Hadits Tentang Hak Seorang Muslim Atas Muslim Lainnya
Hadits Tentang Hak Seorang Muslim Atas Muslim Lainnya
Artinya:

Dari Abu Hurairah r a. berkata Bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam perkara: Apabila engkau berjumpa dengannya, sampaikanlah salam; apabila ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya; apabila ia minta nasihat, berilah ia nasihat; apabila ia bersin dan mengucapkan “al-Hamdulillah”, ‘ maka jawablah dengan “Yarhamukallah”, apabila ia sakit, maka jenguklah; dan apabila ia mati, antarkanjenazahnya.” (HR. Muslim)

Penjelasan:

islam selalu mengajurkan kepada kehormatan, kemuliaan dan kedamaian kepada umatnya dan selalu mengadakan hubungan antara yang satu dengan lainnya untuk mewujudkan kasih sayang diantara mereka. Untuk menjalin hubungan antar mereka terdapat enam hal yang merupakan hak atas setiap pribadi muslim yang berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:

  1. Memulai ucapan ”salam” bila berjumpa;
  2. 2.Memberi nasihat, apabila diminta baik tentang urusan duniawi maupun ukhrowi;
  3. Memenuhi undangan baik secara individu maupun jama’ah
  4. Saling mendoakan apabila bersin;
  5. Mengunjungi saudaranya apabila sakit; dan
  6. Mengurusi dan mengantarkan jenazah saudaranya.

Kesimpulan:

  1. Orang yang bersin disunnahkan mengucapkan Alhamdulillah, bagi yang mendengar diperintahkanmembaca Yarhamukallah, lalu orang yang bersin tadi mengucapkan Yahdikumullah.
  2. Menjawab salam hukumnya fardhu ‘ain.
  3. Anjuran untuk menjenguk orang sakit.
  4. Mengantar jenazah adalah fardhu kifayah
  5. Wajib memenuhi undangan
  6. Disunnahkan menjawab orang bersin yang membaca Alhamdulillah dengan yarhamukallah.

jangan lupa kunjungi sekolah tinggi islam darunnajah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Alumni Darunnajah adalah lulusan Darunnajah yang telah dibekali dengan ilmu dan pengalaman, demi memajukan agama dan bangsanya. Alumni Darunnajah melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi negeri dan swasta, di dalam dan luar negeri. Alumni Darunnajah dikenal memiliki daya saing tinggi dan karakter yang baik karena selama di Pesantren mereka dibina dengan berbagai kegiatan, pelatihan dan organisasi. Sebagai harapan bagi agama dan bangsa, semoga Alumni selalu Darunnajah berprestasi, sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat.