Para siswa SD Islam Darunnajah sedang mengikuti peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di aula 4 windu Darunnajah

Darunnajah.com, Rabu, 29 November 2017 siswa-siswi SD Islam Darunnajah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan acara Cerita dan Motivasi yang diadakan di aula 4 windu Pondok Pesantren Darunnajah.

Acara ini terbagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama adalah siswa kelas 1, 2 dan 3 yang dilaksanakan pada pukul 07.30 s.d 09.00 WIB sedangkan sesi II dilaksanakan dari jam 10.00 WIB s.d 11.30 WIB yang diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti acara ini, aula yang berkapasitas sekitar 400 orang ini penuh sampai ke belakangan, keseruan pun terjadi saat menonton cuplikan video tentang Al Fatih yang menaklukan Konstantinopel.

Dalam perayaan maulid nabi Muhammad SAW tahun ini di SD Islam Darunnajah mengabil tema “Nabi Muhammad SAW Idola dan Inspirasiku”. Sebuah tema yang cukup relevan dihadirkan dalam acara maulid nabi untuk anak-anak usia sekolah dasar yang selalu mencari sosok figur untuk diteladani.

Bolehlah anak menggandrungi idolanya dalam hal kesenangan seperti anak yang suka main bola akan mengidolakan salah satu pemain bola terkenal yang mempunyai kelebihan luar biasa atau anak yang suka bernyanyi tentunya akan mengidolakan salah satu penyanyi terkenal.

Namun jangan lupakan pula bahwa anak harus mempunyai keteladanan yang sempurna dalam hal akhlak, ibadah, dan kehidupan. Maka keteladanan yang utama untuk anak muslim adalah baginda Rasulullah Muhammad SAW nabi akhir zaman yang begitu istimewa.

Begitu lengkap apa yang ada pada diri Nabi Muhammad SAW untuk kita teladani, dalam perayaan maulid kali ini sifat nabi yang perlu diteladani disingkat menjadi FAST yaitu Fatonah, Amanah, Siddiq, dan Tabligh.

Fatonah

Fatonah artinya adalah cerdas. Mustahil bagi Nabi Muhammad SAW bersifat bodoh, rasulullah merupakan manusia yang cerdas dan berwawasan luas yang selalu memutuskan sesuatu dengan pikiran jernih dan tanpa emosi. Maka para siswa dapat mencontoh kecerdasan rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan kecerdasan untuk kebaikan dan beribadah kepada Allah serta untuk kemaslahatan orang banyak.

Amanah

Amanah artinya adalah dapat dipercaya. Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang selalu diminta nasehat dan pendapatnya oleh para sahabat dan kaumnya. Ingat kisah peletakan hajar aswad dimana Nabi Muhmmad diminta pendapat oleh kaumnya karena kejujuranya untuk menentukan siapa yang berhak untuk meletakan hajar aswad ke tempat semula. Maka tidaklah sulit untuk membuat diri kita menjadi orang yang dapat dipercaya jika kita sudah mempunyai sifat dasar jujur, selalu sampaikanlah kebenaran maka orang lain akan mempercayai kita.

Siddiq

Siddiq artinya jujur. Kejujuran tak ternilai harganya, terlihat gampang dilakukan namum tanpa sadar mungkin kita telah berbohong beberapa kali dalam hidup kita. Bukan hanya jujur pada orang lain namun juga jujur pada diri sendiri, yah memang sulit, tapi lakukan insya Allah nantinya kita akan terbiasa. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat manusia, beliau selalu jujur dalam perbuatan dan perkataanya dan mustahil bagi Nabi Muhammad bersifat tercela seperti munafik dan pendusta.

Tabligh

Tabligh artinya adalah menyampaikan. Wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur’an yang harus disampaikan kepada seluruh manusia, dan Nabi Muhammad menyebarkan agamas islam dengan berdakwah dakwah yang disampaikan dengan lemah lembut.

Dengan mempunyai dasar empat sifat tersebut niscaya kehidupan kita akan tenang dan damai.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.