• Guru Pondok Pesantren Darunnajah 5 An-Nahl
Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri
Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri

Guru atau sering di sebut ustad atau ustadzah apabila berada di pesantren, merupakan seseorang yang mempunyai tugas untuk mendidik, pengasuh para santri di suatu lembaga pendidikan islam. Di Pondok Pesantren Darunnajah 5 An-Nahl  Cikeusik Pandeglang Banten, berjuang para guru atau ustad ustadzah yang selalu ingin memajukan dan mengembangkan pendidikan islam di tempat ini. Di pesantren tugas guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik para santri untuk berakhlak baik ketika di luar kelas. Selain itu para ustad ustadzah juga mengasuh dan bersentuhan langsung dengan santri.

Bagian Pengasuhan Santri

Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri
Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri

Menjadi pengasuh di pesantren mempuyai banyak kesan, perasaan senang, mendapatkan tanggung jawab yang besar, perasaan takut salah dalam mendidik para santri, dan masih banyak lagi. Perasaan senang datang ketika melihat keceriaan santri, melihat tingkah lakunya yang lucu membuat kita happy. Namun perasaan kesal juga sering datang ketika ada santri yang melanggar peraturan pesantren, seperti kabur. Apalagi ada santri putri yang keluar pondok tanpa izin, perasaan akan sangat kesal sekali karena takut di salahkan oleh orang tuanya apabila ada apa-apa dengan anakanya. Dengan permasalahan tersebut muncul solusi-solusi untuk mengatasinya, diantaranya sering-sering menasehati para santri, banyak-banyak memberikan arahan-arahan.

Amanah Menjadi Pengasuhan

Berat memang menjadi seorang pengasuh, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita di berikan tugas menjadi bagian pengasuhan oleh pemimpin kita, dan kita harus menerima amanah tersebut dan menjalankannya dengan baik, karena kta di anggap mampu untuk menjalankan tugas tersebut walaupun kita tidak memilihnya. Yang terpentig kita jalani dengan ikhlas dan mudah-mudahan menjadi pengalaman yang baik bagi kita.

Tugas Bagian Pengasuhan

Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri
Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri

Perlu kerjasama antara ustad dan ustadah, bagian satu dengan bagian lain dalam mengerjakan tugas di pengasuhan. Ada yang menjabat pada bagian keamanan, bahasa, ta’lim atau pengajaran,bagian olahraga dan masih banyak lagi. Dan bagia pengasuhan mempunyai tanggung jawab selama 24 jam kepada santri mengontrol dan membimbing mereka.

Kesan Pesan Menjadi Pengasuh Santri

Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri
Mengenal Lebih dalam 24 Jam Perjuangan Bagian Pengasuh Santri

Menjadi bagian pengasuhan akan memberikan banyak pengalaman. Pengalaman mengurus orang banyak, terjun langsung kepada anak santri, bisa tahu sifat anak satu persatunya bagaimana, bagaimana cara menghadapi masalah, bagaimana cara menyikapi orang tua yang komplen tentang anakanya, dan masih banyak pengalaman yang lain. Dan untuk orang tua wali santri  di harapkan kerjasamanya dalam mendidik para santri, khususnya ketika di rumah. Orang tua harus mengajarkan kedisplinan dan kemandirian dan mendukung para ustad dan ustadzah yang ada di pesantren.

(Wawancara: ALNA)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam internasional yang berkualitas. Baik dari segi kualifikasi mutunya, alumni, pelayanan juga manajemen pengelolaannya.

Pondok Pesantren An-Nahl berada di tempat yang indah dan eksotis di pesisir pantai selatan, tepatnya di Cikeusik Pandeglang Banten. Pesantren Ini menyelenggarakan pendidikan Islam tingkat Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan Madrasah Aliyah (SLTA).

Selain mempelajari Al-Qur’an, Hadits, pelajaran agama dan pelajaran umum, Pondok Pesantren Modern ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler seperti Bahasa Arab dan Inggris, Pidato, Pramuka, Olah raga, Seni bela diri, Kesenian, Marawis, Qosidah, Komputer, dan lain-lain.