Fathul kutub adalah kegiatan pembelajaran praktek menelaah kitab-kitab klasik (kutub at-turats) yang merupakan referensi utama kajian keislaman.

Syukur alhamdulillah mulai tahun ini Pesantren Darunnajah 2 Cipining mengadakan kembali kegiatan Fathul Kutub untuk kelas 6.

Sedikit berbeda, Fathul Kutub ini sengaja dirancang agar santri full menggunakan program komputer sebagai pembaca kitab.

Pesantren ingin membekali santri agar mampu memenuhi tuntutan zaman yang begitu cepat. Termasuk menelaah kitab pun butuh kecepatan dan ketepatan.

Selain itu, mengkaji kitab dengan program komputer juga bisa menghemat banyak biaya, tempat dan waktu.

Fathul KutubAdapun program komputer yang diajarkan penggunaannya adalah Maktabah Syamilah. Sebuah program yang didalamnya terdapat ribuan kitab serta banyak fungsi canggih yang memudahkan.

Pengarahan teknis disampaikan pagi tadi (14/5) di auditorium kampus 4.

Teknis yang disampaikan adalah mengenai wawasan umum kutub turats, penelitian, penggunaan maktabah syamilah, dan penulisan hasil penulisan.

Selain kutub turats, Panitia juga menyediakan file kitab-kitab kontemporer yang biasanya lebih ringkas dan terstruktur.

Peserta ditugaskan untuk membuat tulisan hasil penelitian mereka. Format yang digunakan adalah format penulisan karya ilmiah, dan menggunakan bahasa arab seluruhnya.

Santri peserta Fathul Kutub dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 10 santri per kelompoknya.

Kelompok-kelompok ini memilih judul penelitian yang sudah disediakan oleh panitia. Judul-judul diambil dari permasalahan Fiqh kontemporer yang lazim ditemui di masyarakat.

Hasil penelitian akan dinilai dan dipresentasikan dihadapan adik-adik kelasnya, kelas 1 sampai kelas 5 TMI.

Untuk mempermudah, pesantren menyediakan 4 ruang lab komputer yang didalamnya sudah terinstal program Maktabah Syamilah.

Rencananya agenda ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu dari tanggal 14 sampai 17 Mei 2014.

Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar Fathul Kutub bisa terus berkembang setiap tahunnya. Demi meningkatkan intelektualitas santri, mengkaji dan melestarikan ilmu-ilmu agama. Aamiin.. [Admin]

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.