Ini Dia, 8 Fungsi Menulis Bagi Pelajar!
Ini Dia, 8 Fungsi Menulis Bagi Pelajar!

Ini Dia, 8 Fungsi Menulis Bagi Pelajar!

Tujuan Menulis

Menulis, merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para pelajar. Memang, menulis juga dapat kita kaitkan dengan syarat menuntut ilmu, karena banyak hal yang akan kita dapatkan dengan menulis.

Namun, perlu kita ketahui apa saja tujuan kita menulis sesuatu sebelum kita memulai hal tersebut.

Menurut Syafie’ie (1988:51-52),  tujuan menulis dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Mengubah keyakinan pembaca;
  2. Menanamkan pemahaman sesuatu terhadap pembaca;
  3. Merangsang proses berpikir pembaca;
  4. Menyenangkan atau menghibur pembaca;
  5. Memberitahu pembaca; dan
  6. Memotivasi pembaca.

Namun, kita akan membahas fungsi-fungsi atau manfaat yang akan didapatkan oleh pelajar, antara lain sebagai berikut:

 

Menangkap Pemahaman dari Apa yang Dijelasken Oleh Guru

Menulis
Menangkap Pemahaman Dari Apa Yang Dijelaskan Oleh Guru

Pelajar adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu. Dalam proses menuntut ilmu, sang pelajar akan diajarkan oleh gurunya di masing-masing sekolah. Untuk memudahkan dalam memahami penjelasan yang dipaparkan oleh guru, ada baiknya sang pelajar berinisiatif untuk menulis poin-poin penting pada penjelasan sang guru di kelas. Dengan itu, sang pelajar pun akan lebih mudah memahami dalam penjelasan materi tersebut.

 

Menulis, Mempermudahkan Kita Untuk Menghafal

Menangkap Pemahaman Dari Apa Menulis Yang Dijelaskan Oleh Guru
Mempermudah Pelajar dalam Hal Menghafal

“Benarkah, dengan menulis kita akan dimudahkan dalam menghafal?”

Dikisahkan pada suatu saat di Pondok Pesantren, pernah ada santri dengan teman-temannya yang sedang menuntut ilmu dengan bimbingan gurunya di kelas.

Sang guru pun mengajari para santri dengan penuh semangat dan tak lupa juga ia menulis poin-poin penting dari apa yang ia pelajari kepada para santri di kelas. Ketika sang guru tersebut memerintahkan para santri untuk menulis apa yang ada pada papan tulis. Namun, ada salah satu santri yang tidak mau menulis.

Ketika sang guru menanyakan alasan kepada santri tersebut, santri pun menjawab alasan mengapa ia tak mau menulis. Rupanya, santri tersebut  sangat malas untuk menggerakkan tangannya untuk memulai menulis.

Akhirnya sang guru pun berkata: “Barang siapa yang malas menulis, maka ia akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran, namun juga siapapun yang giat menulis ia akan dimudahkan dalam menghafal”

Karena perkataan guru tersebut, akhirnya para santri semakin giat untuk menulis dan santri yang sebelumnya malas untuk menulis, kini ia mencoba untuk memulai menulis. Bahkan santri yang malas kini, telah termotivasi sehingga ia semakin giat dalam menulis.

Ketika menghadapi ujian lisan, santri yang tadinya memiliki rasa malas dalam menulis tanpa ia sadari terbantu banyak dengan hasil kemauannya untuk menjadi giat dalam menulis pelajaran di kelas.

Dari kisah tersebut, terbukti bahwasanya siapapun bagi pelajar yang giat menulis, tanpa terasa ia akan dimudahkan dalam penghafalan pada proses pembelajarannya.

 

Menambah Ilmu dan Wawasan

MENULIS
Menambah Ilmu dan Wawasan

Dengan proses menulis, sang pelajar akan menemukan hal-hal baru yang didapatinya. Dari hal-hal baru itu, sang santri pun akan memulai berfikir dan mencari tahu hal-hal baru tersebut.  Dari proses inilah para pelajar juga akan bertambah ilmu dan wawasannya.

 

Sebagai Wadah Motivasi Diri

Sebagai Wadah Motivasi Diri
Sebagai Wadah Motivasi Diri

Adakalanya para pelajar mengalami penurunan dalam proses pembelajarannya. Hal ini bisa diatasi dengan menulis. Karena, dengan menulis para santri pun akan semakin bertambah kepercayaannya pada diri sendiri. Hal ini juga sebagai wadah para pelajar untuk membangun motivasi diri. Sehingga, penurunan pada proses pembelajaran dapat dibentengi dengan rasa percaya diri karena menulis.

Peran menulis juga dirasakan sang anak ketika mengalami stress. Mungkin ia stress dikarenakan memiliki tekanan di sekolah maupun di rumah. Dari sini lah menulis sangat membantu untuk menghilangkan rasa penat akibat stress yang dialami oleh sang pelajar.

 

Belajar Melatih Kesabaran Diri

Belajar Melatih Kesabaran Diri

Menullis sesuatu memang suatu hal yang tidak mudah. Dalam menulis, kita dilatih untuk bekerja keras guna menghasilkan ide-ide melalui kata-kata. Hal ini membutuhkan waktu yang tak singkat. Dengan itu, menulis juga melatih kesabaran pada diri pelajar.

 

Mengetahui Jati Diri Anak Melalui Tulisan Tangannya

Mengetahui Jati Diri Anak Melalui Tulisan Tangannya

Jenis tulisan sang pelajar juga memiliki makna yang berbeda. Adakalanya, tulisan anak itu bagus atau rapih dan beragam lainnya. Dari tulisan sang anak, kita dapat mengetahui kepribadian diri anak atau pelajar tersebut.

 

Terdapat beberapa cakupan keterampilan menurut Yusuf (2003:105) menulis yang termasuk di dalamnya antara lain adalah:

  1. Memegang alat tulis
  2. Menggerakkan alat tulis ke atas dan ke bawah
  3. Menggerakkan alat tulis melingkar
  4. Menyalin huruf
  5. Menyalin nama sendiri dengan huruf balok
  6. Menulis nama sendiri dengan huruf balok
  7. Menyalin huruf balok dari jarak jauh
  8. Menyalin huruf, kata, dan kalimat dengan tulisan bersambung
  9. Menyalin tulisan bersambung dari jarak jauh

 

Sedangkan yang termasuk faktor yang mempengaruhi kemampuan anak untuk menulis menurut Lerner dalam Abdurrahman (1998:225),

  1. Motorik
  2. Perilaku
  3. Persepsi
  4. Memori
  5. Kemampuan melaksanakan cross modal
  6. Penggunaan tangan yang dominan
  7. Kemampuan memahami instruksi

 

Rangkuman Pada Pelajaran yang Diajarkan

Rangkuman Pada Pelajaran yang Diajarkan
Rangkuman Pada Pelajaran yang Diajarkan

Seperti pada poin-poin sebelumnya, banyak sudah dibahas bahwasanya menulis merupakan hal terpenting pada proses pembelajaran. Masalah yang biasa terjadi pada para pelajar adalah kurangnya persiapan dalam menempuh ujian.

Namun dengan menulis, kita dapat merangkum pelajaran, sehingga para pelajar menjadi matang untuk mempersiapkan diri pada ujian yang akan ditempuhnya.

 

Belajar Menyusun Kata-Kata

Belajar Menyusun Kata-Kata
Belajar Menyusun Kata-Kata

Berawal dari kemauan untuk menulis, pelajar pun akan mencoba merangkai kata. Ini juga akan mengasah otak anak dalam hal berfikir. Karena juga, kita harus aktif dalam berfikir luas ketika hidup di dunia ini.

Di mulai dari sepatah-dua patah kata, hingga akhirnya dapat menjadi suatu kalimat dan bahkan satu paragraf yang sederhana. Itu merupakan hasil yang baik dalam pelajar apabila ia mencoba untuk menulis.

 

Demikian delapan pencapaian manfaat menulis bagi pelajar. Namun, sebelum belajar, jangan lupa dibiasakan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh”

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren An-Nur menyiapkan kader pemimpin agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Pondok Annur Darunnajah 8 Cidokom berada di Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Pesantren Annur menyelenggarakan program pendidikan SMP, SMA, MTs (Tsanawiyah) dan MA (Aliyah). Annur menyediakan beasiswa untuk para santri berprestasi.

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Annur Darunnajah 8 dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, perkantoran, laboratorium, dll.