Gymnastic berasal dari Yunani Kuno, yang berarti suatu sarana yang baik untuk pendidikan melatih fisik dan intelektual orang muda.
Di ruang gymnasium inilah pemuda-pemuda dilatih fisiknya untuk menanamkan rasa disiplin dan sportif di dalam berlagak di lomba olahraga. Bagi sebagian orang yang namanya gymnasium, yang terbayang adalah suatu ruangan yang dipenuhi oleh manusia-manusia berbadan kekar yang tengah melatih otot-ototnya dengan peralatan ‘pembentuk’ badan yang serba modern serta didampingi instruktur yang juga berbadan atletis.

Pada tahun ini di Pondok Pesantren An nahl Darunnajah 5 membuka eksatrakulikuler terbaru yaitu Gynastics. Gymnastics ini didirikan oleh Al-Ustadz Masrudin Ahmad S.E.I dan Al-Ustadz Muhammad Fahim Amin. Tujuan di dirikannya ekstrakulikuler ini bertujuan agar santri memiliki wawasan terbaru yang tidak bisa di temukan oleh santri di luar.

Gymnastic Ekstrakulikuler baru
Ekstrakulikuler baru Gymnastic An An Nahl Darunnajah 5

Gymnastics ini pun bertujuan supaya santri agar tetap sehat dan terjaga dari segala penyakit, karena di dalam gymnastic kita dapat mellihat yaitu latihan senam.dan juga beberapa pemanas – pemansan yang dapat mensterilkan pada tubuh manusia, adapun manfaat yang lain dari ekstrakulikuler ini adalah agar santri dapat bertahan dalam menghadapi segala tantangan yang mereka hadapi di luar nanti. Anggota Gymnastics yang sudah terdata berjumlah 25 santri, dan 2 orang pelatih ( ustadz ), jadi jumlah keseluruhan dari anggota persatuan Gymnastics Darunnajah 5 berjumlah 27 orang.

Apa Saja yang Dilakukan di Gymnastic?

Setiap pelatih memiliki metode masing-masing. Namun, semua memiliki prioritas yang sama, yaitu keamanan.Gymnastic harus dibuat menyenangkan karena akan menjadi pengalaman positif bagi para Santri. Pelatih bisa memasang musik untuk pemanasan. Atau, gunakan gerakan-gerakan yang meniru binatang, misalnya lompat-lompat ala kelinci atau berjalan merangkak. Setiap gerakan yang dilakukan Santri harus diawasi pelatih.

Adapun materi-materi yang di ajarkan di club Gymnastics ini yaitu :

  • Senam Santri
  • Roll 1
  • Roll 2
  • Roll 3
  • Roll 4
  • Roll 5
  • Salto Depan
  • Salto Depan 2 kaki
  • Salto Depan ala Box
  • Salto Belakang
  • Dan masih banyak lagi

Biasanya latihan ini sering diadakan ketika sore hari, kecuali latihan senam santri yang hanya di adakan pada jum’at pagi saja, dan biasanya sering di adakan yang namanya ujian kemampuan harokat gymnastics dan hafalan senam santri, agar mereka semua mendapatkan hasil yang memuaskan ketika mereka sudah keluar dari pondok

Gymnastic An nahl Darunnajah 5
Ekstrakulikuler terbaru Gymnastic An Nahl Darunnajah 5

Manfaat yang terdapat pada latihan Gymnastics untuk para santri adalah antaralain sebagai berikut :

1.Melatih Keseimbangan & Fleksibilitas Tubuh 

Gymnastic mampu melatih keseimbangan tubuh pada Santri. Gerakan dari senam ini mampu melatih otot-ototnya menjadi lebih kencang, lebih lentur, membangun kekuatan, hingga mendukung anak untuk memiliki postur tubuh yang lebih baik.

 

Meningkatkan Konsentrasi Santri

Para Santri akan diajak melakukan beberapa gerakan senam. Selain mempraktekkannya, santri juga membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menghapal setiap gerakan dan urutannya. Santri pun dituntut untuk fokus dan tekun.

 

Menjadikan Santri Lebih Mandiri dan Disiplin

Santri akan terbiasa belajar untuk mengikuti instruksi atau arahan pengajar dalam melakukan tiap gerakan. Mereka akan dilatih mendengar, belajar, mempraktikan, serta bertanggung jawab melakukan instruksi tersebut.


Memampukan Santri Bersosialisasi 

Para Santri diajak terlibat dan bekerjasama dengan teman-temannya saat sedang berada di dalam kelompok senam. Santri akan memahami dengan sendirinya apa itu sportivitas, kerjasama, kemenangan, dan pengertian jika suatu saat mengalami kekalahan.

 

Melatih Saraf  Motorik Santri

Gerakan di dalam senam gymnastic mampu meningkatkan kinerja saraf motorik kasar Santri. Mulai dari gerakan simpel—seperti berlari dan melompat—hingga memutar tubuh akan baik untuk membangun kelincahan anak.

Nilai Kehidupannya Yang Juga Ada Di Gymnastic Club

  1. Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan
    Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Semua orang pasti mempunyai tujuan akhir. Tapi saat kita bergerak ke tujuan akhir, banyak rintangan (obstacles) yang menghadang. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing
  2. Melawan Rasa takut
    Seseorang yang takut mencoba tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, tidak akan ada kemajuan dalam kehidupan. Tapi ingat, ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh, bahkan celaka. Tapi, jika terlalu takut, kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.
  3. Bangkit dari kegagalan
    Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Dan saat pemanasan itu harus konsentrasi seperti keseharian kita, hidup itu ada kalanya jatuh tapi kita harus yakin dan terus berusaha bangkit dan niscaya kita tidak akan jatuh.
  4. Flexibilitas dan fluiditas
    Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.
  5. Kreatifitas dan kebebasan
    Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.

 

Adanya gymnastics ini supaya adanya perkembangan kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 dan agar para santri yang ada di pesantren ini bisa mendapatkan ilmu yang lebih dan wawasan yang luas, karena sudah tercantum di panca jiwa pondok yaitu “ BERFIKIRAN BEBAS “ maka dari itu panca ini harus di terapkan kepada seluruh santri agar mereka tidak awam ketika sudah menjadi alumni nanti.

Muhammad Fahim Amin

http://www.darunnajah.com

https://www.facebook.com/annahldarunnajah5/

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam internasional yang berkualitas. Baik dari segi kualifikasi mutunya, alumni, pelayanan juga manajemen pengelolaannya.

Pondok Pesantren An-Nahl berada di tempat yang indah dan eksotis di pesisir pantai selatan, tepatnya di Cikeusik Pandeglang Banten. Pesantren Ini menyelenggarakan pendidikan Islam tingkat Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan Madrasah Aliyah (SLTA).

Selain mempelajari Al-Qur’an, Hadits, pelajaran agama dan pelajaran umum, Pondok Pesantren Modern ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler seperti Bahasa Arab dan Inggris, Pidato, Pramuka, Olah raga, Seni bela diri, Kesenian, Marawis, Qosidah, Komputer, dan lain-lain.