Cidokom (05/12). Seluruh santri dan guru Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 ikuti  Upacara Pembukaan Ujian Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini memang merupakan briefing sekaligus penyampain nasihat sebelum melaksanakan ujian ini, dalam nasihatnya beliau berpesan bahwa dengan ujian lah seorang bisa dihormati atau dihinakan dan beliau juga menyampaikan santri itu besar jiwanya, maka jangan rendahkan dirimu dengan berbuat terpuji tat kala ujian. Upacara pun diakhiri dengan do’a yang dilantunkan bersama segenap para santri dan dewan guru sekalian, maka dengan ini Ujian pun dimulai.

Hari Pertama Ujian Tulis Semester I
Hari Pertama Ujian Tulis Semester I Foto By. Annurgraphy

Setelah meyelesaikan kegiatan ujian lisan kini saatnya para santri bersiap kembali untuk mengikuti ujian tulis, yang akan berlangsung berkisar 15 hari yang dimulai dari tanggal 05 s/d 19 Desember 2018. Santri – santri pun diharapkan dapat menunjukkkan hasil dari proses kegiatan belajar mengajar dikelas, terutama bagi santri kelas 1 – 5 TMI selaku peserta ujiian, adapun kepanitian dalam kegiatan ini yaitu para dewan guru beserta santri akhir TMI sebagai pembantu panitia, ada sekitar 70 guru TMI yang ikut andil dalam ujian kali ini, begitu pun kurang lebih 70 santri akhir putra dan putri yang ikut menyukseskan ujian ini.

- Advertisement-

Berbicara tentang ujian, hal ini merupakan satu dari sekian banyak evaluasi yang ada dipondok pesantren, terlebih pondok modern, karena salah satu ciri pondok pesantren modern ialah evaluasi dalam sebuah kegiatan atau pun mengambil hikmah dalam setiap kegiatannya, tentu saja guna perbaikan kualitas dan mutu pendidikan. Pasalnya dengan diadakan ujian, kita akan sama-sama tahu batas kadar diri kita, sudah tepatkah cara belajar kita atau mungkin selama ini kita masih bingung dengan cara belajar kita, maka dari itu ujian merupakan batu loncatan dalam menemukan cara belajar kita.

Hari Pertama Ujian Tulis Semester I
Hari Pertama Ujian Tulis Semester I Foto By. Annurgraphy

Dan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُم

Artinya: “Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji”  (HR. Ath-Thabrani dalam Mu’jamul Ausath, 3/302.Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 285).

Di tegaskan pula dalam Hadits diatas juga bahwa dengan ujian lah sesungguhnya Allah Swt, memberikan kita kasih sayangnya. Dan dengan ujian ini semoga dapat memberikan pelajaran bagi dewan guru sekalian dan khususnya bagi para santri, karena telah kita ketahui bahwasannya “ Ujian itu untuk Belajar dan bukan Belajar untuk Ujian ”.

By. Rifal Mustakim

Red. S. Rama Prayogo

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini