penggalangan dana save rohingya
Hanya Butuh Waktu Dua Jam Menghasilkan 5 (Lima) Juta Rupiah

Save Rohingya menjadi topik yang paling sering dibicarakan seiring dengan masifnya pemberitaan tentang nasib etnis rohingya yang terusir dari tanah kelahiranya akibat konflik agama. Tak ketinggalan pula para siswa siswi SD Islam Darunnjah mengekspresikan dukungan terhadap muslim rohingya dengan mengadakan acara penggalangan dana berbentuk bazar amal dan orasi.

Terlihat beberapa anak kelas 6 hilir mudik membawa kardus di lantai dasar, dengan mantap diketuknya pintu kelas seraya mengucapkan salam. Salah seorang diantaranya berbicara di depan kelas sekitar satu menit lalu berjalan ke arah siswa sambil menyodorkan kardus.

Itulah sekilas aktifitas beberapa anggota tim siswa peduli yang sedang mengumpulkan sumbangan dalam rangka penggalangan dana save Rohingya yang juga bertepatan dengan momentum perayaan tahun baru Islam 1 Muharam 1439 H.

Tepatnya hari Jum’at, 6 Oktober 2017 sebagai bentuk solidaritas terhadap musibah yang menimpa saudara seiman muslim Rohingya Myanmar yang mendapatkan perlakuan tidak manusiawi pengusiran dari tanah kelahiran mereka yang telah didiami turun temurun.

Kekejaman yang muslim Rohingya alami diluar batas menausiaan, mereka diperlakukan bak binatang dengan penyiksaan-penyiksaan, pembunuhan, pembakaran tempat ibadah, rumah tinggal, dan bahkan perkapungan mereka dibakar rata dengan tanah.

Muslim Rohingya akhirnya dengan terpaksa meninggalkan kampung halaman mereka mencari tempat yang aman. Ada yang lari ke perbatasan Bangladesh dan juga mencari suaka ke berbagai negara tetangga seperti malayasia dan Indonesia.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memberikan perhatian lebih terhadap krisis kemanusiaan ini, dengan mengirimkan bantuan makanan dan obat-obatan ke Myanmar. Disamping memberikan bantuan makanan dan minuman juga di beberapa tempat seperti Aceh dan Batam menempung para pengusi Rohingya yang sebelumnya terkatung-katung di tengah lautan Indonesia dengan kondisi perahu tak layak jalan serta tiadanya bekal makanan diatas kapal.

Melihat penderitaan dan kondisi muslim Rohingya yang sedemikian miris membuat siswa peduli SD Islam Darunnajah membuat sebuah acara penggalangan dana dengan tajuk “save Rohingya” dengan tujuan meringankan penderitaan muslim Rohingya disamping sebagai bentuk pembelajaran kepada para siswa untuk peka, bersimpat dan berempati terhadap nasib saudara sesama muslim.

Maka dibuatlah sebuah acara pada hari Jum’at yang lalu dalam bentuk orasi dan bazaar yang diselenggarakan di halama sekolah selama dua jam. Dimulai dengan pembacaan ayat suci al Qu’ran dan sambutan kepala sekolah, acara dilanjutkan dengan orasi yang diisi oleh beberapa siswa kelas enam dan beberapa guru serta pembacaan puisi.

bazar amal yang dilakukan oleh siswa siswi sd islam darunnajah jakarta

Di sela-sela acara orasi sebagian siswa kelas enam membuka stand bazar makanan dan minuman di sekitaran panggung acara. Antusiasme siswa dalam kegiatan ini cukup tinggi terbukti dengan ramainya setiap stand yang dijaga oleh siswa kelas enam ini dengan beraneka ragam makanan dan minuman yang dijajakan, dan cukup dua jam saja seluruh makanan dan minuman habis terjual dengan menghasilkan 5 (lima) juta rupiah.

Perlu diketahui bahwa modal dan keuntungan dari berjualan makanan dan minuman ini seluruhnya disumbangankan untuk kegiatan save Rohingya. Semoga kegiatan seperti ini menjadi pelajaran dan pengahalam hidup yang berkesan buat para siswa serta menjadi  pembuka hati mereka untuk selalu peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Karena hidup bukan hanya sendiri, keberkahan harta bukan karena banyaknya jumlah melainkan melainkan seberapa besar dan seberapa luas harta itu memberikan manfaat untuk orang lain disekitarnya.

orasi save rohingya siswa siswi sd islam darunnajah jakarta

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.