Terkadang rasa malas selalu menjadi problem yang sangat sulit dihadapi oleh beberapa orang, karena rasa malas akan selalu membuat seseorang akan terbujuk untuk tidak melakukan apa-apa atau juga melakukanya dengan berat hati sehingga walaupun orang tersebut melakukanya ia lakukan dengan rasa berat sehingga pekerjaan yang orang tersebut lakukan akan sia-sia dengan hasil yang tak maksimal. lalu bagaimana agar rasa malas itu dapat kita hadapi agar kita tidak terbujujuk oleh suatu hal yang membuat kita tak melakukan apapun sehingga kita menjadi pribadi pemalas dipandang oleh orang lain. disini ane punya 6 cara ampuh agar kita dapat melawan rasa malas :
  1. Pikirkan apa isu sebenarnya. Setiap kali Anda mulai merasa malas, renungkanlah apa yang sebenarnya terjadi. Kemalasan itu umumnya adalah gejala dan bukan inti masalahnya itu sendiri. Apa penyebab tidak adanya motivasi Anda? Apakah Anda lelah, kewalahan, takut, sakit hati, atau sekedar tidak terinspirasi dan mandek? Yang paling memungkinkan, isu yang menghambat sebenarnya lebih ringan dari yang Anda kira, dan Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah daripada yang Anda duga.
    1. Apapun yang menghalangi Anda, sebaiknya Anda kuakkan saja. Sering kali, hal itu satu masalah atau rincian tunggal. Mencari penyebabnya adalah satu-satunya cara Anda dapat benar-benar menanggulanginya. Setelah Anda tanggulangi, Anda dapat melakukannya dengan lebih efektif
      • Jika Anda lelah, mulailah mengalokasikan waktu untuk bersantai. Semua orang butuh waktu istirahat. Jika jadwal Anda tidak mencukupi untuk itu, Anda harus mengorbankan beberapa kegiatan. Namun hasil akhirnya harus jadi lebih baik.
      • Jika Anda kewalahan, renungkan dulu. Bagaimana caranya menyederhanakan hal yang dihadapi? Bisakah Anda bagi-bagi menjadi tahap-tahap kecil? Bisakah Anda mendaftarkan prioritasnya dan hadapi satu per satu?
      • Jika Anda takut, apa yang Anda takutkan? Jelas ini hal yang “ingin” Anda lakukan. Apakah Anda takut mencapai potensi Anda? Takut setelah berhasil justru sedih? Bagaimana cara Anda dapat mengerti bahwa ketakutan Anda tidak rasional?
      • Jika Anda sakit hati, mungkin jawabannya adalah menunggu saja. Rasa duka, sedih, semua perasaan negatif itu tidak akan bisa Anda paksa hilang. Sakit hati perlu waktu untuk sembuh. Mengurangi beban pada diri Anda agar berhenti sakit hati bisa jadi pemicu perubahan yang Anda cari.
      • Jika Anda tidak merasakan inspirasi apa yang dapat Anda ubah dari rutinitas Anda? Dapatkah Anda memasuki suasana yang berbeda atau adakah mental jelek yang perlu Anda taklukkan? Bagaimana Anda bisa menyemangati kehidupan sehari-hari? Pikirkan dari segi indra Anda. Musik, makanan, pemandangan, bunyi-bunyi, dll.Fokus pada masalah yang sesungguhnya. Setelah Anda pikirkan penyebab kemalasan Anda, mulailah berfokus padanya. Bisa jadi solusinya tidak seinstan yang Anda inginkan, namun akan permanen. Pertimbangkan hal berikut ini
    2. Jadilah teratur. Dengan adanya kekacauan di sekitar kita — sekalipun itu hanya dari visual — bisa sangat menurunkan kemampuan motivasi kita. Apapun yang perlu diatur, aturlah. Baik itu meja kerja Anda, mobil Anda, seisi rumah Anda, atau rutinitas Anda, bersihkanlah.

      • Ada banyak hal yang berlangsung di alam bawah sadar kita yang tidak kita pertimbangkan. Baik itu palet warna yang tidak bagus atau kurang pencahayaan atau tidak adanya kesetimbangan apapun itu, kita rasakan itu. Buang penghalang yang kecil namun kuat itu dengan menjadi teratur.
    3. Awasi pikiran Anda. Kadang-kadang sikap yang mempengaruhi pikiran dan kadang-kadang pikiranlah yang mempengaruhi sikap. Liputi segala hal dan buanglah pikiran negatif. Berpikir, “Ya ampun, malas banget. Ah. Masa bodoh,” tidak akan mengantarkan Anda kemana-mana. Jadi, hentikanlah. Hanya Anda yang dapat mengontrol otak Anda.

      • Setiap kali Anda merasa tidak berperforma sesuai ekspektasi, ambil sisi positifnya. “Pagi ini lamban, namun sekarang saatnya meningkatkan energi. Sekarang sudah sore, sekarang bulatkan tekad!” Anda akan terkejut bahwa meningkatnya mental positif sebenarnya dapat mengubah cara pandang Anda.
    4. - Advertisement-

      Hayati hidup. Banyak orang yang tidak menyempatkan diri berhenti dan menyium bau bunga. Kita makan hidangan yang lezat dengan terburu-buru untuk cepat makan hidangan penutup, cepat minum, cepat tidur dengan perut yang kekenyangan. Kita selalu memikirkan hal bagus berikutnya, bukannya menikmati momen indah yang sedang dialami. Ketika kita menikmati apa yang sedang dialami, lebih banyak manfaat yang kita dapatkan.

      • Lain kali Anda memikirkan masa lalu atau masa depan, kembalikan diri Anda ke masa sekarang. Baik itu suasana sekitar Anda, makanan yang sedang Anda suapkan, maupun musik di telinga Anda, biarkan itu menunjukkan betapa kerennya masih menginjak bumi dan hidup. Kadang-kadang berhenti dan memperlambat diri dapat memberikan kita energi untuk memanfaatkan apa yang sudah ada di tangan.
    5. Pikirkan manfaatnya. Baiklah, jadi Anda sudah difokuskan ke masa sekarang. Sekarang coba berfokus kepada masa sekarang yang lebih baik. Apa yang akan terjadi jika Anda memanfaatkan waktu ini? Apa yang akan terjadi seandainya Anda tidak menyia-nyiakan pagi hari di ranjang dan justru senam, menyelesaikan pekerjaan, atau membuat sarapan yang enak? Apa yang akan terjadi jika Anda melakukan itu hampir tiap hari selama enam bulan berikutnya?

      • Jadinya luar bisa, itulah hasilnya. Biarkan ide-ide positif mengambil alih alur pikiran Anda. Dan pastikan Anda sadar bahwa setelah Anda memulai dan mengembangkan kebiasaan itu, semuanya akan menjadi jauh lebih mudah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.