Apa itu puasa ?

Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dariterbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan. Puasa dibagi menjadi dua macam, puasa wajib dan puasa sunnah. dengan niat sebagai berikut :

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Nahhhh… yang akan kita bahas kali ini adalah puasa sunnah hari senin

Apakah Sejarah Puasa Sunnah Hari Senin ?

Puasa sunah yang dilakukan pada hari senin dan kamis merupakan salah satu ibadah sunah yang banyak dilakukan oleh para muslim. Meskipun hanya sebuah ibadah sunah, namun puasa sunah senin dan kamis memiliki kelebihan dan keutamaan luar biasa.

Lalu yang jadi pertanyaan sekarang adalah, sejak kapan sih asal muasal adanya puasa sunah senin dan kamis ini? apakah puasa sunah ini memang sudah ada sejak zaman nabi dulu atau setelah zaman nabi? Nah, dari pada penasaran yuk simak penjelasan tentang serah singkat serta asal muasal adanya puasa sunah senin – kamis berikut ini.

Suatu ketika sahabat seorang sahabat bertanya kepada rasullah “ya rasullah kenapa engkau puasa pada hari senin dan kamis?” Seketika Rasulullah menjawab, “Ketahuilah, Saudaraku. Hari Senin adalah hari dimana aku diturunkan ke dunia. Hari dimana aku lahir dari rahim ibuku, pertama kalinya aku menyentuh alam ini. Aku sangat bersyukur atas kelahiranku di dunia, dan aku menunjukkan rasa syukurku dengan melaksanakan puasa pada hari itu,”

Sekang sudah tau kan sejarah puasa sunnah hari senin ?

Hikmah Puasa Sunnah Hari Senin

Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan mengenai hikmah puasa, sebagi berikut

  1. Menjadi perisai bagi jiwa seseorang
  2. Melatih diri untuk berdisiplin
  3. Dapat terhindar dari godaan syeitan
  4. Meningkatkan rasa syukur
  5. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh

Selain hikmah yang lima diatas, masih banyak lagi hikmah yang terkandung didalam hikmah puasa

Seperti di Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3, santri dilatih untuk berpuasa sunnah hari senin, karena banyak sekali manfaat yang didapat dari puasa hari senin, tidak hanya puasa sunnah hari senin saja, puasa sunnah hari kamis, pusa sunnah daud dan puasa sunnah yang lainnya kita terapkan agar santri semakin mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).