Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film inspirasi, Film merupakan media visual elektronik yang mempertunjukkan gambar-gambar hidup yang seolah- olah memindahkan realitas ke atas layar besar. Keberadaannya telah diciptakan sebagai salah satu media komunikasi massa yang disukai bahkan sampai sekarang. telah berkembang pula dari masa ke masa dan memasuki kehidupan umat manusia yang sangat luas lagi beraneka ragam.

Mengapa orang suka menonton film?

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Selain menjadi media komunikasi massa, pada era modern ini orang suka menontonnya karena di dalamnya terdapat suatu hal yang dapat membuat orang senang, menghilangkan kebosanan, dan tempat di mana  mencari inspirasi.

Siapa sih yang tidak pernah menonton film?

Pasti semua orang pasti pernah merasakannya, dari anak kecil, remaja, sampai yang dewasa. Karena mempunyai beragam Genre yang di tawarkan sesuai dengan selera masing-masing.

Macam-Macam Genre Film

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Genre adalah bentuk, kategori atau klasifikasi tertentu dari beberapa film yang memiliki kesamaan bentuk, latar, tema, suasana dan lainnya. Genre yang sering kita dengar di antaranya adalah film Aksi, Komedi, Drama, Fantasi, Horor, dan lain Lain. Genre film dapat dibagi lagi ke dalam beberapa sub – bagian, seperti: film inspirasi, olahraga, komedi aksi, remaja, noir, animasi anak-anak dan masih banyak lagi.

Dari mana saja kita bisa menonton film?

Di jaman yang semakin cangih ini, sekarang kita tidak perlu jauh jauh ke bioskop untuk menonton film. Karena sudah tersebar ke seluruh dunia melalui telivis maupun lewat handphone kita. Contohnya dalam handphone Android kita dapat menonton dengan cara menginstal aplikasi yang menyediakan layanan untuk menonton film.

Manfaat menonton film

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Menonton film adalah suatu aktivitas yang memberikan hiburan. Disamping memberikan hiburan, kegiatan ini juga berguna untuk melepas stress dan penat yang tengah menggerogoti semangat. Tapi, tak hanya bisa memberikan kita kesenangan, juga banyak memberikan manfaat positif bagi diri kita. Di antaranya dapat menghilangkan Stress, memberikan inspirasi dan motivasi mempelajari hal-hal baru seperti kamu yang gemar menonton film luar negeri, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh. Diantarantya adalah menambah pengetahuan akan sejarah, mengenal tokoh-tokoh yang berpengaruh dunia, mempelajari kebiasaan dan tingkah laku manusia, serta mempelajari bahasa dan budaya asing.

Serta meningkatkan Imajinasi, “Imagination is more important than knowlegde. Knowledge is limited. Imagination encircles the world” Tutur Alber Einstein. Imajinasi sangat penting bagi hidup kita. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Albert Einstein. imajinasi sangat penting untuk kehidupan kita. Menonton film inspirasi dapat meningkatkan daya imajinasi, dan dengan imajinasi kita dapat berpikir lebih kreatif sehingga dapat dijadikan inspirasi dalam berkarya.

Film apa yah yang boleh di tonton di pesantren?

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Fil inspirasi tak hanya dikemas dengan menarik juga menawarkan pesan-pesan positif.

Film inpirasi religi yang ada di Indonesia sampai hari ini sudah banyak. Dan di dalamnya ada pelajaran dan nilai-nilai yang banyak yang bisa kita ambil. Dan kalau  banyak orang yang menontonnya maka film inspirasi ini berhasil. Sehingga  nilai-nilai positif yangada di dalamnya bisa diberikan kepada penonton.

Fim Tentang Pesantren

Pernahkan kamu nonton film inspirasi? Bahkan tidak terkecuali santri yang sedang ada di pondok di pesantren bisa menonton film inspirasi. Yah, yang di putar pasti yang didalamya mempunyai nilai positif yang tinggi, sehingga santri di izinkan menonton film Inspirasi yang biasanya dilaksanakan secara bersama-sama atau sering di sebut Nobar ( Nonton Bareng).  Di bawah ini ada beberapa Film Inspirasi yang mungkin bisa di rekomendasikan untuk bisa di putar di pondok pesantren:

  1. Negri 5 Menara

    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film yang dirilis 1 Maret 2012 ini bisa dibilang salah satu film bertema pesantren yang cukup laris. Tak lain karena film ini diangkat dari novel populer karya Ahmad Fuadi dengan judul yang sama. Film ini memotret aktivitas santri di Pesantren Darussalam Gontor, salah satu pesantren dengan sistem pendidikan yang cukup ketat. Penonton pun bisa melihat realitas seperti apa kehidupan para santri, menceritakan tentang 5 sahabat di pesantren yang punya mimpi masing-masing. Semangat yang dilecut di Pesantren Gontor membuat mereka termotivasi untuk meraih mimpi masing-masing.

  1. Kalam Kalam Langit

    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film yang dibintangi Dimas Seto, Elyzia Mulachela dan Ibnu Jamil ini mengambil setting di Lombok. Film ini diproduksi untuk menyambut gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 di Mataram pada 2016 lalu. Di dalamnya di ceritakan tentang Ja’far yang punya suara bagus dan bermimpi ingin jadi juara MTQ. Namun sejak kecil ayahnya menentang Ja’far ikut MTQ karena dianggap memperjualbelikan kalam kalam Illahi hanya demi popularitas dan mendapatkan hadiah semata. Hingga akhirnya ia hidup di lingkungan pesantren dengan berbagai karakter dan tetap berjuang meraih mimpi kecilnya dan memperjuangkan cintanya.

  1. Cahaya Cinta Pesantren

    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film yang rilis Desember 2016 ini mengangkat tema pesantren dengan lebih ringan. Film ini menggaet artis-artis muda seperti Yuki Kato, Febby Blink, Vebby Palwinta, Silvia Blink, Rizky Febian, Elma Theana, Tabah Penemuan, Zeezee Shahab, Fachri Muhammad serta Wirda Mansur. Mengangkat kisah kehidupan seorang anak nelayan di danau Toba bernama Shila yang akhirnya bersekolah di sekolah swasta sekaligus mondok di pesantren setelah tak lolos di sekolah negeri idamannya. Film ini memotret cerita tentang keluarga, persahabatan, pendidikan, hingga cinta ala anak muda yang sedang puber.

  1. Ketika Cinta bertasbih

    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
    Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Film yang rilis pada tahun 2009 silam ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Habiburrahman El Shirazy. Kisahnya tentang perjalan hidup dan cinta seorang pemuda bernama Azzam yang menuntut ilmu di Mesir. Syutingnya pun dilakukan di negara Mesir, sesuai dengan novelnya. Film “Ketika Cinta Bertasbih” ini dianggap sebagai salah satu film religi Indonesia terbaik dengan penjualan tiketnya yang mencapai kurang lebih 3 juta.

5. Sang Kiai

Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren
Film Inspirasi Yang Bertemakan Pesantren

Sang Kiai adalah salah satu film Indonesia yang bertemakan perjuangan yang dibalut dengan nuansa Islam.Film yang pernah masuk seleksi Oscar ke 86 untuk kategori Best Foreign Language ini menceritakan perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu. Film  ini berhasil menempatkan seorang Adipati Dolken menjadi aktor yang lepas dari peran-peran drama seperti biasanya.

Penutup

Itulah beberapa Film inspirasi yang bertemakan Pesantren. Mudah mudahan sedik membantu para pembaca untuk yang sedang mencari rekomendasi film inpirasi, sekian dan terimakasih.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam internasional yang berkualitas. Baik dari segi kualifikasi mutunya, alumni, pelayanan juga manajemen pengelolaannya. Pondok Pesantren An-Nahl berada di tempat yang indah dan eksotis di pesisir pantai selatan, tepatnya di Cikeusik Pandeglang Banten. Pesantren Ini menyelenggarakan pendidikan Islam tingkat Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan Madrasah Aliyah (SLTA). Selain mempelajari Al-Qur'an, Hadits, pelajaran agama dan pelajaran umum, Pondok Pesantren Modern ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler seperti Bahasa Arab dan Inggris, Pidato, Pramuka, Olah raga, Seni bela diri, Kesenian, Marawis, Qosidah, Komputer, dan lain-lain.