingat dan renungkanlah, mengapa kita harus bertanya ?

ingin liat artikel saya selanjutnya? by Ning Tia Julaimah

klik disini

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif.

Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).